Indonesian English

Bagian Ilmu Gizi FK Unand

BRAND2021
 

 

Sejarah Bagian Ilmu Gizi FK Unand

Bagian Ilmu Gizi didirikan tahun 1980 oleh dr. Zulkarnaen Agus, MPH, MSc, yang sebelumnya merupakan Sub Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat. Pendirian bagian ini diawali dengan 1 orang staf bagian yang langsung menjadi Kepala Bagian, yang dikukuhkan dengan SK Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Pada tahun 1984, bagian Ilmu Gizi mendapatkan tambahan 1 staf yakni dr. Fasli Jalal, yang kemudian melanjutkan pendidikan ke Cornell University di Amerika Serikat. Ketika dr. Fasli Jalal, PhD menyelesaikan pendidikannya, beliau langsung diperbantukan ke Bappenas sebagai Kepala Biro Kesehatan dan Gizi.

Pada tahun 1987, dr. Masrul diterima menjadi staf Bagian Ilmu Gizi. dr. Masrul melanjutkan pendidikan S2 nya ke University di Thailand pada tahun 1993, dan pendidikan S3 beliau selesaikan di Universitas Airlangga pada tahun 2005. Pada tahun 1990, dr. Nur Indrawati bergabung ke Bagian Ilmu Gizi. Beliau menempuh Studi S2 di bidang Ilmu Gizi pada tahun 1992-1993 di Sheffield University. Pada tahun 1998-2001 dr. Nur Indrawaty mengikuti pendidikan S3 di Monash University Australia. dr Delmi Sulastri bergabung ke Bagian Ilmu Gizi pada tahun 1996. dr. Delmi Sulastri menyelesaikan S2 di Universitas Indonesia. Pada tahun 2006, dr Delmi Sulastri memulai pendidikan S3 di Universitas Andalas dan pada bulan Juni tahun 2010. dr Delmi Sulastri telah berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan penguji termasuk penguji eksternal dr Johana Titus dari Departemen Ilmu Gizi FKUI dengan topik penelitian dibidang nutrigenomik.

Bagian Ilmu Gizi FK Unand adalah Bagian Ilmu Gizi pertama di lingkungan FK Negeri setelah FKUI. Sejak bulan Mei 1999 Ketua Bagian dijabat oleh Prof. Dr. dr. Masrul, MSc, SpGK. Pada tahun 2004 hingga tahun 2010, Bagian Ilmu Gizi diketuai oleh Prof. dr. Nur Indrawati Lipoeto, MSc, PhD, SpGK dan pada tahun 2011 diketuai oleh Prof. Dr. dr. Delmi Sulastri, MS, SpGK

Perkembangan ilmu gizi yang pesat dan masalah gizi yang semakin rumit menuntut staf pengajar untuk terus meningkatkan kualitasnya. Penelitian dari staf pengajar di Bagian Ilmu Gizi di FK Unand mencakup gizi masyarakat, gizi klinik, dan nutrigenomik. Saat ini Bagian Ilmu Gizi sedang giat-giatnya melakukan penelitian, presentasi ilmiah, publikasi ilmiah di media kedokteran, dan mengikuti berbagai seminar atau workshop di dalam maupun di luar negeri.

Bagian Ilmu Gizi pernah mendapatkan kepercayaan dalam berbagai kegiatan/program gizi secara nasional, terutama dalam penelitian, baik penelitian yang multidisipliner ataupun penelitian multisenter. Dalam kaitan ini, kerja sama telah dilakukan dengan BKKBN, Kemenkes RI, WHO, JICA, Hellen Keller Internasional (HK), The Japan Foundation dan lain-lain.

Struktur Organisasi Bagian Ilmu Gizi FK Unand

Ketua          : dr. Ulya Uti Fasrini, M.Biomed

Sekretaris   : -

Staff Pengajar :

  1. Dr. H. Zulkarnain Agus, MPH, M.Sc
  2. Prof. Dr. dr. Masrul, MSc, SpGK
  3. Prof. dr. Nur Indrawati Lipoeto, MSc, PhD, SpGK
  4. Prof. Dr. dr. Delmi Sulastri, MS, SpGK
  5. Dr. dr. Desmawati, M.Gizi
  6. dr. Ulya Uti Fasrini, M.Biomed
  7. dr. Syahda Suwita, M.Gizi, SpGK
  8. dr. Dewi Susanti Febri, M. Biomed, SpGK
  9. dr. Fathiyyatul Khaira, M.Gizi
 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 
Read 148 times