Indonesian English

Bagian Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unand

BRAND2021
 

 

Sejarah Bagian Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unand

Bagian Pulmonologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand) berdiri sejak tahun 1970 atas saran Consortium of Medical Siences (CMS) saat melakukan visitasi ke FK Unand. Consortium of Medical Siences menganjurkan untuk memanfaatkan Balai Pemberantasan dan Pengobatan Penyakit Paru (BP4)–yang saat itu dipimpin oleh dr. Ilyas H. Dt. Batuah, SpP, berlokasi di Jalan Ahmad Karim Bukittinggi–sebagai tempat pendidikan.

Pendidikan Spesialis Pulmonologi di FK Unand dimulai tahun 1972 dengan diterimanya dr. Taufik sebagai peserta pertama. Proses pendidikan saat itu dilaksanakan dengan metode lama, dimana peserta didik diangkat sebagai asisten dan membantu pengelolaan pasien di bawah bimbingan langsung dari dr. Ilyas H. Dt. Batuah, SpP. Beberapa kompetensi yang tidak biasa diajarkan di Bukittinggi karena keterbatasan sarana dan prasarana diberikan dengan cara magang ke RS Persahabatan Jakarta. Tahun 1973, diterima peserta kedua yaitu dr. Herman Safar.  Dua tahun berikutnya diterima lagi dua orang asisten yang akan didik sebagai calon dokter spesialis paru yaitu dr. Yusrizal Chan dan dr. Zailirin YZ. Setelah menamatkan proses pendidikannya sebagai dokter spesialis paru, keempat nama diatas diangkat menjadi staf pengajar di Bagian Pulmonologi FK Unand.

Pada tahun 1985 direncanakan pelaksanaan pendidikan spesialisasi Pulmonologi dengan sistim yang baru. Proses pembentukan Program Studi Pulmonologi dimulai dengan visitasi pertama oleh Prof. dr. Rasmin Rasyid, SpP dan dr. Anwar Yusuf, SpP dari Kolegium Pulmonologi. Setelah visitasi pertama, Pulmonologi FK Unand disetujui  untuk melaksanakan pendidikan awal PPDS Pulmonologi dengan berbapak angkat ke Bagian Pulmonologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan dianjurkan untuk melengkapi segala kekurangan  yang ditemukan pada visitasi pertama. Tahun 1991 bagian Pulmonologi FK unand yang selama ini berkedudukan di RSAM Bukittinggi, dipindahkan oleh Dekan FK Unand (Prof. dr Yulius, Sp.PD-KGEH) ke RSUP M. Djamil Padang karena sudah ada bangsal dan poli paru, namun pendidikan mahasiswa yang menjalani kepaniteraan klinik (co-as) di Bagian Paru RSAM masih tetap dipertahankan. Tahun 1998 dilakukan \visitasi kedua dengan hasilnya Bagian Pulmonologi FK Unand diakui sebagai pusat pendidikan penuh, untuk Program Pendidikan Dokter Spesialis Pulmonologi 1 (SP-1) melalui SK Dirjen DIKTI Departemen P&K No. 357/DIKTI/Kep/1998. Pada bulan Juli 1999 dimulailah proses pendidikan PPDS Pulmonologi di FK Unand dengan diterimanya dr. Nilas Warlem dan dr. Dewi Wahyu Fitrina Sebagai peserta PPDS angkatan pertama. Tahun 2004 setelah lima tahun berjalan dengan sistem pendidikan baru, Bagian Pulmonologi FK Unand mewisuda lulusan pertamanya yaitu dr. Oea Khairsyaf, SpP.

Setelah pensiun, Prof. dr. Ilyas H. Dt. Batuah SpP digantikan oleh Prof. dr. Taufik, SpP (K) menjabat Kepala Bagian Paru sampai tahun 1996. Pengganti berikutnya berturut-turut adalah dr. Zailirin YZ, SpP(K), dr. Yusrizal Chan, SpP(K), dr. Irvan Medison, SpP(K), dan DR. dr. Masrul Basyar, SpP(K) yang masih menjabat Kepala Bagian Paru sampai saat saat ini. Staf pengajar di Bagian Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unand sebanyak 12 orang staf pengajar di RS pendidikan utama dan 5 orang lagi staf dari RS jejaring pendidikan serta dibantu oleh 2 orang tenaga kependidikan. Suatu peristiwa penting dalam perjalanan sejarah Bagian Pulmonologi terjadi pada tanggal 24 Januari 2008, ketika dr. Taufik dikukuhkan menjadi Guru Besar Tetap Bidang Pulmonologi di FK Unand. Pada tanggal 21 Juli 2017, dr. Masrul Basyar,SpP(K) dilantik sebagai Doktor pertama bagian Pulmonologi FK Unand.

Struktur Organisasi Bagian Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unand

Ketua                                                : dr. Afriani, SpP (K)

Sekretaris                                         : dr. Oea Khairsyaf, SpP(K), FISR

Staff Pengajar :

Staf pengajar di Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unand terdiri dari 17 orang staf pengajar dengan kualifikasi 1 orang Guru Besar, 1 orang doktor di bidang biomedik, 7 orang dokter spesialis konsultan, dan 8 orang dokter spesialis paru yang dibagi ke dalam enam subdivisi. Daftar staf pengajar Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unand sebagai berikut:

  1. Prof. dr. Taufik, SpP(K), FISR
  2. Dr. dr. Masrul Basyar, SpP(K), FISR
  3. dr. Yusrizal Chan, SpP(K), FISR
  4. dr. Zailirin YZ, SpP(K), FISR
  5. dr. Oea Khairsyaf, SpP(K), FISR
  6. dr. Irvan Medison, SpP(K), FISR
  7. dr. Deddy Herman, SpP(K), FCCP, FAPSR, MCH, FISR
  8. dr. Sabrina Ermayanti, SpP(K), FISR
  9. dr. Yessy Susanty Sabri, SpP(K), FISR
  10. dr. Russilawati, SpP
  11. dr. Fenty Anggrainy, SpP
  12. dr. Afriani, SpP (K)
  13. dr. Dewi Wahyu Fitrina, SpP, FISR
  14. dr. Yenny Muchtar, SpP, FISR (K)
  15. dr. Sari Nikmawati, SpP, FISR (K)
  16. dr. Rizki Amalia Hardi, SpP
  17. dr. Nofriyanda, SpP
 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 
Read 147 times