Indonesian English
Items filtered by date: Selasa, 07 Mei 2019
07 Mei 2019 In Berita

Rektor Lantik KaBiro PPK, Kabag dan Kasubag Unand Baru

 

Padang (Unand) – Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA melantik Kepala Biro (KaBiro) Perencanaan Pengembangan Kerjasama (PPK) yang baru Ampera Warman, SE, MM setelah berakhirnya masa jabatan Maramis, MM yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dan serah terima jabatan ini berlangsung di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padag pada Jumat (03/5).

Sebelumnya Universitas Andalas juga telah melakukan seleksi terbuka untuk mengisi jabatan KaBiro PPK pada awal tahun ini, yang diikuti oleh lima calon atau kandidat dan yang terpilih yaitu Ampera Warman, SE, MM.

Ampera Warman, SE, MM sebelumnya merupakan Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Selain melantik Kabiro PPK yang baru Rektor juga melantik pejabat eselon III dan IV dilingkungan Universitas Andalas.

Adapun pejabat eselon III yang dilantik yakni Daswendi, S. Sos dilantik sebagai Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha Fakultas Kesehatan Masyarakat, Wilman, SH sebagai Kabag Tata Usaha Fakultas Kedokteran, Harman, S. Sos, MM Kabag Tata Usaha Fakultas Ekonomi.

Sedangkan pejabat eselon IV yang dilantik yaitu Eria Florina, ST Kepala Subbagian (Kasubag) Umum dan Keuangan Fakultas Ekonomi, Arinal, SE Kasubag Umum dan Keuangan Fakultas Kesehatan Masyarakat, A. Haris, S. Sos sebagai Kasubag Tenaga Kependidikan Bagian Kepegawaian pada Biro Umum dan Sumber Daya, Betnenelly, S. Kom, MM Kasubag Umum dan Keuangan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kharisman Fedra, SPt sebagai Kasubag Umum dan Keuangan Fakultas Teknologi Pertanian, Rahmadi, S. Kom, M. Kom sebagai Kasubag Data dan Program LPPM.

Rektor mengucapkan selamat kepada Biro, Kabag dan Kasubag yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya untuk mengemban amanah dan meluangkan waktu, fikiran, tenaga untuk Universitas Andalas beberapa tahun kedepan.

Selain itu, ia juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Maramis, MM atas dedikasi yang telah diberikannya selama menjabat sebagai KaBiro PPK demi kemajuan Universitas Andalas serta juga kepada Kabag FKM Deden, MM.

Disampaikannya pelantikan, mutasi atau promosi adalah suatu hal yang wajar terutama untuk menganti yang sudah memasuki masa pensiun atau penyegaran supaya organisiasi tetap berjalan dengan kualitas yang bagus.

Ia berharap kepercayaan amanah ini agar bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan membawa kemajuan yang signifikan bagi Universitas Andalas kedepannya.

KaBiro PPK mempunyai tugas melaksanakan koordinasi penyusunan rencana program kegiatan anggaran, kerjasama antar lembaga, koordinasi penyusunan program dan juga kerjasama baik dalam maupun luar negeri serta bertanggung jawab dalam evaluasi pelaporan pelakasanaan program baik kegiatan anggaran ataupun pembangunan di Universitas Andalas.(*)

 

Humas

07 Mei 2019 In Berita

Unand Tetapkan Nomor Urut Calon Rektor 2019-2023

Padang (Unand) -  Panitia pemilihan Rektor Universitas Andalas menetapkan nomor urut calon berdasarkan hasil undian yang dilaksanakan pada Jumat (3/5)  di ruang rapat pimpinan Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Universitas Andalas Dr. dr. Eva Decroli, SpPD KEMD FINASIM menyebutkan nomor urut calon Rektor yakni nomor 1 (Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA/Ekonomi), nomor 2 (Prof. Dr. H. Yuliandri, SH., MH/Hukum), nomor 3 (Prof.Dr-Ing. Hairul Abrar/Teknik), nomor 4 (Henmaidi, ST, M.Eng.Sc, Ph.D/Teknik), nomor 5 (Dr Hefrizal Handra, MSOC. SC/Ekonomi), nomor 6 (Prof. Dr. H. Novesar Jamarun, MS/MIPA), nomor 7 (Dr. Ir. Munzir Busniah, MSi/Pertanian) dan nomor 8 (Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph. D/Kesmas).

