Indonesian English

Bagian Psikiatri FK Unand

BRAND2021
 

 

Sejarah Bagian Psikiatri FK Unand

Keberadaan Bagian Psikiatri pada Fakultas Kedokteran Universitas Andalas tidak terlepas dari pembentukan dan perkembangan Rumah Sakit Jiwa Padang, mula-mula dipimpin oleh dr. HB Basyiruddin (alm) terakhir memangku jabatan sebagai Kepala IKes (terakhir guru besar Psikiatri di FK Unpad, Bandung). Selanjutnya dipimpin oleh dr. Jasir Datuk Mudo (terakhir sebagai Kepala Ikes Sumatera tengah). Digantikan kemudian oleh dr. Tjiu Wie Tek, kemudian pindah ke Bogor, dan pengganti selanjutnya adalah dr. Tjiu Kian ham (dr. Paulus Hamdani,psikiater di Semarang).

Karena dr. Tjiu Kian Ham mengikuti pendidikan spesialisasi ke Jakarta pada tahun 1972, maka pimpinan berikutnya di pegang oleh dr. Pamusuk Harahap, yang juga merupakan dosen tetap pada Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Setelah beliau wafat tahun 1980 pimpinan RSJ dilanjutkan oleh dr. Darmuis, SpKJ sampai tahun 1993, kemudian dilanjutkan oleh dr. Nazif Manaf, Sp.KJ sampai Januari 2012; pada masa pimpinan dr. H. Nazif Manaf, Sp.KJ nama RSJ diresmikan sebagai RSJ Hasan Basri Sa’anin Padang (RSJ HB Sa’anin). Sejak Januari 2002 direktur RSJ dipegang oleh dr. Heryezi Tahir,Sp.KJ sampai September 2007. Selanjutnya sejak September 2007 sampai sekarang direktur RSJ HB Sa’anin dipegang oleh dr. Kurniawan Sejahtera, Sp.KJ.

Pada mulanya perkuliahan Psikiatri diberikan oleh dosen terbang yang didatangkan dari FKUI, sedangkan Kepaniteraan Klinik dilakukan di Bagian Psikiatri FKUI. Sebagai dosen terbang telah datang ke Padang yaitu dr. Tarmizi, Kamal, dr. Michael Bharya, dr. AJ Hukom dan dan Lim Lay Hok.

Sekembalinya dr. Yaunin Ma’arif dari pendidikan Spesilisasi maka pada September 1972 berdirilah Bagian Psikiatri FK Unand. Dan dengan demikian Kepaniteraan Klinik mahasiswa FK Unand dilaksanakan di RSJ Padang untuk rawat inap, sedangkan untuk rawat jalan dilaksanakan di RS dr. M. Djamil dan RSJ Padang.

Dengan dibentuknya unit rawat inap Psikiatri di RS. Dr. M. Djamil pada bulan November 1996, maka sejak bulan Desember 1986 kepaniteraan klinik untuk rawat jalan rawat inap dilaksanakan di RS dr. M. Djamil dan RSJ Padang.

Dalam perkembangan Bagian Psikiatri sangat dibantu oleh partisipasi aktif dari tenaga yang bekerja pada RSJ Prof. dr. Hasan Basri Sa’anin, (status RSJ Padang ditingkatkan sejak tahun 1993 menjadi RSJ Pusat) dan RS. dr. M. Djamil, demikian juga dengan tenaga yang sudah pensiun masih tetap mengabdikan dirinya dalam kegiatan pendidikan maupun pelayanan.

Salah satu staf Psikiatri, dr. Adnil Edwin Nurdin, Sp.KJ telah menyelesaikan pendidikan S3 pada FK Unair Surabaya, dimana sebelumnya tahun 1985 beliau telah mengikuti “Advanced Course of Geriatry Psychiatry” di Adelaide. Sementara itu dr. Amel Yanis melanjutkan pendidikan Sp2 dan Psikiatri Anak di FKUI. Saat ini Bagian Psikiatri FK Unand sudah mendapat pengakuan pelaksanaan PPDS Psikiatri dengan bapak angkat FKUI.

Struktur Organisasi Bagian Psikiatri FK Unand

Ketua                                                : dr. Amel Yanis, SpKJ (K)

Sekretaris                                         : dr. Rini Gusya Liza, SpKJ, M.Ked

Staff Pengajar :

  1. Dr. Yan Rusli Munthe, SpKJ
  2. Dr. Nadjmir, SpKJ(K)
  3. Dr. dr. Yaslinda Yaunin, SpKJ (K)
  4. Dr. dr. Adnil Edwin Nurdin, SpKJ (K)
  5. dr. Amel Yanis, SpKJ (K)
  6. dr. Taufik Ashal,SpKJ
  7. dr. Rini Gusya Liza, M.Ked-KJ SpKJ
  8. dr. Darmuis, SpKJ
  9. dr. H. Nazif Manaf, SpKJ
  10. dr. JS Nurdin, SpKJ
  11. dr. Kurniawan, SpKJ
  12. dr. Heryezi Tahir, SpKJ
  13. dr. Helmi Azhar, SpKJ
  14. dr. Nelwiza Djalil
  15. dr. Eldi Sauma
  16. dr. Veronica Diana T
 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 
Read 657 times