Indonesian English

Bagian Patologi Klinik FK Unand

BRAND2021
 

 

Sejarah Bagian Patologi Klinik FK Unand

Bagian Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas didirikan pada 1 Maret 1969 dengan supervisi dr. Havid Ardy sampai tahun 1972, kemudian dilanjutkan oleh dr. Marias Marianas sampai tahun 1974. Sebelumnya Bagian Patologi Klinik belum ada dan perkuliahan Patologi Klinik berada dibawah Ilmu Penyakit Dalam. Materi perkuliahan diberikan oleh dr. Julius, SpPD, dr. Hanif, SpPD, dan dr. Syafril Syahbuddin, SpPD. Pada tahun 1969 tersebut sekaligus diangkat 4 orang staf angkatan pertama yaitu: Drs. Med Azwar Nurdin, Drs. Med. Hanifah Maani, Drs. Med. Lillah dan Drs. Med. Yusran Yunus.

Tahun 1971 ke-4 staf Patologi Klinik tersebut diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tahun 1971 tersebut diadakan penambahan staf yakni Drs. Med. Yoesri dan dr. Sofian Saleh. dr. Sofian Saleh selanjutnya pindah ke Jakarta. Tahun 1976 diterima lagi 2 orang staf baru yaitu Dra. Med. Ellyza Nasrul dan Dra. Med. Rismawati Yaswir.

Pada tahun 1973 ini dr. Lillah mengikuti pendidikan di bagian Patologi Klinik FKUI yang dibiayai CMS selama 9 bulan (sampai bulan Maret 1974). Setelah itu dr. Lillah dipercayakan memimpin Bagian Patologi Klinik FK- Unand untuk pendidikan S1 dan sekaligus sebagai Kepala laboratorium RSUP Dr. M. Djamil untuk pelayanan dan menempati bangunan di kompleks RSUP dr. M. Djamil Padang. Pada tahun 1979 dr. Azwar Nurdin dan dr. Yusran Yunus juga mengikuti pendidikan yang dibiayai CMS di FK UNAIR Surabaya selama 9 bulan. Tahun 1981 dr. Ellyza Nasrul dan dr. Rismawati Yaswir memperdalam Ilmu Patologi Klinik melalui pencangkokan di FKUI selama 6 bulan.

Pada tahun 1988 diadakan Placement Test oleh Board Of Study (BOS) dari Perhimpunan Patologi IAPI yang diikuti oleh 6 staf Patologi Klinik FKUA, dilanjutkan dengan pendidikan spesialis Patologi Klinik 4 orang staf di FKUI. Pada tahun 1989, 4 orang staf mendapatkan brevet Spesialis Patologi Klinik (SpPK) dari FKUI yaitu dr. Azwar Nurdin, SpPK, dr. Hanifah Maani, SpPK, dr. Lillah, SpPK, diikuti oleh dr. Yoesri, SpPK pada tahun 1991. Pada tahun 1991 mendapatkan brevet lagi yaitu dr. Ellyza Nasrul, SpPK yang selanjutnya mengikuti pendidikan S3 menamatkan S3 Kedokteran di FK Unair tahun 2005. Pada tahun 1992, dr. Rismawati Yaswir, SpPK mendapatkan brevet di FK Universitas Padjadjaran Bandung. Setelah itu diterima lagi 2 orang staf dari Lustrum XII Fakultas Kedokteran Universitas Andalas FMIPA yakni Drs. Almurdi, DMM yang mengikuti pendidikan Post Graduate School di Malaysia, (tamat tahun 1992), S2 Mikrobiologi Kedokteran di Universitas Padjadjaran Bandung (tamat 1996), dan melanjutkan S3 Biomedik di FK Unand (tamat tahun 2015). Dra. Dian Pertiwi, MS mengikuti pendidikan S2 Kimia Institut Teknologi Bandung, (tamat tahun 1991).  Pada tahun 1999 penambahan staf baru sebanyak 2 orang yaitu dr. Efrida dan dr. Zelly Dia Rofinda. Pada tahun 1998 Bagian Patologi Klinik FK Unand membuka Pendidikan Sp1 Patologi Klinik, telah diakreditasi dan diakui oleh Dikti pada Maret 1998.

Pada Tahun 2006 Pemerintah/Depkes membuka kesempatan kepada dokter yang mau bekerja di daerah/ Kab-kota untuk dididik sebagai spesialis Patologi Klinik dengan bantuan dari Bank Dunia kemudian dilanjutkan dengan biaya Depkes (Tubel Depkes).

Tahun 2007, 3 orang staf Patologi Klinik meraih gelar guru besar yaitu Prof. dr. Hanifah Maani, SpPK(K), Prof. Dr. dr. Ellyza Nasrul, SpPK(K) dan Prof. dr. Rismawati Yaswir, SpPK(K). Selain itu pada tahun 2007 itu juga dr. Efrida menyelesaikan pendidikan spesialis Patologi Klinik Combined Degree S2 Kedokteran Dasar di FK Universitas Padjadjaran Bandung dan dr. Zelly Dia Rofinda menyelesaikan pendidikan Spesialis Patologi Klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang.

Untuk pengembangan staf, Drs. Almurdi, DMM, MKes dan dr. Efrida, MKes, SpPK melanjutkan pendidikan S3 Biomedik di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang, sedangkan dr. Zelly Dia Rofinda melanjutkan pendidikan konsultan (Sp2) Minat Bank Darah dan Kedokteran Transfusi di FK Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Tahun 2015 Drs. Almurdi, DMM, MKes meraih gelar Doktor, sedangkan dr. Zelly Dia Rofinda, SpPK menyelesaikan pendidikan Sp2 bidang Bank Darah dan Kedokteran Transfusi.

Pada saat ini, Bagian Patologi Klinik memiliki 6 orang staf tetap yaitu Prof. Dr. dr. Ellyza Nasrul, SpPK(K), Prof. dr. Rismawati Yaswir, SpPK(K), Dr. Almurdi, DMM, M.Kes, Dra. Dian Pertiwi, MS, dr. Efrida, MKes, SpPK dan dr. Zelly Dia Rofinda, SpPK(K), dan 4 orang Staf luar biasa yaitu Prof. dr. Hanifah Maani, SpPK(K), dr. Lillah, SpPK(K), dr. Tuty Prihandani, SpPK, dr. Husni, SpPK serta 3 Dosen Pendidik Klinis yaitu dr. Eugeny Alia, SpPK, dr. Desywar, SpPK dan Dr. dr. Rikarni, SpPK(K).

Bagian Patologi Klinik mendidik mahasiswa S1 di FK Unand dan Sp1 di RSUP Dr. M. Djamil Padang sejak tahun 1998. Sampai saat ini Program Pendidikan Dokter Spesialis Patologi Klinik FK Unand telah meluluskan dokter spesialis Patologi Klinik yang tersebar di berbagai Rumah Sakit Umum Daerah, Rumah Sakit Swasta, dan staf pengajar di beberapa pusat pendidikan yang tersebar di Sumatera. Sebagian besar PPDS Patologi Klinik memperoleh Tunjangan Belajar (TUBEL) Kemenkes.

Struktur Organisasi Bagian Patologi Klinik FK Unand

Ketua          : dr Syofiati, Sp.PK

Sekretaris   : Dr. Almurdi, DMM, M.Kes

Staff Pengajar :

  1. Prof. Dr. dr. Ellyza Nasrul, Sp.PK(K)
  2. Prof. dr. Rismawati Yaswir, Sp.PK(K)
  3. Prof. dr. Hanifah Maani, SpPK(K)
  4. dr. H. Lillah, Sp.PK(K)
  5. Dr. dr. Efrida, M. Kes, SpPK(K)
  6. dr. Zelly Dia Rofinda, SpPK(K)
  7. Dr. dr. Rikarni, Sp.PK(K)
  8. dr. Eugeny Alia, SpPK
  9. dr. Tuty Prihandani, Sp.PK
  10. dr. Desywar, Sp.PK, MARS
  11. dr. Deswita Sari, Sp.PK
  12. dr. Syofiati, Sp.PK
  13. dr. Husni, Sp.PK(K)
  14. dr. Yoshie Anto Chicamy, Sp.PK
  15. dr. Desiekawati, Sp.PK
  16. Dr. Almurdi, DMM, M.Kes
  17. Dra. Dian Pertiwi, MS
  18. dr. Aziz Djamal, MSc, DTM&H, Sp.MK (K)
  19. dr. Elfira Yusri, MMRS, Sp.PK
  20. Dr. dr. Dwi Yulia, Sp.PK (K)
  21. dr. Atika Indah Sari

Website Patologi Klinik FK Unand

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 
Read 181 times