Indonesian English

Program Studi lmu Biomedis Program Magister FK Unand

BRAND2021
 

 

Sejarah Program Studi lmu Biomedis Program Magister FK Unand

Program Studi Magister Ilmu Biomedik Program Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mulai menerima mahasiswa pada semester genap tahun Akademik 2003/2004, setelah mendapat izin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti melalui surat No. 1624/D/T/2003 . Kemudian, pada tahun 2007 mendapat ijin perpanjangan dengan No. 1737/D/T/2007 .

Dalam pengajuan izin penyelenggaraan telah disampaikan bahwa Program Studi Magister Ilmu Biomedik FK-Unand lebih menitikberatkan kurikulumnya pada pengembangan sumber daya manusia dan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan yang dilakukan melalui usaha pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi. Program Studi Magister Ilmu Biomedik FK-Unand dibuka untuk memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia dengan kualifikasi Magister Ilmu Biomedik yang mampu mengembangkan penelitian, bekerjasama dengan bidang klinik dalam memberikan pelayanan medik mutakhir atas dasar hasil penelitian (evidence based medicine), sehingga penelitian dosen di bidang Biomedik akan menjadi meningkat.

Ilmu Biomedik mencakup Ilmu Biokimia Kedokteran, Anatomi, Histologi, Fisiologi Kedokteran, Mikrobiologi Kedokteran, Parasitologi, Patologi Anatomi Kedokteran, Patologi Klinik, Farmakologi dan Terapi, Imunologi, Ilmu Gizi Kedokteran , Kesehatan Ibu dan Anak dan Obstetri Gynekologi

Perkuliahan Program Studi Magister Ilmu Biomedik dilaksanakan di kampus Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Pada awal pendiriannya peminatan yang dibuka adalah Biokimia, Imunologi dan Ilmu Gizi tapi hanya Ilmu Gizi yang berjalan.Tahun 2005 ditambah peminatannya dengan Reproduksi Kedokteran karena banyaknya permintaan dan tahun 2006 ditambah lagi dengan peminatan Kesehatan Ibu dan Anak. Sampai sekarang (2009) peminatan yang berjalan ada 4 yaitu Imunologi, Ilmu Gizi, Reproduksi Kedokteran dan Kesehatan Ibu dan Anak, peminatan Biokimia sampai saat ini belum ada peminatnya sehingga tidak berjalan.

Para peserta Program Studi Magister Ilmu Biomedik berasal dari staf pengajar dari perguruan tinggi negeri dan swasta Kesehatan dari berbagai tempat di Indonesia. Perkembangan selanjutnya menunjukkan bahwa program studi ini mulai diminati oleh tamatan fakultas lain, seperti jurusan Biologi, Kimia dari FMIPA di berbagai tempat di Indonesia, baik yang sudah bekerja maupun yang baru tamat dengan berbagai alasan dan tujuan.

Penyelenggaraan perkuliahan Program Studi Magister Ilmu Biomedik FK-Unand dilaksanakan pada gedung perkuliahan Biomedik di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang berdampingan dengan laboratorium dan kompleks Rumah Sakit M. Jamil Padang. Adapun alamat lengkap PPs Biomedik adalah di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 94, PO Box 49 Padang 25127.

Ketua Program Studi yang pernah menjabat antara lain :

  1. Dr. dr. Adnil Edwin Nurdin, SpKJ 
  2. Prof. dr. Nur Indrawaty Lipoeto,  MMedSci. PhD, SpGK
  3. Prof. dr. Fadil Oenzil, PhD, SpGK Periode 2009-2013
  4. Prof. Dr. dr. Delmi Sulastri, MS, SpGK Periode 2013-2016
  5. Dr. dr. Rosfita Rasyid, M.Kes   2016 – 2021
  6. dr. Rauza Sukma Rita, PhD 2021 - 2024

Struktur Organisasi Program Studi lmu Biomedis Program Magister FK Unand

Ketua               : dr. Rauza Sukma Rita, PhDs

Sekretaris        : dr. Fika Tri Anggraini, M.Sc

Staff Pengajar :

