TPA LPPT FK UNAND Selenggarakan Field Trip ke Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang
Padang, 24 Juli 2025 – Taman Pengasuhan Anak (TPA) Lembaga Pelayanan Psikologi Terpadu (LPPT) Fakultas Kedokteran Universitas Andalas melaksanakan kegiatan field trip ke Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang. Kegiatan ini merupakan program rutin setiap semester yang dirancang untuk memperkaya pengalaman belajar anak-anak TPA secara langsung di luar kelas.
Field trip ini dihadiri oleh Ibu Siska Oktari, M.Psi., Psikolog, selaku koordinator dan psikolog TPA LPPT FK UNAND, Miss Fanny Melisa, Miss Sa’adatul Muthia, Miss Lisa Kurniati, dan Miss Sylvia Dewiriza sebagai pengajar di TPA LPPT FK UNAND, kemudian dihadiri juga oleh mahasiswa magang dari Fakultas Kedokteran UNAND, yaitu Hayatin Najmi (Psikologi 2020), Wafa Nurul Maghfirah (Psikologi 2022), Zahwa Claresta Taurin (Psikologi 2022), Nadia Putri (Psikologi 2022), dan Syarifa Aliya Alhabsyie (Psikologi 2022), serta volunteer, Nuur Ikrima (Alumni Psikologi).
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan serta edukasi kepada anak-anak mengenai peran petugas pemadam kebakaran dalam menjaga keselamatan masyarakat dan bertujuan menanamkan nilai-nilai seperti keberanian, empati, disiplin, dan kewaspadaan terhadap situasi darurat sejak usia dini.
Rangkaian kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berlangsung hingga pukul 11.30 WIB. Anak-anak mendapatkan berbagai materi edukatif seperti pengenalan tugas dan tanggung jawab petugas damkar, penjelasan mengenai atribut dan peralatan pemadam kebakaran, serta panduan sederhana tentang langkah-langkah yang harus dilakukan jika terjadi.
Tak hanya menerima penjelasan, anak-anak juga diajak untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan yang menyenangkan seperti menaiki mobil pemadam kebakaran, mencoba simulasi penyemprotan air menggunakan selang pemadam, serta sesi rain shower yang menjadi kegiatan penutup field trip tersebut.
Kegiatan ini tidak hanya memberikan pembelajaran kognitif, tetapi juga mendukung perkembangan sosial dan emosional anak melalui pengalaman langsung dan interaksi dengan lingkungan baru. Anak-anak tampak antusias, aktif, dan menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi selama kunjungan berlangsung.
Melalui field trip ini, TPA LPPT FK UNAND berharap dapat terus menghadirkan kegiatan yang mendukung pembelajaran bermakna berbasis pengalaman nyata (experiential learning), yang menjadi salah satu pendekatan utama dalam program stimulasi dan intervensi anak usia dini.