Indonesian English
Admin FK Unand

Admin FK Unand

avatar 1606916 960 720powered byQuis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.

23 Desember 2020

YUDISIUM DOKTER III

Padang (FK Unand) - Sebanyak 38 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mengikuti prosesi Yudisium dan Pengucapan Lafal Sumpah Dokter Periode III Tahun 2020 . pada Rabu (23/12). Prosesi ini, berlangsung secara semi Virtual melalui Aplikasi Zoom dan dapat disaksiskan secara live streaming melalu channel YouTube FK Unand.

Yudisium ini dihadiri oleh Dekan FK Unand Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F.M (K), Wakil Dekan I FK Unand Dr. dr. Efrida, Sp.PK (K), M.Kes, Wakil Dekan III FK Unand Dr. dr. Netti Suharti, M.Kes, Direktur Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Umum RSUP M. Djamil Padang serta Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi Pendidikan Profesi Dokter FK Unand.

Tiga lulusan terbaik dalam Yudisium Periode IV Tahun 2020 ini yaitu itu yakni Terbaik I dengan IPK 3.79 Predikat Dengan Pujian atas nama dr. Nurul Ramadhani, Terbaik II dengan IPK 3.75 Predikat Sangat Memuaskan atas nama dr. Mhd Igo Pratama dan Terbaik III IPK 3.74 Predikat Sangat Memuaskan atas nama dr. Dwi Ramadhani.

Pengalungan medali Yudisium, secara simbolis kepada beberapa peserta yudisium yang merupakan perwakilan masing-masing agama di Gedung Prof.dr. M. Syaaf, Sp.M (Aula Student Center, FK Unand Kampus Jati. Lalu Diikuti oleh seluruh peserta yudisium yang mengikuti acara secara virtual.

Direktur Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Umum RSUP M. Djamil Padang menyampaikan bahwa dengan dilantiknya para peserta yudisium hari ini diharapkan kepada para dokter baru dapat mengabdikan ilmu dan keterampilan yang didapat selama melaksanakan pendidikan di FK Unand maupun di RS Jejaring dengan mengutamakan unsur sosial dan penuh tanggung jawab.

Dekan FK Unand, Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F.M (K) menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang telah berjuang dan menuntaskan pembelajarannya di FK Unand. Dekan berpesan kepada para dokter baru agar tidak berhenti dalam menimba ilmu karena ada banyak kesempatan dan peluang bagi para dfokter baru untuk menempuh pendidikan ke tingkat yang tinggi tanpa harus membebani orang tua sembari memulai karir sebagai seorang dokter. 

Meski dilakukan secara daring, kegiatan Yudisium ini berlangsung khidmat. Pada acara yudisium tersebut juga dilakukan penyerahan dokter baru kepada Ketua Alumni FK Unand cabang Padang, dr. M. Hidayat, Sp.M (K) dan penyerahan kenang-kenangan dari dokter baru kepada FK Unand yang diwakilkan oleh dr. M. Faturrahman Sjahroel.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

24 Desember 2020

FK ELECTION JADWAL FIX

 

Padang (FK Unand) – Link Tree untuk update informasi seputar Pemilihan Dekan FK Unand Periode 2021 - 2025 :

Jadwal Pemilihan Dekan FK Unand Periode 2021 - 2025

Tata Tertib Pemilihan Dekan FK Unand Periode 2021 - 2025

Penetapan Nama Bakal Calon Dekan FK Unand Periode 2021 - 2025

Nomor Urut Bakal Calon Dekan FK Unand Periode 2021 - 2025

NOMOR URUT  FK ELECTION KANDIDIAT

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 
12 Desember 2020

Prebiothics

Padang (FK Unand) - COVID-19 saat ini mewabah di seluruh dunia, perhatian global difokuskan untuk mencegah penularan dan pengobatan lebih lanjut terhadap orang yang terinfeksi. Namun bencana alam masih bisa terjadi kapan saja. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang mencatat sepanjang 2019 kawasan itu dilanda 777 bencana alam. Data tahun 2020 telah terjadi 79 kali bencana alam yang pernah terjadi di Sumatera Barat, dimana jenis bencana bervariasi mulai dari pusaran air, banjir, tanah longsor hingga kebakaran hutan.

Karena itu SCORP CIMSA-BEM KM FK Unand mengadakan kegiatan yang dinamakan MANAPI (Menghadapi Bencana di Masa Pandemi). MANAPI merupakan sebuah kegiatan dalam bentuk campaign dalam memperingati International Day of Disaster Risk Reduction yang jatuh pada tanggal 13 Oktober 2020. Dalam kegiatan ini kami ingin meningkatkan kesadaran akan pentingnya penanggulangan bencana di tengah pandemi COVID-19.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan 50 peserta mengenai kesiapsiagaan bencana alam saat menghadapi pandemi COVID-19 melalui webinar 2 jam dan meningkatkan nilai pre test dan post test menjadi 75 yang dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November 2020 yang mana tujuan ini berhasil dipenuhi.

