Indonesian English

Program Studi S3 Ilmu Biomedik FK Unand

BRAND2021
 

 

 

Sejarah Program Studi Ilmu Biomedis Program Doktor FK Unand

Masalah pokok pembangunan yang dihadapai Indonesia masa lalu, masa sekarang dan masa depan adalah mutu sumber daya manusia seutuhnya, yang dianggap sebagai modal dasar pembangunan. Anggapan ini akan menjadi kenyataan kalau SDM tersebut berpendidikan dan kompeten. Untuk itu diperlukan peningkatan mutu dan ilmu pengetahuan dalam menghadapi persaingan dalam era globalisasi. Ilmu Biomedik seperti ilmu yang lainnya juga harus ditingkatkan supaya meningkat mutu SDMnya. Untuk itu diperlukan penguasaan Sains dan Teknologi Kedokteran untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia, sehingga memiliki kompetensi tinggi dalam bidang kedokteran. Oleh karena itu Program Pendidikan Doktor Fakultas Kedokteran Universitas Andalas ingin mewujudkan tenaga Pasca – sarjana (Doktor) dalam bidang kedokteran sebagai pemuka dalam pendidikan dan penelitian yang lulusannya mampu menguasai IPTEK yang tinggi, berbudi luhur dan berperan dalam pembangunan.

Menyadari tuntutan ini perlu dilakukan pengembangan Program Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dalam studi ilmu Biomedik berdasarkan beberapa pertimbangan:

  1. Meningkatnya urgensi tantangan dalam bidang kedokteran pada era globalisasi seperti merebaknya SARS, flu burung, demam berdarah, malnutrisi yang berdampak pada kecerdasan dan daya kompetitif generasi mendatang, serta meningkatnya penyakit degeneratif dengan meningkatnya usia harapan hidup pada bangsa Indonesia
  2. Meningkatnya kebutuhan SDM dengan kualifikasi akademik doktor dalam bidang ilmu Biomedik untuk perancangan, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan dan penelitian ilmuBiomedik yang bermutu di era globalisasi.
  3. Meningkatnya kerjasama pendidikan tinggi di tingkat regional Asean.
  4. Mendukung pelaksanaan Undang-undang Sistim Pendidikan Nasional dan KKPTJP IV (2003-2010)

Pada september 2006 berdirilah S3 Ilmu Biomedik Program pascasajana Unand dengan andalan dosen-dosennya berasal dari S3 Ilmu Kedokteran Unair disamping dosen-dosen yang berasal dari perguruan tinggi lainnya baik berasal dari dalam maupun luar negeri. Pada mula berdirinya S3 biomedik berada dibawah S3 Biologi, dimana S3 biologi sendiri berada dibawah S3 pertanian Program pascasarjana Unand. Pada waktu itu tempat perkuliahan dilaksanakan di gedung MEU Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Untuk itu diangkatlah Prof. Dr. dr. Yanwirasti, PA(K) sebagai koordinator program S3 Biomedik Program Pascasarjana Universitas Andalas.

Menyadari hal ini, berkat kerja keras Direktur Program Pascasarjana Unand, Dekan Fakultas Kedokteran serta Koordinator Program Studi S3 Biomedik, dibuatlah proposal pendirian Program Studi Ilmu Biomedik Program Pascasarjana Universitas Andalas.

Alhamdulillah, pada tahun 2008 keluarlah izin dari DIKTI tentang pendirian program studi ilmu biomedik program pascasarjana Unand dengan :

Ketua Program Studi   : Prof. Dr. dr. Yanwirasti, PA(K)

Sekretaris                    : Prof. Dr. dr. Eryati Darwin, PA(K)

Pada waktu itu, Program Studi Ilmu Biomedik sudah menempati gedung yang disediakan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unand ditempat bekas rumah dosen Unand dikompleks Fakultas Kedokteran. Seiring dengan pengembangan Fakultas Kedokteran Unand yang mendirikan Labor Biomedik yang sangat menunjang penelitian mahasiswa terutama dalam bidang molekuler, maka pada lustrum ke 55 Fakultas Kedokteran Unand, diusianya yang berumur 4 tahun, Program Studi S3 Ilmu Biomedik menghadiahkan satu orang lulusannya Dr. dr. Delmi Sulastri, M.Sc, SpGK dengan predikat Cumlaude.

