Indonesian English

Bagian Mikrobiologi FK Unand

BRAND2021
 

 

Sejarah Bagian Mikrobiologi FK Unand

Kegiatan perkuliahan dibagian Mikrobiologi dimulai sejak tahun 1961, atas kerjasama dengan Bagian Mikrobiologi FKUI dengan diperbantukannya beberapa dosen terbang ke FKUA Unand. Dosen yang pertama kali dikirimkan adalah Prof.Gan Koan Han, Prof.Tan Thiam Hok, dr. Lau Show Koen, Drs. Slamet Djais dan dr. Sujudi.

Pada tahun 1962 dikirim pula 2 orang dosen terbang untuk melanjutkan tugas memberikan kuliah sekaligus memulai kegiatan praktikum Mikrobiologi untuk mahasiswa. Kedua dosen itu adalah Suharto,MSc dan drs. Sardjito. Sementara itu di awal tahun 1962 dimulai merekrut tenaga staf dari FK- Unand sendiri. Pada awalnya seorang mahasiswa yaitu Masri Noran dan dibantu dengan tenaga karyawan yaitu Yahya. Y mulai menyusun peralatan Laboratorium Mikrobiologi Kedokteran di sebuah ruangan di Jalan Niaga 156, Yahya Y sekaligus tidur diruangan itu. dan sekali seminggu pulang ke kampungnya di Kayu Tanam dengan bersepeda. Jadi dia merupakan karyawan perintis berdirinya Laboratorium Mikrobiologi Kedoktrean FK-Unand.

Karena kesibukan kuliah, kemudian Masri Noran mengundurkan diri . Kemudian 3 orang mahasiswa dipersiapkan sebagai tenaga staf, yaitu Basyiruddin Ahmad, Ahmad Sanusi dan Injominoto . Pada tahun 1962 ketiganya dikirim ke FK –UI Jakarta untuk mengikuti pelatihan selama 3 bulan dalam rangka mempersiapkan praktikum mahasiswa, sehingga pada tahun 1962 – 1964 kegiatan perkuliahan Mikrobiologi Kedokteran diberikan oleh dosen terbang Suharto,MSc dan Drs. Sarjito, sedangkan kegiatan praktikum dibantu oleh 3 orang asisten yang sudah mengikuti pelatihan tsb.

Dari pelatihan tadi, Basyiruddin Ahamd dkk sekaligus membawa berbagai jenis Agar dan puluhan spesies kuman , yang dibantu oleh staf Bagian Mikrobiologi FKUI , yaitu Drs. A.Rahim Pane dan Ibu Lina. Tahun 1964 Basyiruddin Ahmad dikirim lagi ke Jakarta atas kiriman Bpk. Sahim (Bapak Kandung Prof. Asnil Sahim) untuk membeli peralatan Laboratorium termasuk lemari es yang dimanfaatkan pula untuk membawa obat-obat untuk dijual di Padang. Tahun 1964 itu juga secara resmi berdirilah Bagian Mikrobiologi FK – Unand.

Struktur Organisasi Bagian Mikrobiologi FK Unand

Ketua          : dr. Roslaili Rasyid, M.Biomed

Sekretaris   : dr. Linosefa, Sp.MK

Staff Pengajar :

  1. Dr. dr. Netti Suharti, M.Kes
  2. Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc
  3. dr. Roslaili Rasyid, M.Biomed
  4. dr. Linosefa, Sp.MK
  5. Dra. Elizabeth Bahar, M.Kes
  6. dr. Syandrez Prima Putra
 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 
Read 845 times