Indonesian English
Items filtered by date: Kamis, 09 Mei 2019
09 Mei 2019 In Berita

 

Unand Buka Pendaftaran Jalur Mandiri

 

Padang (Unand) – Pendaftaran jalur Mandiri atau Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMM PTN) Barat tahun 2019 Universitas Andalas sudah bisa mendaftar mulai tanggal 1 Mei hingga 12 Juli melalui laman http://smmptnbarat.id/

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA selaku Sekretaris sekaligus Bendahara pada Panitia SMM PTN-Barat 2019 mengatakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi mandiri merupakan upaya untuk menjaring mahasiswa yang belum lulus pada seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN

Kuota maksimal yang disediakan untuk seleksi jalur mandiri adalah 30% dari total mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Ia menambahkan sistem seleksi bersama ini sangat menguntungkan calon mahasiswa, baik dari segi materi maupun dari segi waktu. 

“Sebelum ada sistem seleksi ini, Seleksi Mandiri PTN- Barat bersifat lokal, masing-masing PTN mengadakan seleksi mandiri sendiri,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini tidak efisien dan tidak menguntungkan calon mahasiswa karena tidak dapat memilih perguruan tinggi lain. 

“Melalui ujian SMM PTN-Barat 2019 ini, para peserta calon mahasiswa dapat memilih program studi perguruan tinggi yang diminatinya berada diluar daerah domisilinya dan bisa juga memilih perguruan tinggi yang berada di daerahnya,” terangnya.

SMM PTN-Barat 2019 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (BKS PTN-Barat). 

Penyelenggaraan seleksinya dilakukan berdasarkan hasil ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa, yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMM PTN-Barat.

Sementara itu, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Andalas Syafwardi, SE, MPd menyebutkan SMM PTN-Barat diikuti sebanyak 15 PTN, yaitu : Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), Universitas Andalas (UNAND), Universitas Jambi (UNJA), Universitas Lampung (UNILA), Universitas Bengkulu (UNIB), Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Universitas Palangkaraya (UPR), Universitas Malikussaleh (UNIMAL), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, dan Universitas Samudra (UNSAM).

“Pembelian PIN pendaftaran segera dibuka, mulai tanggal 1 Mei s.d 12 Juli 2019 sedangkan jadwal pendaftaran 1 juni sampai 16 juli 2019,” tambahnya. 

Dikatakannya mengenai Informasi lebih lanjut meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya registrasi dan seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pilihan PTN serta program studinya, secara rinci dapat dilihat pada laman www.smmptnbarat.id dan website https://pmb.unand.ac.id/index.php/informasi-lengkap-smmptn-barat-tahun-2019. (R*)

 

Humas

09 Mei 2019 In Berita

     Day 1 190415 0001

          Surabaya (13-14/04/2019), Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mengirimkan 6 orang terbaiknya sebagai delegasi dalam lomba Indonesian Medical Physiology Olimpiad (IMPhO), yang diadakan oleh BEM Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. 6 delegasi tersebut yakni Haddad Ishlah, Ratu Fawwaz Efendi, Mohamad Wahyudin Y. Ahmad, Muhamad Imamhamda Muttaqien, Zakiatur Rahma, dan Kelvin Florentino Kaisar. Ajang IMPhO ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2017, namun tim delegasi 2019 merupakan delegasi pertama yang mewakili FK Unand di ajang bergengsi ini. Terdapat 51 tim dari 36 Universitas terbaik di Indonesia menjadi partisipan dalam ajang tersebut dengan total jumlah peserta 153 orang dengan cabang fisiologi sebagai cabang yang dilombakan. Masing-masing Universitas mengirimkan 2 tim dari masing-masing cabang perlombaan. Dalam pelaksanaannya, IMPhO 2019 terdiri dari 2 babak besar, yakni written test dan oral test. Written test merupakan test pertama yang berbentuk true or false questions, dan bersifat individu. Tim yang pada test ini, berhak melanjutkan ke babak selanjutnya, yakni oral test. Dalam babak ini, setiap tim akan dibagi menjadi beberapa grup, dan diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Master Quiz IMPhO 2019, Prof. Cheng Hwee Ming.

Dalam IMPhO 2019 ini, tim yang berhasil menjadi juara pertama dan kedua adalah tim delegasi Universitas Indonesia, dan tim delegasi tuan rumah menduduki juara ke tiga. Dalam kategori top 10 best written test score, Salah satu delegasi Universitas Andalas, Mohamad Wahyudin Y. Ahmad, berhasil menduduki peringkat ke-9. Ini merupakan pencapaian yang cukup baik di tahun pertama ke ikutsertaannya dalam satu-satunya lomba fisiologi di Indonesia ini.

 

 

Pebriyantoson,SS