Indonesian English
Items filtered by date: Rabu, 08 Mei 2019
08 Mei 2019 In Berita

DELEGASI FK UNAND 2019

Tridharma perguruan tinggi saat ini menjadi landasan kiblat pergerakan keilmiahan dan kemampuan berbahasa dalam bergerak maju menembus dunia tanpa tapal batas sebagai substansi krusial yang penting dalam mewujudkan landasan keilmiahan. Berangkat dari pernyataan tersebut, sudah seyogyanya sebagai seorang mahasiswa untuk membina diri dalam mewujudkan cita-cita tinggi sebagai seorang yang mesti berpikir maju, berpikir kreatis dalam cakupan critical thinking, clinical reasoning dan critical appraisal.

            Terbukti koherensi dari pernyataan diatas, sebanyak 14 orang delegasi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (UNAND) berhasil mempresentasikan karya ilmiahnya dalam kegiatan Deli Health Scientific (DHESCIEN) 2019 di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara (USU) pada 25-28 April 2019 dengan mengangkat tema “Tropical and Infection Disease” dengan 4 cabang perlombaan yaitu : Esai Ilmiah, Literature Review, Poster Kesehatan Publik dan Speech Contest. Kegiatan ini dilatarbelakangi negara Indonesia telah memiliki banyak program untuk pengendalian penyakit infeksi tropis, seperti Tuberkulosis, Malaria dan NTDs. Sayangnya hasil yang dicapai belum mencapai target yang diharapkan sebagai perwujudan aspirasi karya untuk merealisasikan target nyata hal tersebut.

            Melirik tantangan tema diatas tak membuat pasang surut semangat delegasi untuk membuktikan kemampuan diri. Berbicara delegasi UNAND, tak kalah tertantang dalam mengikuti kegiatan ini, terbukti dari 14 orang delegasi yang pergi berlaga membuktikan semangat yang tinggi akan keilmiahan. Berikut delegasi yang berhasil lolos adalah ; Devin Mahendika, Dio Jainata, Ihsan Otriami, Muhammad Iskandar, Selmi Winarti, Nabila Mustafa, Refi Amalia Utami, Yelvi Mila, Ainani Tajrian, Aufa Putra Hanif dan Rizki Anugrah. Berdasarkan hasil penutupan dan gala dinner delegasi UNAND berhasil meraih empat prestasi, Juara 1 Lomba Literature Review atas nama Dio Jainata, hsan Otriami dan Devin Mahendika, Juara 3 Lomba Literature Review atas nama Muhamamd Iskandar, Selmi Winarti dan Nabila Mustafa, Juara 3 Esai Ilmiah atas nama Devin Mahendika dan Juara Poster Kesehatan Publik atas nama Yenny Handayani Sihite, Elsa Yosepin Siahaan dan Jian Hambali.

            Kegiatan Perlombaan Keilmiahan ini dilakukan dalam dua sesi, sesi pertama adalah pengiriman karya ilmiah melalui panitia dan karya yang telah terkumpul akan melalui serangkaian babak penilaian oleh tiga orang juri di bidang perlombaan masing-masing. Dari beberapa banyak karya yang masuk, sepuluj karya terbaik di masing-masing bidang perlombaan akan diundang secara resmi untuk mempresentasikan karyanya dihadapan para juri untuk memenangkan piala bergilir DHESCIEN 2019. DHESCIEN merupakan lomba yang diadakan dengan nama baru sebagai peringatan Dies Natalis Fakultas Keperawatan USU yang berpuncak pada 30 April 2019. Sebelumnya, kegiatan ini sudah pernah diadakan dan pada tahun ini panitia memberikan reinkarnasi terhadap nama kegiatan sebagai ajang kompetisi yang mesti diingat delegasi universitas di Indonesia bahwa DHESIEN merupakan kegiatan keilmiahan Fakultas Keperawatan USU yang diadakan di Deli Serdang.

            Kegiatan ini diikuti oleh berbagai Fakultas Kesehtan di Indonesia dari Program Studi Kedokteran, Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Masyarakat, Kedokteran Gigi dan Farmasi. Universitas berikut mendapatkan undangan untuk mempresentasikan karya ilmiahnya melalui delegasi terpilihnya di bidang masing-masing lomba, yakninya: Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Andalas, Universitas Sumatera Utara, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Jember, Universitas Sebelas Maret, Universitas Lambung Mangkurat, Universitak Tjut Nyak Dien, Universitas UPN Veteran Jakarta, Universitas Aisyiyah Yogyakarta dan STIKES Murni Teguh.

            DHESCIEN merupakan kompetisi ilmiah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Mahasiswa (PEMA) Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara, tiap tahunnya sebagai ajang kompetisi keilmiahan antar mahasiswa Kesehatan se-Indonesia. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dibawah koordinasi Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (ILMIKI).

            Kedepannya, kegiatan keilmiahan ini perlu dikembangkan lagi kedepannya dan dukungan dari segala pihak untuk mewujudkan cita-cita mulia dari Tridharma Perguruan Tinggi untuk mengembangkan kemampuan diri, merancang ide ide inovatif, berpikir kritis dalam keilmiahan serta memberikan penilaian yang logis terhadap masalah kesehatan saat dewasa ini. Demikian, orientasi jangka panjang untuk mewujudkan kampus yang memiliki suasana kompetitif dalam mewujudkan perkembangan zaman dan tentatifnya untuk memotivasi mahasiswa lain untuk selalu mengembangkan potensi yang dimiliki dan bersaing di bidang-bidang minat dan bakat masing-masingnya.

 

PEBRIYANTOSON,SS