Print this page

PJJ di FK Unand, Teknis dan Pelaksanaanya?

27 Maret 2020

PJJ

Padang (FK Unand) - Dengan telah terbitnya Surat Edaran Dekan FK Unand Nomor : 2055/UN16.2/SE/2020 Tentang Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Surat Edaran Rektor Unand Nomor : 8/UN16/SE/2020 Tentang Kegiatan Kampus dalam Rangka Kewaspadaan Pandemi Covid-19. Maka secara garis besar perkuliahan di lingkungan Universitas Andalas akan dialihkan menggunakan metode Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ).

Dilansir dari situs Belmawa Ristekdikti, Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ) adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya. PJJ menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi informasi dan komunikasi, serta media lain. 

Menanggapi hal ini, FK Unand bersama pihak Universitas telah mempersiapkan I-Learning sebagai salah satu media resmi pelaksanaan PJJ secara online. Selain LMS I-Learning, FK Unand juga memberikan kebebasan bagi dosen-dosen dan kodik di lingkungan FK Unand untuk menentukan sendiri media pembelajaran jarak jauh yang ingin digunakan. Beberapa pilihan lain selain LMS I-Learning FK Unand yaitu PJJ dapat dilaksanakan menggunakan Google Classroom, Google Forms, Microsoft Teams, Zoom hingga Skype.

Untuk pelaksanaan perkuliahan seperti pengerjaan tugas, quiz hingga penyerahan laporan praktikum dapat dilakukan menggunakan LMS I-Learning yang memiliki fitur yang lengkap dalam menyajikan pelaksaan evaluasi pembelajaran secara online. Dalam penggunaannya, dosen-dosen FK Unand masih perlu penyesuaian dan pembiasaan dalam menggunakan fitur-fitur yang ada di LMS I-Learning FK Unand. Alternatif lain untuk mengurangi beban kerja server, civitas akademika FK Unand dapat menggunakan paltform Google Classroom, Google Forms hingga Microsoft Teams.

Jika pelaksanaan perkuliahan dilakukan dalam bentuk penyampaian materi dan diskusi, civitas akademika FK Unand dapat memanfaatkan platform Zoom atau Skype yang memungkinkan adanya interaksi realtime secara langsung melalui metode video conference atau video call.

FK Unand memiliki Tim Khusus yang disebut Tim I-Learning yang mengatur implementasi LMS I-Learning dalam sistem pembelajaran di lingkungan FK Unand baik untuk tahap Akademik, Profesi, Pascasarjana hingga PPDS. Tim Ilearning sendiri diketuai oleh dr. Yose Ramda Ilhami, Sp,JP.

Berikut kami lampirkan informasi mengenai Panduan Pembelajaran Daring dan tutorial penggunaan aplikasi Zoom di PC atau Smartphone dalam Pelaksanaan Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ) di lingkungan FK Unand : 

Panduan Pembelajaran Daring

Panduan Pembuatan Kelas (Course) di ILearn

Panduan Mengupload File, Penugasan dan Video di ILearn

Tutorial Membuat Absensi Online

Tutorial Aplikasi ZOOM di PC / Laptop

Tutorial Aplikasi ZOOM di Smartphone

Tutorial Skype for Business

Pedoman PJJ by LPTIK Unand

 

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK Logo Ilearn 7

Read 1546 times