Indonesian English

Bagian Anatomi FK Unand

BRAND2021
 

 

Sejarah Bagian Anatomi FK Unand

Berdirinya Bahagian Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sejalan dengan perkembangan FK UNAND. Akhir tahun 1959 dirasakan sekali pentingnya meneruskan FK di daerah ini setelah terbengkalai untuk beberapa waktu akibat pergolakan daerah.

Ada pendapat waktu itu agar FK UNAND mempersiapkan mahasiswa sampai tingkat Sarjana Muda dan kemudian pendidikan mereka dilanjutkan ke FK di Medan atau di Jawa. Pendapat lain agar FK UNAND diteruskan kehidupannya bagaimanapun sulitnya yang akan dihadapi, mengingat masa depan mahasiswa dan kelanjutan pendidikan Kedokteran di daerah ini. Seiring dengan kebijakan pemerintah Sumbar pada waktu itu yang menginginkan agar kehidupan masyarakat di semua lapisan termasuk mahasiswa kedokteran kembali normal, akhirnya FKUI memberikan bantuan kepada FK UNAND. Dalam taraf permulaan 4 bahagian preklinik menerima untuk mendidik asisten-asisten (“Teaching Staff”). Pada waktu itu Anatomi mengirimkan Pamusuk Harahap, Misbah Djalin, Sonja Roesma, R. Hari Purnomo dan Kemal Roemawi untuk dididik menjadi asisten. Pendidikan direncanakan selama 1 tahun. Segala biaya yang berkenaan dengan pendidikan disediakan Pemerintah Propinsi Sumbar dan FK UNAND.

Akhirnya bulan September 1960 asisten-asisten ini pulang dengan 6 cadaver untuk persediaan praktikum di Padang. Proef. Roesma (Dekan) waktu itu cukup memberi perhatian kepada bagian Anatomi dengan mengusahakan ruangan praktikun di Jalan Situjuh Padang. Karena formaline yang digunakan untuk mengawetkan cadaver tidak diperoleh di Padang, dipakailah 50 kaleng minyak delfia sebagai pengganti formaline. Meja dan kursi praktikum dibuatkan sesuai dengan bentuk dan ukuran seperti di Jakarta, hingga praktikum untuk mahasiswa dapat segera di mulai. Setelah Prof. dr. Liem Giem Tjiang di angkat menjadi dekan FK UNAND kerjasama dengan FKUI lebih diperjelas dengan didatangkannya dosen terbang dari seluruh bagian FKUI ke Padang termasuk pula dosen terbang anatomi FKUI datang secara teratur ke Padang sampai tahun 1963. Tahun 1964 Bagian Anatomi FK UNAND telah dapat berdiri sendiri baik untuk kegiatan perkuliahan maupun praktikum

Struktur Organisasi Bagian Anatomi FK Unand

Ketua          : dr.Nur Afrainin Syah, M.Med, Ed, PhD

Sekretaris   : dr.Sitti Nurhajjah,MSi,Med

Staff Pengajar :

  1. Prof. Dr. dr. Hj. Yanwirasti, PA(K)
  2. Dr. Gusti Revilla, M.Kes
  3. dr. M. Setia Budi Zain, PA(K)
  4. dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, PhD
  5. dr. Siti Nurhajjah, M.Si.Med
  6. dr. Dewi Rusnita, M.Sc
  7. dr. Afdal, Sp.A
  8. dr. Muhammad Iqbal
 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 
Read 176 times