Pada tahun 2012, dengan Peraturan Rektor No.2 tahun 2012, pengelolaan Program S3 Ilmu Biomedik mengalami perubahan manajemen, dimana secara administratif dan keuangan yang pada mulanya pengelolaannya berada dibawah Pasca Sarjana Unand dialihkan ke Fakultas Kedokteran. Pada saat ini pendidikan program pascasarjana S3 Biomedik sudah berada dibawah komando Fakultas Kedokteran.

Struktur Organisasi Program Studi S3 Ilmu Biomedik FK Unand

Ketua               : Prof. dr. Nur Indrawaty Lipoeto, MSc, PhD, SpGK

Sekretaris        : Prof. Dr. dr. Aisyah Ellyanti, SpKN, M.Kes

Staff Pengajar :

  1. DR. dr. Nasrul Zubir, SpPD-KGEH
  2. dr. Fadil Oenzil, PhD, SpGK
  3. DR. dr. Yanwirasti, PA (K)
  4. Dr. Sumaryati Syukur, MSc
  5. Dr. Ir. Helmi, MS
  6. Drh. Endang Poerwati RN, MS, PhD
  7. DR. dr. Eryati Darwin, PA (K
  8. DR. dr. Ellyza Nasrul, SpPK(K)
  9. dr. Nur Indrawaty Liputo, MSc, PhD
  10. Dr. sc. agr. Ir. Jamsari, MP
  11. DR. dr. Rizanda Machmud, M.Kes, FisPh, FisCM
  12. DR. Ety Yerizel, MS
  13. DR. Nuzulia Irawati, MS
  14. Dr. dr. Eva Decroli, SpPD-KEMD
  15. Dr. dr. Wirsma Arif, SpB(K)Onk
  16. DR. Fatma Sriwahyuni, Apt
  17. dr. Hafni Bachtiar, MPH,FisPH, FisCM
  18. DR. dr. Delmi Sulastri, MS, SpGK
  19. DR. dr. Masrul, MSc, SpGK
  20. dr. Rosfita Rasyid
  21. M. Husni Muchtar, MS Dea
  22. Djong Hon Tjong, Msi
  23. Syaifullah Zoelkiar
  24. dr. Netti Suharti, M.Kes
  25. dr. Andani Eka Putra, MSc
  26. dr. Dwitya Elvira, SpPD-KAI
  27. Hirowati Ali, PhD
  28. Rauza Sukma Rita, PhD
  29. Dr. rer. Nat. Ikhwan Resmala Sudji, MSi

Visi dan Misi Program Studi Ilmu Biomedis Program Doktor FK Unand

VISI

Menjadi institusi penyelenggara pendidikan Doktor Ilmu Biomedik yang terkemuka dan bermartabat di Indonesia pada tahun 2023

 

MISI

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang berkualiatas yang menghasilkan Doktor Ilmu Biomedik yang profesional.
  2. Melaksanakan penelitian dan mengembangkan Ilmu Biomedik yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang berkualitas berdasarkan perkembangan ilmu Biomedik terkini dengan melibatkan peran serta masyarakat.
  4. Mengembangkan organisasi dalam meningkatkan tata kelola yang baik serta mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan.

Tujuan Program Studi Ilmu Biomedis Program Doktor FK Unand

  1. Menghasilkan doktor yang berkualitas, berakhlak mulia, tangguh dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi biomedik, humaniora dan etika serta dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional.
  2. Meningkatkan dukungan untuk mahasiswa dalam rangka pemerataan dan perluasan akses
  3. Menghasilkan temuan dan inovasi yang mendorong pengembangan ilmu pengetahuan biomedik, serta humaniora dalam skala nasional dan internasional.
  4. Membantu masyarakat melalui penerapan Ilmu biomedik dan etika sesuai dengan potensi alamiah di lingkungannya agar masyarakat mampu memecahkan masalahnya secara mandiri dan berkelanjutan berdasarkan konsep pemberdayaan masyarakat demi kejayaan bangsa.
  5. Meningkatkan implementasi hasil penelitian pada masyarakat  (pengabdian berbasis riset)
  6. Menjadi Program studi biomedik yang mandiri dan memiliki tatakelola yang baik
  7. Meningkatkan mutu pelayanan melalui penyediaan fasilitas, sarana, prasarana dan teknologi sesuai dengan standar yang ditetapkan secara nasional dan internasional serta mewujudkan suasana akademik yang kondusif
  8. Memperluas dan meningkatkan jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai sektor pemerintah dan swasta dalam dan luar negeri di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 
Read 1659 times