Indonesian English
Admin FK Unand

Admin FK Unand

avatar 1606916 960 720powered byQuis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.

16 Jun 2021

Blood test bro

Berasama ini kami informasikan hasil seleksi review proposal penelitian Skim Dosen Pemula, Skim Fundamental dan Skim Disertasi yang dibiayai dana DIPA FK Unand tahun 2021, informasi lebih lanjut dapat diakses pada lampiran dibawah ini :

 

Skim Dosen Pemula

Skim Fundamental

 

 

DOWNLOAD

Skim Disertasi Doktor

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

02 Jun 2021

Yudisium II Sarjana Tahun 2021

Padang (FK Unand) - Pendirian Program Studi Subspesialis Obstetri Dan Ginekologi Peminatan Kedokteran Fetomaternal Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Pendirian Prodi Baru Subspesialis Obstetri dan Ginekologi peminatan Kedokteran Fetomaternal
Fakultas Kedokteran Universitas Andalas merupakan langkah awal dan untuk pertama kalinya dibuka oleh Bagian OBGIN FK Unand. hal ini salah sebagai satu bentuk nyata untuk mewadahi kemajuan dunia kedokteran dan pendidikan. Seiring dengan perkembangan IPTEK dibidang kedokteran, tingginya AKI dan AKB, dan gambaran kebutuhan tenaga dokter supspesialis Fetomaternal Di Indonesia yang saat ini ada hanya 42% dari jumlah yang dibutuhkan secara keseluruhan Di Indonesia sehingga masih sangat diperlukan adanya pembukaan center baru Prodi Sp2 Obgin Fetomaternal.

Syarat-syarat pendirian Prodi supspesialis yang diatur oleh Undang-Undang Pendidikan Kedokteran pasal 8 ayat (1) bahwa harus dilakukan oleh FK dengan akreditasi tertinggi, maka FK Unand dan Bagian Obgin Unand memiliki akreditasi A oleh BAN-PT dengan nomor No.327/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018. Hal ini merupakan suatu kebanggan bagi civitas akademika Unand. Selain itu saat ini terdapat 6 staff pengajar Fetomaternal yaitu:

  • Dr. Dr. dr. H. Joserizal Serudji, Sp.OG(K)-KFM
  • Prof. Dr. dr. Hj. Yusrawati, Sp.OG(K)-KFM
  • Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG(K)-KFM (KETUA POGI SUMBAR)
  • Dr. dr. Vaulinne Basyir, Sp.OG(K)-KFM
  • Dr. dr. Roza Sriyanti, Sp.OG(K)-KFM
  • Dr. dr. H. Defrin, Sp.OG(K)-KFM

Visi dari Prodi Sp2 Fetomaternal yaitu menjadi institusi pendidikan Dokter Subspesialis Obstetri dan Ginekologi yang terkemuka dan bermartabat, unggul pada bidangnya, dan dikenal di ASEAN pada 5 tahun mendatang tahun 2025 akan menjadi semangat bagi tim persiapan pembukaan prodi ini untuk segera merilis pembukaan jurusan baru ini. Lawa waktu pendidikan yang akan ditempuh calon mahasiswa adalah 5 semester (2,5 tahun).

Pendirian prodi ini mendapat hasil yang baik dan akan berlanjut ke tahap visitasi KKI setelah dilakukan kegiatan desk evaluation dengan KKI yang telah pada tanggal 11 Februari 2021 secara virtual di Aula FK Unand Jati. Dukungan penuh dari Dekan FK Unand Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp.KO, MA dan Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH  akan menjadi semangat bagi seluruh panitia persiapan pembukaan prodi ini yang dipimpin oleh Dr. Dr. dr. H. Joserizal Serudji, Sp.OG(K)-KFM dan Prof. Dr. dr. Hj. Yusrawati, Sp.OG(K)-KFM.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

19 Mei 2021

Yudisium II Sarjana Tahun 2021

Padang (FK Unand) - Sebanyak 17 Mahasiswa Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mengikuti prosesi Yudisium Program Sarjana Periode II Tahun 2021. pada Rabu (19/05). Prosesi ini, berlangsung secara Virtual melalui Aplikasi Zoom dan dapat disaksiskan secara live streaming melalu channel YouTube FK Unand..

Mahasisa yang mengikuti yudisium kali ini berasal dari beberapa Program Studi Sarjana yang ada dilingkungan FK Unand yakni Prodi Pendidikan Dokter dengan gelar sarjana Kedokteran (S.Ked), Prodi Psikologi dengan gelar Sarjana Psikologi (S.Psi) dan Prodi Kebidanan dengan gelar Sarjana Kebidanan (S.Keb).

Yudisium ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Unand Prof. Dr. Mansyurdin, MS, Dekan FK Unand Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp.KO, MA, Wakil Dekan I FK Unand Dr. dr. Efrida, Sp.PK (K), M.Kes, Wakil Dekan II FK Unand dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, PhD, Wakil Dekan III dr. Hardisman, M.HID, DrPH. Med, Direktur Keuangan RSUP M. Djamil Padang serta Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi S1 Pendidikan Dokter, S1 Kebidanan dan S1 Psikologis.

