Indonesian English

Bagian Dermatologi dan Venerologi FK Unand

BRAND2021
 

 

Sejarah Bagian Dermatologi dan Venerologi FK Unand

Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FK. Unand didirikan pada tahun 1956, dan sampai tahun 1975 dipimpin oleh dokter umum. Tahun 1964-1975, perkuliahan Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin untuk mahasiswa diberikan oleh “dosen terbang” dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta dan untuk kepaniteraan klinik dilakukan di RSCM/FKUI. Pada awal tahun 1975 Alm. Prof. dr. H. M. Soedarto SpKK(K)  dari Jakarta ditempatkan di Padang dan langsung ditunjuk sebagai Kepala Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin. Pertengahan tahun 1976, Prof. dr. H. Zainal Hakim SpKK(K) telah menyelesaikan pendidikan spesialisnya di FK-UNDIP Semarang dan pada akhir  tahun 1976 telah selesai pula Alm. dr. H Zulkarnain Makarim SpKK(K) yang  menyelesaikan pendidikan spesialisnya di FKUI Jakarta.

Pada tahun 1980 dilakukan visitasi oleh CHS (Consorsium Health Science) Jakarta untuk kemungkinan dibukanya pendidikan spesialis di FK-UNAND ini. Selanjutnya oleh CHS diputuskan bahwa FK. UNAND harus mencari “Bapak Angkat”, dan pada tahun 1981 FKUI menjadi “Bapak Angkat” namun proses “Bapak Angkat dan “Anak Angkat” ini belum berjalan dengan mulus.

Pada tahun 1996 hubungan “Bapak Angkat – Anak Angkat” dengan FKUI diperbaharui lagi dan tahun 1997 disepakati bahwa pendidikan pendahuluan dilakukan di FK. UNAND selama 1 tahun, kemudian pendidikan lanjutan dilaksanakan di FKUI Jakarta. Namun pada tahun 1999 disepakati pendidikan pendahuluan di FK. UNAND selama 2,5 tahun, dan pendidikan lanjutan diselesaikan di FKUI Jakarta. Pada tahun 2000 telah diterima 2 orang residen untuk dididik di FK. UNAND dengan pendidikan pendahuluan di FK. UNAND selama 4 semester dan menyelesaikan pendidikan lanjutan di FKUI Jakarta. Pada tahun 2002 akhirnya di buka program pendidikan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Unand yang penerimaan dan menyelesaikan pendidikan secara penuh di FK Unand. Adapaun divisi-divisi yang dikembangkan adalah:

  1. Divisi Bangsal
  2. Divisi Dermatologi Non Infeksi
  3. Divisi Dermatologi Infeksi
  4. Divisi Dermatologi Kosmetik
  5. Divisi Tumor dan Bedah Kulit
  6. Divisi Alergi Imunologi
  7. Divisi Infeksi Meular Seksual

Struktur Organisasi Bagian Dermatologi dan Venerologi FK Unand

Ketua                                                : dr. Gardenia Akhyar, Sp.KK

Sekretaris                                         : dr. Tutty Ariani, Sp.DV

Staff Pengajar :

  1. Dr. dr. Satya Wydya Yenny, Sp.KK(K), FINSDV
  2. dr. Sri Lestari, Sp.KK(K), FAADV, FINSDV
  3. dr. Rina Gustia, Sp.KK, FINSDV
  4. dr. Qaira Anum, Sp.KK, FINSDV
  5. dr. Gardenia Akhyar, Sp.KK
  6. dr. Ennesta Asri, Sp.KK
  7. dr. Tutty Ariani, SpDV
  8. dr. Irdawaty Izrul, SpKK, FINSDV
  9. dr. Yose Rizal, SPKK, FINSDV
  10. dr. Mutiara Sari, SpD

Website Bagian Dermatologi dan Venerologi FK Unand

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 
Read 170 times