Indonesian English

Bagian Fisiologi FK Unand

BRAND2021
 

 

Sejarah Bagian Fisiologi FK Unand

Bagian Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK-UNAND) didirikan di Bukittinggi pada tahun 1957, dipimpin oleh dr. Nizar yang merupakan kepala bagian yang pertama. Pada saat itu kuliah Fisiologi diberikan oleh dr. Nizar sendiri yang dibantu oleh dr. Liem Giem Tjiang dan dr. A. Roesma.

Dengan pindahnya FK-UNAND ke Padang, maka Bagian Fisiologi FK-UNAND juga ikut pindah ke Padang dan laboraorium Fisiologi ditempatkan di Jalan Situjuh No.1 Padang. Pada tahun 1960 -1962, kuliah Fisiologi dilaksanakan oleh 7 orang dosen terbang yang didatangkan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Praktikum Fisiologi pada saat itu dilaksanakan di laboratorium Fisiologi yang dilaksanakan oleh beberapa orang mahasiswa FK-UNAND yang dilatih di FK-UI, antara lain Julius, Yusril, Junaidi, M. Zein Zainuddin dan Masri Noran. Pada tahun 1978, laboratorium Fisiologi dipindahkan ke kampus FK-UNAND di Jalan Perintis Kemerdekaan.

Kemudian pada tahun 2018 secara bertahap pembelajaran Fakultas Kedokteran di Jati, dipindahkan ke Universitas Andalas Limau Manis, beserta fasilitas laboratorium Fisiologi. Kegiatan Praktikum yang dilakukan pada bagian Fisiologi misalnya pengukuran BMR dan pemeriksaan spirometri. Kuliah pakar untuk bagian ini sebagian besar diberikan pada mahasiswa kedokteran tahun pertama sebagai ilmu dasar bagi lulusan sarjana kedokteran nantinya.

Struktur Organisasi Bagian Fisiologi FK Unand

Ketua          : dr. Yose Ramda Ilhami, Sp.JP

Sekretaris   : dr. Fika Tri Anggraini, M.Sc, Ph.D

Staff Pengajar :

  1. Prof. dr. Yaswir Yasrin, AIF
  2. Dr. dr.Afriwardi, SpKO, MA
  3. dr. Yose Ramda Ilhami, Sp.JP
  4. dr. Fika Tri Anggraini, M.Sc, Ph.D
  5. dr. Rahmat Syawqi
  6. dr. Mutia Lailani, M.Sc
  7. dr. Desy Nofita Sari
 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 
Read 1506 times