Indonesian English

Bagian BPK FK Unand

BRAND2021
 

 

Sejarah Bagian Pendidikan Kedokteran (BPK) FK Unand

Fakultas Kedokteran (FK-Unand) merupakan salah satu dari lima FK di Indonesia  yang diminta untuk membentuk Bagian Pendidikan Kedokteran (BPK) berdasarkan surat dari Dirjen Dikti No.132-1/HWS-MONE/GEN/VI/2006 Tanggal 20 Juni 2006. BPK Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK-UNAND) dibentuk pada bulan September 2006 berdasarkan SK Rektor Universitas Andalas No.1166.a/XII/A/2012 tanggal 6 September 2006, yang beranggotakan 9 orang staf akademik (surat tugas Dekan FK Unand No.9545/H16.2/TU/2007 tanggal 27 Desember 2007). Pada awalnya semua staf yang ditugaskan di BPK adalah staf dosen yang memiliki berbagai latar belakang keilmuan yang berbeda seperti Fisiologi, IKM, Fisika Kedokteran, Patologi Anatomi, Anestesiologi dan Anatomi, tetapi semuanya sudah pernah mengikuti pelatihan atau training of trainer di bidang medical education. Ketua Bagian yang pertama sampai tahun 2013 adalah Prof.Dr.Rahmatina B.Herman, PhD, AIF. Untuk menunjang kegiatan administrasi, ditugaskan satu orang tenaga untuk kesekretariatan.

BPK FK-UNAND dibentuk sebagai komponen integral FK-UNAND yang berfungsi  untuk mengembangkan Ilmu Pendidikan Kedokteran yang sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Pada tahun 2014, BPK membentuk Student Service Unit (SSU) atau Unit Layanan Mahasiswa (ULM) yang berfungsi memberikan layanan konsultasi bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran bekerja sama dengan penasehat akademik dan tim konseling.

Aktivitas utama BPK FK-UNAND dalam pengembangan pendidikan kedokteran dan kesehatan terutama meningkatkan kemampuan staf institusi pendidikan kedokteran dan kesehatan agar dapat melaksanakan pendidikan berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan metode pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) secara efektif, melaksanakan asssesment terhadap mahasiswa pendidikan tahap akademik dan profesi, mengembangkan kurikulum sesuai dengan standar yang berlaku, melakukan evaluasi terhadap program pendidikan.

BPK FK-UNAND berusaha mewujudkan diri sebagai Center of Excellence untuk pengembangan metode pembelajaran PBL yang disandangkan ke FK-UNAND.

Struktur Organisasi Bagian Pendidikan Kedokteran (BPK) FK Unand

Ketua          : dr.Yulistini,M.Med.Ed

Sekretaris   : dr.Laila Isrona,M.Sc

Staff Pengajar :

  1. dr.Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, PhD
  2. dr.Yulistini, M.Med.Ed
  3. dr.Laila Isrona, M.Sc
  4. dr.Hardisman, MHID, DrPH(Med)
  5. Westi Permata Wati
 
 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 
Read 146 times