  1. Dr. dr. Yanwirasti, PA(K)
  2. dr. Fadil Oenzil, PhD, SpGK
  3. Dr. dr. Ellyza Nasrul, SpPK(K)
  4. Dr. dr. Eryati Darwin, PA(K)
  5. Dr. Nuzulia Irawati, MS
  6. dr. Nur Indrawaty Lipoeto, MSc, PhD, SpGK
  7. Dr. dr. Delmi Sulastri, MS, SpGK
  8. Dr. dr. Rizanda Machmud, MKes
  9. Dr. dr. Nasrul Zubir, SpPD-KGEH
  10. Dr. Eti Yerizel, MS
  11. Dr. Ir. Kesuma Sayuti, MS
  12. Dr. Arni Amir,MS
  13. Dr. dr. Masrul, MSc, SpGK
  14. Dr.dr. Aisyah Elliyanti, SpKN-TM (K), M.Kes
  15. dr. Hardisman. MHID, Dr.PH, FRSPH
  16. drg. Isnindiah Koerniati
  17. dr. Rosfita Rasyid, M.Kes
  18. dr. Afriwardi, SH ,SpKO, MA
  19. dr. Hafni Bachtiar, MPH
  20. dr. Andani Eka Putra, MSc
  21. dr. Edison, MPH
  22. dr. Irza Wahid, SpPD - KHOM
  23. dr. Desmawati, M.Gizi
  24. dr. Efrida, SpPK, M.Kes
  25. Hasmiwati, M.Kes
  26. Hirowati Ali, PhD
  27. Rauza Sukma Rita, PhD
  28. Tofrizal, SpPA, M.Biomed, PhD
  29. Fika Tri Anggraini, M.Sc, PhD
  30. dr. Dwitya Elvira, SpPD-KAI, FINASIM
  31. Elizabeth Bahar, M.Kes
  32. dr. Raveinal, SpPD-KAI FINASIM
  33. Zelly Dia Rofinda, SpPK(K)

SOTK S2 BIOMEDIK

Visi dan Misi Program Studi lmu Biomedis Program Magister FK Unand

Visi

“Menjadi Institusi Penyelenggara Pendidikan Magister Ilmu Biomedik yang Terkemuka dan Bermartabat dalam Bidang Penyakit Tidak Menular di Indonesia pada Tahun 2023”

 

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berkualitas yang menghasilkan magister yang professional.
  2. Melaksanakan penelitian dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan Biomedik yang sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang berkualitas yang berdasarkan perkembangan ilmu biomedik terkini dengan melibatkan peran serta masyarakat.
  4. Mengembangkan organisasi dalam meningkatkan tata kelola yang baik serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Tujuan dan Sasaran Program Studi lmu Biomedis Program Magister FK Unand

Tujuan

  1. Menghasilkan magister yang berkualitas, berakhlak mulia, tangguh dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi biomedik, humaniora dan etika serta dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional.
  2. Menjadi Program Studi Magister Ilmu Biomedik yang mandiri dan memiliki tatakelola yang baik, dengan selalu meningkatkan mutu pelayanan melalui penyediaan fasilitas, sarana, prasarana dan teknologi sesuai dengan standar yang ditetapkan secara nasional dan internasional serta mewujudkan suasana akademik yang kondusif, sehingga akan meningkatkan dukungan bagi mahasiswa dalam rangka pemerataan dan perluasan akses.
  3. Menjadi bagian dalam upaya mencari temuan dan inovasi yang mendorong pengembangan ilmu dan pengetahuan biomedik, serta humaniora melalui penelitian yang berkualitas dan disertai publikasi di tingkat nasional dan internasional yang dirancang dan dilakukan oleh staf dan peserta didik secara aktif.
  4. Meningkatkan implementasi hasil penelitian pada masyarakat dalam bentuk pengabdian masyarakat berbasis riset melalui penerapan Ilmu biomedik dan etika sesuai dengan potensi alamiah di lingkungannya agar masyarakat mampu memecahkan masalahnya secara mandiri dan berkelanjutan berdasarkan konsep pemberdayaan masyarakat demi kejayaan bangsa.
  5. Memperluas dan meningkatkan jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pemerintah swasta dalam dan luar negeri di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 
Read 3829 times