Indonesian English

Bagian Obstetri dan Ginekologi FK Unand

BRAND2021
 

 

Sejarah Bagian Obstetri dan Ginekologi FK Unand

Menguak lagi perkembangan SMF.Obstetri & Ginekologi tidak lepas dari tumbuh kembangnya RS.dr.M.Djamil Padang dan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang pindah dari Baso ke Padang. RS.dr.M.Djamil Padang berkembang dari adanya Rumah Sakit Megawati di Jalan Gereja mulai dari tahun 1952, dimana SMF.Obstetri dan Ginekologi sudah ada dan dikelola oleh dokter umum, warga negara asing.

Bagian Obstetri & Ginekologi didirikan tahun 1955 dengan Kepala Bagian pertamanya dr. Soelaiman Sastrawinata dan Asistennya dr. Go Tjo Loan (sampai 1964). Pada tahun 1957, SMF. Obstetri & Ginekologi dipindahkan ke komplek Jati (Kan.Wil.Kesehatan) dipimpin oleh dr.Vandet Tuoli dan sejak tahun 1958 berada pada lokasi sekarang.

Pada tahun 1959 dr.Soelaiman Sastrawinata pindah dari Bukittinggi ke Padang dan memimpin SMF.Obstetri & Ginekologi serta membangunnya.

Sejak tahun 1958 sampai tahun 1962, kegiatan Obstetri & Ginekologi khusus pelayanan, keberadaan FK.Unand belum terlihat karena pendidikan tidak memerlukan rumah sakit. Baru pada tahun 1962 pendidikan mahasiswa FK.Unand dimulai di rumah sakit sebagai kelanjutan proses pendidikan berupa kepaniteraan klinik yunior.

Baru pada tahun 1962 mulai menampakkan dirinya dengan adanya perkuliahan Obstetri & Ginekologi dan Kepaniteraan Klinik yunior dari FK.Unand. Tahun 1964 mulai penambahan staf dan untuk menyelesaikan pendidikan spesialisnya mereka dikirim ke beberapa pusat pendidikan seperti FKUI, FK-Unair dan FK-Unpad.

Tahun 1981 Tim penilai dari CHS telah menetapkan bahwa Bagian OBSGIN FK-Unand dapat mendidik spesialis, namun ‘finishing touch’ dilaksanakan pada pusat pendidikan yang telah diakui. Pada bulan Maret 1984, ditandatangani piagam kerjasama antara Dekan FK-Unpad, Prof. dr. Djamhur Martaadisubrata, MPH dengan Dekan FK-Unand dr. Marias Marianas dan dr. H.A.R. Syahrial selaku Kepala Bagian Obsgin FK-Unand waktu itu. Sejak pertengahan 1990, Bagian Obsgin FK-Unand mendapatkan pengakuan dari DIKTI untuk melaksanakan Program Studi Obsgin secara penuh, dan sampai saat ini telah menghasilkan 95 orang dokter Spesialis Obsgin.

Pada awalnya kapasitas tempat tidur 36 buah, disamping adanya kamar bersalin, kamar operasi septik dan aseptik. Pemekaran Staf dimulai dengan diterimanya dr.Gao Tjuloan dan dr.Oei Lian Kiok serta direkrutnya dua (2) orang mahasiwa FK.Unand yaitu Drs.Med.Army Dt.RP dan Drs.Med.Junaidi. Maka mulailah missi pelayanan, pendidikan, pengabdian masyarakat dan penelitian. Periode pertama ini merupakan periode peletakan dasar-dasar pengembangan.

Pada periode selanjutnya jumlah tempat tidur 100 buah serta pengembangan bangunan dimana telah ada ruang rawat obstetri, ginekologi, kamar operasi, kamar bersalin, ruang rawat intensif sedangkan poliklinik berada di lantai dasar bangunan administrasi (IGD baru).

 

Sampai saat ini kepemimpinan SMF.Obstetri & Ginekologi adalah:

 

  1. Periode 1959 – 1967 dr.Soeleman Sastrawinata
  2. Periode 1967 – 1984 dr.HAR.Syahrial
  3. Periode 1984 – 1990 dr.H.Army Dt.RP
  4. Periode 1990 – 1999 dr.HAR.Syahrial
  5. Periode 1999 – 2000 H.Muchlis Hasan
  6. Periode 2000 – 2007 Dr.H.Djusar Sulin
  7. Periode 2007-2014 H.Joserizal Serudji
  8. Periode 2015-sekarang dr. Syah Redi SA

Struktur Organisasi Bagian Obstetri dan Ginekologi FK Unand

Ketua                                                : dr. Syahredi, Sp.OG(K)

Sekretaris                                         : dr. Roza Sri Yanti, Sp.OG(K)

Koordinator Program Studi PPDS : Dr. dr. Bobby Indra Utama, Sp.OG (K)

Sekretaris Program Studi PPDS    : dr. Haviz Yuad, SpOG (K)

Staff Pengajar :

  1. Prof. Dr. dr. Yusrawati, SpOG (K)
  2. Dr. dr. Bobby Indra Utama, SpOG (K)
  3. Dr. dr. Joserizal Serudji, SpOG (K)
  4. Dr. dr. Defrin, SpOG (K)
  5. Dr. dr. Dovy Djanas, SpOG (K)
  6. Dr. dr. Vauline Basyir, SpOG (K)
  7. Dr. dr. Syamel Muhammad, SpOG (K)
  8. Dr. dr. Ariadi, SpOG
  9. Dr. dr. Hudila Rifa Karmia, SpOG
  10. dr. Roza Sriyanti, SpOG (K)
  11. dr. Dedy Hendry, SpOG (K)
  12. dr. Haviz Yuad, SpOG (K)
  13. dr. Mondale Saputra, SpOG (K)
  14. dr. Syahredi SA, SpOG (K)
  15. dr. Aladin, SpOG (K)
  16. dr. Ferdinal Ferry, SpOG (K)
 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 
Read 1135 times