Tiga lulusan terbaik dalam Yudisium Periode II Tahun 2021 ini yaitu :

Lulusan Terbaik Sarjana Kedokteran :

  1. Terbaik 1 : Zhafira Ferin, prediket lulus Dengan Pujian
  2. Terbaik 2 : Karina Julita, prediket lulus Dengan Pujian
  3. Terbaik 3 : Elsa Relanda, prediket lulus Dengan Pujian

Lulusan Terbaik Sarjana Psikologi :

  1. Terbaik 1 : Lativa Tara, prediket lulus Dengan Pujian
  2. Terbaik 2 : Sari Oktavia, prediket lulus Sangat Memuaskan
  3. Terbaik 3 : Astri Wahyuli, prediket lulus Sangat Memuaskan

Lulusan Terbaik Sarjana Kebidanan :

  1. Terbaik 1 : Vanisia Halim, prediket lulus Dengan Pujian
  2. Terbaik 2 : Naomi Sondakh, prediket lulus Dengan Pujian
  3. Terbaik 3 : Suci Meisun, prediket lulus Dengan Pujian

Pengalungan medali Yudisium, secara simbolis kepada tiga peserta yudisium yang merupakan perwakilan masing-masing prodi di Aula Student Center M. Syaaf, FK Unand Kampus Jati. Lalu Diikuti oleh seluruh peserta yudisium secara virtual.

Wakil Rektor I Unand Prof. Dr. Mansyurdin, MS menyampaikan Setiap lulusan baiknya tidak hanya mengandalkan kompetensi akademik, kognitif dan psikomotorik, akan tetapi kita juga harus mengandalkan softskill seperti Teknik komunikasi yang baik dan kerja sama tim. Karena sat aini standar Pendidikan tidak hanya mengukur outcome yang dihasilkan, tetapi juga memperhatikan proses yang dilalui oleh mahasiswa seperti lama masa studi dan IPK.

Bagi lulusan sarjana kedokteran dan sarjana kebidanan akan melanjutkan pendidikan pada tahap profesi selama 4 semester untuk menjalani siklus di berbagai Puskesmas dan RS Jejaring FK Unand untuk meraih gelar Dokter dimana suasana belajar yang akan dilalui sangat berbeda dengan tahap Pendidikan karena setiap mahasiswa akan ditempatkan di RS Jejaring.Hal yang suma juga berlaku bagi Sarjana Kebidanan (S.Keb) yang akan melanjutkan pendidikannya ke tahap Profesi Bidan selama 3 semester untuk menjalani siklus di berbagai Puskesmas dan RS Jejaring FK Unand untuk meraih gelar Bidan. Sedangkan untuk lulusan Sarjana Psikologi (S.Psi) dapat melanjutkan karir atau melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. 

Meski dilakukan secara daring, kegiatan Yudisium ini berlangsung khidmat. Pada acara yudisium tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada mahasiswa yang memiliki IPK tertinggi dari masing-masing jurusan. 

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

12 Mei 2021

Siaga Covid 19 IKA

Padang (FK Unand) - Dalam upaya pencegahan peningkatan kasus positif Covid-19 menjelang akhir Ramadhan, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas bersama Bagian Ilmu Kesehatan Anak (IKA) menyelenggaralan Webinar Siaga Covid-19 : Antara Lebaran, Liburan dan Seklah gaya Baru pada Selasa (11/05) secara daring.

Webinar ini diselenggarakan dengan target audiens para Guru-guru PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTsN, SMA/SMK/MAN sederajat dan Orang Tua Siswa/i se-Sumatera Barat. 

Adapun narasumber dalam Webinar Ini yaitu :

  1. Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc : Update Virus Covid-19 : Penyebaran, Mutasi dan Keparahan
  2. Dr. dr. Finny Fitri Yani, Sp.A (K) : Cegah Penyebaran Covid-19 pada Anak saat Hari Raya
  3. Drs. Jasman Rizal, MM : Kondisi Terkini COVID-19 di Sumatera Barat

Acara ini dibuka secara resmi oleh Gubernur sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P dan dihadiri juga oleh Dekan FK Unand Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp.KO, MA serta Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat Adib Fikri, SE, M.Si. 

Dr. dr. Finny Fitri Yani, Sp.A (K) dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa banyak sekali beredar informasi - informasi hoaks terkait kasus Covid-19 ini. Dilansir dari website covid-19.go.id, tercatat bahwa Pemerintah RI telah mengidentifikasi lebih dari 1.500 berita hoaks mengenai berita Covid-19.  Oleh karena itu kita harus menjadi masyarakat yang cerdas dalam melawan buzzer - buzzer berita hoaks Covid-19 ini.

"Saat ini Sumatera Barat berada dalam Kondisi yang tidak baik dalam menghadapi kasus Covid-19" begitu yang disampaikan oleh Drs. Jasman Rizal, MM. Hal ini lantaran semakin meningkatnya positif rate Covid-19 di Sumatera Barat. Berdasarkan data yang ada, dapat dianalisa bahwa dari 10 orang, terdapat 4 orang yang positif Covid-19 (32,9%). Kondisi ini mengartikan bahwa penyebaran kasus Covid-19 di Sumatera Barat telah masuk kategori tidak terkendali atau sangat berbahaya.

Berdasarkan kondisi tersebut para narasumber menyampaikan bahwa perlu adanya pengendalian infeksi dai berbagai sektor masyarakat, yang paling penting untuk ditaati adalah disiplin ptrotokol kesehatan.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK