Indonesian English

Bagian Biologi FK Unand

BRAND2021
 

 

Sejarah Bagian Biologi FK Unand

Bagian Biologi didirikan pada tahun 1955 di Bukittinggi. Pada tahun 1960 Fakultas Kedokteran Unand pindah sehingga Bagian Biologi juga hijrah ke Padang ke daerah Pondok dan praktikumnya dilaksanakan di Air Tawar, bergabung dengan FIFIA (FMIPA sekarang). Mulai tahun 1967 seluruh kegiatan akademik dilangsungkan di kampus Pondok. Tahun 1977-1980 pernah kuliah dan praktikumnya bergabung dengan Servis Departemen Biologi Unand dan semua kegiatan kuliah dan praktikum dilaksanakan di Air Tawar. Waktu itu mata pelajarannya masih mempelajari hewan dan sebagian tumbuh - tumbuhan. Tahun 1980 kantor dan kuliah serta praktikum dipindahkan ke jalan Situjuhdan berpisah dari Servis Departemen Biologi Unand. 

Tahun 1982 kurikulum Biologi sudah berubah dengan adanya KIPDI I semua mata pelajaran Biologi sudah dikhususkan pada manusia sehingga namanya menjadi Biologi kedokteran dengan Sistem Kredit Semester. Tahun 1987 kegiatan Biologi Kedokteran pindah ke Kampus FK yang sekarang. Mulanya kami mendapat tempat di ruangan yang letaknya di belakang aula, sesudah itu pindah ke Gedung Putih, kemudian pindah lagi ke gedung IKM (dulu namanya PH) dan terakhir pindah ke tempatnya sekarang yaitu bekas pustaka UNAND yang sudah direnovasi. Tahun 1995 kurikulum berubah lagi menjadi KIPDI II. Tahun 2004 sistem pembelajaran sudah berubah dengan problem-based learning (PBL) masih memakai kurikulum KIPDI II yang sudah dirubah menjadi KIPDI III dan tahun 2006 sudah berubah lagi sistem PBL berdasarkan kompetensi. 

Kegiatan di bagian Biologi Kedokteran selain memimpin praktikum mahasiswa juga laboratorium kami digunakan dalam penelitian mahasiswa SI dan SII. Selain itu bagian Biologi juga menerima pemeriksaan kromatin seks (Baar body, drum stick) dan analisa sperma. 

Di bidang penelitian, Prof. Dr. Arni Amir, MS aktif meneliti mengenai gen-gen yang berperan dalam terjadinya gangguan spermatogenesis dan telah menyelesaikan studi doktoralnya di Program S3 Biomedik FK Unand tahun 2015. Sementara itu, dr. Mohamad Reza, Ph.D, yang bergabung dengan bagian Biologi pada tahun 2008, sejak 2012 aktif meneliti di bidang entomologi dan zoologi kedokteran, saat ini tengah melaksanakan penelitian mengenai senyawa larvisida alternatif berbasis tembaga cair untuk eradikasi larva nyamuk sebagai bagian dari upaya  pengendalian nyamuk sebagai vektor penyakit. Penelitian tersebut didanai oleh hibah penelitian desentralisasi dari Kemenristekdikti dalam skema penelitian unggulan perguruan tinggi tahun   2015/2016. Kemitraan dengan Division of Medical Zoology, Dept. of Infection and Immunity, Faculty of Medicine, Jichi Medical University di Tochigi, Jepang, terus dijalin dalam penelitianini, terutama dalam pemanfaatan insektarium, laboratorium, dan publikasi bersama.

Pada bidang pengabdian kepada masyarakat, bagian Biologi aktif melakukan pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan pada masyarakat di berbagai daerah di Sumatera Barat setiap tahunnya.

Struktur Organisasi Bagian BiologiFK Unand

Ketua          : dr. Mohamad Reza, Ph.D

Sekretaris   : Prof. Dr. Arni Amir, MS

Staff Pengajar :

  1. Prof. Dr. Arni Amir, MS
  2. dr. Mohamad Reza, Ph.D
  3. dr. Rahmani Welan, M.Biomed
 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 
Read 683 times