Indonesian English

Bagian Ilmu Kesehatan Anak FK Unand

BRAND2021
 

 

Sejarah Bagian Ilmu Kesehatan Anak FK Unand

Tahun 1962 adalah awal dimulainya mata kuliah dasar ilmu kesehatan anak bagi mahasiswa kedokteran UNAND. Pada waktu itu dilaksanakan kuliah pengantar untuk kepaniteraan klinik pada empat bagian besar, yaitu Bagian Kebidanan & Penyakit Kandungan, Ilmu Penyakit Anak, Ilmu Penyakit Dalam dan Bedah. Kuliah pengantar Ilmu Kesehatan Anak ( dahulu dinamakan Ilmu Penyakit Anak = IPA ) diberikan oleh dosen terbang yang berasal dari Universitas Indonesia (UI), yaitu Prof. dr. Soetejo. Prof,DR,dr. R.O. Odang, Prof. Dr T. B. S. Palenkahu (alm), Prof. Dr. SH Pujiadi dan dr. Kho Lien Keng.

Pada tahun 1963 untuk pertama kalinya mahasiswa FK UNAND mulai memasuki program kepaniteraan klinik junior yang dibimbing oleh dr. Asikin Hanafiah dan dr. Ratniwati Johar. Tepat pada bulan November 1964, Dr.Syamsir Daili, SpA ditugaskan di IKA FK Unand / RSUP Dr.M.Djamil Padang dan bersamaan dengan itu, untuk pertama kalinya 3 orang dokter muda memasuki siklus Anak dalam program Kepaniteraan klinik senior. Sejak saat itu maka Bagian Anak memulai era menjalankan fungsi pendidikan, pelayanan dan penelitian. Dalam menjalankan tugas-tugas pelayanan ini, dr.Syamsir Daili, Sp.A dibantu oleh dr. Oei Heng Kian ( seorang dokter umum yang menjalani wajib militer ). Pada tahun 1965, Bagian Anak mendapatkan tambahan tenaga baru dengan bergabungnya dr. Parma Oemi Asnil (almarhumah) dan dr. Khaidir Kamil secara sukarela. Dengan demikian, bagian anak saat itu memiliki satu orang dokter spesialis anak dan tiga dokter umum.

Untuk menambah jumlah staf pengajar, maka dilakukan kerjasama dengan Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI. Bagian IKA FK Unand / RSUP Dr.M.Djamil difasilitasi untuk melakukan pendidikan pendahuluan dan dilanjutkan di Bagian IKA FKUI. Program ini berhasil menamatkan dr.Emil Yahya (1971-1973), dr.Parma Oemi Asnil (1975), dr.A.Aziz Syoeib (1975), dr.Darfioes Basir (1976). Selanjutnya program ini juga diikuti oleh dr.Firman Arbi (1981), dr.Edison Idris (1981), dr.Iskandar Syarif (1989) dan dr.Yorva Sayuti (1990). Sehingga staf pengajar bagian IKAmakin bertambah.

Tahun 1985, FKUI kembali mengikutsertakan Bagian IKA FK Unand dalam mendidik peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis -1 (PPDS-1). Program ini diikuti oleh beberapa peserta, antara lain dr.Ny.Vonny Kaligis, dr.Dwi Putro Widodo, dr.Sudung Pardede, dr.Fauziah dan dr.Jumiaty Ahmad, masing-masing mengikuti pendidikan selama 1 tahun sebagai pendidikan awal. Kemudian pendidikan lanjutan dilaksanakan di Bagian IKA FKUI/RSCM.

Pada tahun1992, IKA FK Unand / RSUP Dr.M.Djamil Padang memulai era baru dalam Program Pendidikan Dokter Spesialis Anak. Berdasarkan SK Dirjen Dikti 1991, SK: Dikti No.20/Dikti/Kep/02/1991 tanggal 1 Mei 1991, maka FK Unand ditetapkan sebagai Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak-1 ( IPDSA ) yang sudah dapat melaksanakan pendidikan dokter spesialis anak mandiri. Sebagai IPDSA Mandiri, penerimaan PPDS pertama kali dilakukan pada tahun 1992.

Bagian IKA FK-Unand terus mengembangkan diri dengan menambah jumlah staf pengajar dari waktu ke waktu, sehingga saat ini bagian IKA FK-Unand sudah memiliki 22 orang staf serta 5 orang calon staf yang sedang menjalani pendidikan spesialis anak di bagian IKA FK-Unand. IPDSA-1 Ilmu Kesehatan Anak FK-Unand telah meluluskan 85 orang spesialis anak sampai bulan Agustus 2015 , yang telah mengabdikan diri di berbagai daerah si seluruh Indonesia. Jumlah peserta program PPDS-1 Ilmu Kesehatan Anak FK Unand yang sedang menjalani pendidikan saat ini adalah 54 orang dalam berbagai tingkatan.

Dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi, bagian IKA FK Unand/RS M.Djamil selalu berusaha meningkatkan kualitasnya. Saat ini bagian IKA FK Unand, telah memiliki minimal 1 orang staf di setiap sub bagian dan pada beberapa subbagian sudah memiliki 2 staf (13 sub bagian). Pada saat ini terdapat 14 staf berkualifikasi Konsultan 3 orang sedang tahap penyelesaian Konsultan dan sisanya tahap persiapan untuk pendidikan Konsultan, Disamping itu 4 orang staf juga mengikuti program doktoral di program pasca FK Unand.

Pada Oktober 2014 Bagian IKA memperingati hari jadi ke 50 tahun. Berbagai kegiatan ilmiah dilakukan baik di lingkungan dokter anak (KONIKA 1996), maupun pendidikan dan pelatihan untuk dokter spesialis anak, dokter umum, berupa Pendidikan Profesi Kedokteran Anak Berkelanjutan ( PROKAB), simposium dan workshop. Setiap tahun beberapa penelitian juga dipresentasikan dan dipublikasikan di pertemuan ilmiah Nasional seperti KONIKA dan PIT. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengejawantahkan makna pengabdian masyarakat. Berikut beberapa bentuk pengabdian masyarakat ( juga bekerjasama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia = IDAI Sumbar ) yang telah dilaksanakan oleh Bagian IKA dalam beberapa tahun terakhir.

  • Bakti Sosial Banjir di Batu Busuk, Kota Padang dilaksanakan pada tgl 12 September 2012.
  • Bakti Sosial Banjir Bandang di Solok Selatan pada tgl 23 September 2012 Bakti sosial ini diadakan untuk merespon banjir di daerah hulu sungai kota Padang, kelurahan Batu Busuk 12 september 2012.
  • Penyuluhan Hepatitis A di SDN 47 Korong Gadang, kecamatan Kuranji pada 12 November 2014.
  • Bakti Sosial Akbar HUT 50 tahun IKA di Kab. Solok. Bakti sosial yang dilakukan pada tanggal 24 November 2014 ini merupakan pelayanan terbesar yang dilakukan oleh Bagian IKA. Lokasi pengabdian dipilih berdasarkan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Solok, di daerah Gantung Ciri. Dihadiri oleh Bupati Kab Solok, Drs Syamsu Rahim, seluruh staf, PPDS dan juga Dokter muda serta Keperawatan IKA RSUP Dr.M.Djamil Padang.
  • Kunjungan ke Panti Asuhan Putra Bangsa yang berlokasi di kelurahan Ranah, kota Padang 7 Desember 2014.

Struktur Organisasi Bagian Ilmu Kesehatan Anak FK Unand

Ketua                                                : dr. Rusdi, SpA(K)

Sekretaris                                         : -

Koordinator Program Studi PPDS : Dr. dr. Rinang Mariko, SpA(K)

Staff Pengajar :

  1. Prof. Dr. Darfioes Basir, Sp.A (K)*
  2. Dr. Firman Arbi, Sp.A (K)*
  3. Dr. Yorva Sayoeti,Sp.A (K)*
  4. Dr. Iskandar Syarif,Sp.A (K)*
  5. Dr. Gustina Lubis, Sp.A(K)
  6. Dr. Aumas Pabuti, Sp.A(K) MARS*
  7. Dr. Dr. Eva Chundrayetti, Sp.A(K)
  8. Dr. Dr. Mayetti, Sp.A (K), IBCLC
  9. Dr. Dr. Finny Fitry Yani, Sp.A (K)
  10. Dr. Dr. Yusri Dianne Jurnalis, Sp.A (K)
  11. dr. Eka Agustia Rini, Sp.A(K)
  12. dr. Rusdi, Sp.A (K)
  13. dr. Didik Hariyanto, Sp.A (K)
  14. dr. Eny Yantri, Sp.A(K)
  15. dr. Rinang Mariko, Sp. A(K)
  16. dr. Nice Rachmawati Masnadi, Sp.A(K)
  17. dr. Amirah Zatil, Sp.A
  18. dr. Asrawati, SpA M Biomed
  19. dr. Izzah, Sp. A M.Biomed
  20. dr. Rahmi Lestari, Sp. A
  21. dr. Indra Ihsan, Sp.A
 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 
Read 1966 times