Kegiatan ini memiliki 3 bagian acara. Yang pertama adalah training bagi anggota SCORP CIMSA-BEM KM FK Unand tentang penanggulangan bencana yang diberikan oleh KOGAMI (Komunitas Siaga Tsunami) dan CHRT (CIMSA’s Humanitarian Response Team) yang dilaksanakan pada tanggal 2-3 Oktober 2020.

Acara kedua adalah media social campaign yang menggunakan akun instagram CIMSA Unand untuk mempromosikan tentang penanggulangan bencana, dengan bantuan akun member SCORP juga. Campaign diadakan pada tanggal 22-24 Oktober 2020.

Acara ketiga adalah Webinar yang diadakan pada tanggal 15 November 2020, dengan Pembicara dari MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) membahas tentang mitigasi bencana yang mencakup masyarakat rentan. Sedangkan moderatornya berasal dari alumni SCORP CIMSA-BEM KM FK Unand. Webinar berjalan dengan baik, dengan bantuan member dan juga peserta yang dengan senang hati mengikuti webinar dan juga aktif mengikuti Q&A Session di akhir webinar.

Semoga MANAPI bermanfaat bagi anggota dan juga masyarakat dengan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang penanggulangan bencana, khususnya di tengah Pandemi COVID-19.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

12 Desember 2020

Prebiothics

Padang (FK Unand) - Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 November, dirayakan pada tahun 2020 oleh SCOPH CIMSA-BEM KM FK Unand melalui serangkaian kegiatan berjudul LOLIPOPS: Let’s DO Healthy Habits to Prevent Diabetes. Latar belakang diangkatkannya acara ini adalah ditemukannya peningkatan kasus diabetes selama pandemi COVID-19, yang sebagian besar disebabkan karena perubahan gaya hidup yang menjadi sedentari serta pemasukan yang tidak menetap bagi sebagian masyarakat. Untuk itu, LOLIPOPS mengambil tema besar tentang bagaimana menjaga pola hidup sehat untuk mencegah diabetes, terutama di saat pandemi.

LOLIPOPS memiliki beberapa rangkaian kegiatan, mulai dari training, air campaign, ground campaign, siaran radio, hingga webinar. Pada tanggal 7 November 2020 kami mengadakan training kepada member SCOPH terkait dengan diabetes bersama alumni CIMSA, dr. Ninda Septia Yuspar Sp.PD. Training ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan member terkait diabetes, pencegahan diabetes, hingga skrinning awal diabetes. Dengan diangkatkannya training ini, kami berharap seluruh member SCOPH dapat membantu memberikan edukasi bagi masyarakat, mulai dari diri mereka sendiri, keluarga, dan orang-orang terdekat.

Pada tanggal 14 November 2020, kami melakukan air campaign dan ground campaign. Pada air campaign, kami menggunakan platform Instagram Story untuk menyebarluaskan informasi tentang diabetes serta melakukan permainan kecil terkait diabetes melalui akun Instagram masing - masing member. Pada ground campaign, member mengedukasi keluarga mereka dan orang-orang terdekat melalui virtual meeting ataupun video call. Besar harapan kami, dengan dilakukannya campaign ini, edukasi tentang diabetes dan prevensinya terutama di masa pandemi dapat menyebar luas ke seluruh keluarga di Indonesia.

Lolipops 2

SCOPH CIMSA - BEM KM FK Unand pada 15 November 2020, melaksanakan siaran radio dengan media partner CIMSA Unand, Star Radio Padang. Menghadirkan alumni CIMSA, dr. Harlin Farhani, dan member kami, M. Rayhan Abiyyu J. Pada siaran ini kami membicarakan rekomendasi penanganan diabetes mellitus di era Pandemi COVID-19.

Lolipops 3

Rangkaian terakhir dari LOLIPOPS adalah Webinar dengan judul Dietary Habits of Diabetes Patients During COVID-19 Pandemic: Variety and Frequency of Food Intake, yang dilaksanakan pada 21 November 2020. Narasumber kali ini adalah Angel Jovi Burhanuddin, seorang Nutritionist Specializing in Diabetic Patient and Clinical Human Nation, dan dimoderatori oleh dr. Rizi Juanevi, alumna CIMSA-BEM KM FK Unand 2013. Webinar ini membicarakan tentang bagaimana mengatur pola makan yang baik, yang berkaitan dengan kebutuhan yang spesifik bagi masing-masing individu, untuk mencegah diabetes.

Lolipops 4

Kami berharap, setelah kami melaksanakan webinar dan seluruh rangkaian kegiatan LOLIPOPS seluruh partisipan memperoleh pengetahuian tentang nutrisi yang baik, dan setidaknya menjadi lebih sadar tentang apa yang mereka makan dan berusaha untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih baik. Karena kami yakin dan percaya, mencegah jadi selalu lebih penting daripada mengobati.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK