Indonesian English

Bagian Patologi Anatomi FK Unand

BRAND2021
 

 

Sejarah Bagian Patologi Anatomi FK Unand

Bagian Patologi Anatomi FK-UNAND dirintis pendiriannya oleh dr. Oey Hok Kim pada tahun 1961, yang waktu itu masih berstatus wamil dan bertugas di Rumah Sakit Kodam III Padang. Bagian ini kemudian dikembangkan menjadi Lembaga Patologi FKUNAND pada tanggal 30 Juni 1965 dengan Kepala Bagian pertamanya adalah dr. Oey Hok Kim (Wijaya Hakim). Beliau diangkat menjadi Guru Besar pada tahun 1967 dan tetap memimpin Bagian ini sampai masa pensiunnya tahun 1988. Termasuk sebagai Staf perintis Bagian Patologi Anatomi FK-UNAND adalah dr.Yusril, dr. Hari Purnomo, dr. Zainal Hakim, dr.Asri Todo, dr.Firdaus Iskandar, dr.Bustami Bey, dr.Ali Umar Hamzah, dr.Rusydi Abbas, dr.Muhammad Din. Kemudian dalam pengembangannya diterima angkatan ke-2 yaitu pada era tahun 1970-an, yakni dr. Salmiah Agus, dr.R Z Nizar (pindahan dari Bagian PA FK-UNPAD Bandung) dan dr. Esther H Mashuri.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, perlu dilakukan peningkatan kualitas Staf Bagian, maka usaha untuk itu adalah mengirim Staf Pengajar keberbagai tempat pendidikan. Dr.Asri Todo dikirim ke FK-UI Jakarta tahun 1973 dan mendapatkan Brevetnya tahun 1976, beliau juga mendapatkan kesempatan belajar ke Belanda. Dr. RZ Nizar dikirim ke Singapura tahun 1975 dan dr. Ali Umar Hamzah dikirim ke Semarang tahun 1976, disusul kemudian oleh dr. Muhammad Din dan Dr. Salmiah Agus ke Semarang tahun 1980 dan dr.Esther H Mashuri dikirim ke Singapura tahun 1981.

Kaderisasi berikutnya telah diterima dr. Grace Wijawa Hakim sebagai Staf Pengajar muda pada tahun 1985 dan dikirim ke FK-USU Medan untuk pengambilan Brevetnya, namun kemudian beliau mengundurkan diri. Pada tahun 1999, dr Aswiyanti Asri diterima sebagai Staf Pengajar dan melanjutkan Pendidikan S2 dan Spesialis-1 PA di FKUNDIP Semarang mulai tahun 2000, dan tahun 2005 telah aktif kembali sebagai staf pengajar. Pada tahun 2002 dr. Yenita dan dr Noza Hilbertina diterima sebagai Staf Pengajar, tahun 2005 diterima kembali staf pengajar baru untuk kaderisasi yaitu dr. Henny Mulyani dan dr. Tofrizal. Keempat staf tersebut telah menyelesaikan pendidikan Spesialis-1 PA di Fakultas Kedokteran UNAND dan S2 Biomedik di Fakultas Kedokteran UNAND pada tahun 2010. Pada tahun 2014, dr. Shinta Ayu Intan diterima sebagai staf PA dan sekarang sedang mengikuti pendidikan Spesialis-1 PA di Fakultas Kedokteran UNAND. Saat ini tiga orang staf PA tengah melanjutkan pendidikan S3 di luar dan dalam negeri.

Sejak dibukannya Bagian Patologi Anatomi FK UNAND sebagai salah satu Sentra Pendidikan Dokter Spesialis Patologi Anatomi pada bulan Juli 2006, sampai saat ini telah menerima 30 peserta didik dan menghasilkan 14 orang alumni. Para alumni tersebut tidak hanya bertugas di propinsi Sumatera Barat, tetapi juga ada yang bertugas di luar Sumatera Barat (Jawa tengah, Riau).

Struktur Organisasi Bagian Patologi Anatomi FK Unand

Ketua          : dr. Yenita, M. Biomed, SpPA

Sekretaris   : dr. Shinta Ayu Intan

Staff Pengajar :

  1. dr. Yenita, M. Biomed, SpPA
  2. dr. Aswiyanti Asri, M.Si, Med, SpPA
  3. dr. Noza Hilbertina, M.Biomed, SpPA
  4. dr. Tofrizal, Ph.D, M.Biomed, SpPA
  5. dr. Henny Mulyani, M.Biomed, SpPA
  6. dr. Shinta Ayu Intan
 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 
Read 1431 times