 

Disampaikannya pemberian nomor ini sangat penting sebagai penanda, urutan persentasi, nama dikertas suara dan tempat duduk tetapi ia menekankan bahwa nomor tidak boleh dianggap sakral.

“Dari delapan calon yang diundang, hanya tujuh orang yang mengkonfirmasi hadir dan calon mengkonfirmasi tidak hadir yaitu Prof. Dr. H. Novesar Jamarun, MS (MIPA) karena sedang berada di Jakarta dan pengambilan nomornya diserahkan kepada panitia,” ungkapnya. 

 

Ditambahkannya dalam proses Pemilihan Rektor periode ini diharapkan dapat menghasilkan  Rektor yang tidak hanya baik menurutnya tetapi juga baik untuk kita semua dan tentu juga baik menurut orang lain.

 

Setelah itu, diungkapkannya nilai yang tekandung dalam pemilihan Rektor ini diharapkan memberikan kesan baik yang tertanam bagi semua pihak. 

 

Ia juga berharap pemilihan Rektor universitas Andalas ini dapat menjadi rujukan bagi perguruan tinggi lain dalam memilih pemimpinnya. 

 

“Adapun nilai – nilai yang terkandung adalah nilai kejujuran, nilai keadilan, taat dengan aturan kemudian independent,” ungkapnya.

 

Ia yakin kedelapan calon ini merupakan putra terbaik yang siap mengabdikan diri dan mencurahkan pemikirannya untuk kemajuan Universitas Andalas kedepannya.

 

“Terkait penyampaian visi dan misi akan dilangsungkan pada 14 Mei mendatang di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang,” sambungnya.(*)

 

Humas 

07 Mei 2019 In Berita

 

trex1

Padang( 19-21/04/ 2019), CIMSA-BEM KM FK UNAND mengadakan acara Training for Research Exchange (TREX) di hadiri oleh sebanyak 31 orang peserta ; dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia : Yarsi, Unpad, Unand,Unair, dan lain-lain, yang dilaksanakan pada Hotel Grand Zuri Padang. TREX tahun ini mengangkatkan tema “Raise the public awareness about hypertension by expanding medical students role through research and its application” dan merupakan salah satu upaya CIMSA, terkhususnya SCORE, untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat dan bakat para member dalam bidang penilitian.

Diharapkan para peneliti-peneliti muda tersebut dapat membawa ilmu yang mereka dapatkan dan mengaplikasikannya untuk memajukan kesehatan masyarakat, khususnya pada bidang hipertensi. Kegiatan pembukaan kegiatan di buka oleh DR. arina Widya murni,Sp.PD. Acara yang diadakan di Hotel Grand Zuri Padang ini di isi dengan berbagai macam agenda, mulai dari Welcoming Party, Farewell Party, Training untuk mempersiapkan para delegasi untuk menjadi seorang peneliti yang baik.

Grand Lecture mengenai Hipertensi oleh Dr.Harnavi Harun,Sp.PD-KGH,FINASIM sebagai narasumber utama mengenai hipertensi. Sedangkan mengenai Research Issue Update oleh Dr. dr Andani Eka Putra, M.Sc. untuk meningkatkan pengetahuan delegasi, serta setiap delegasi diwajibkan untuk mempersiapkan materi mengenai penyuluhan hipertensi yang akan diadakan pada saat field trip.

Selanjutnya dilakukan field trip ke Puskesmas Andalas untuk meneliti mengenai hipertensi pada masyarakat di sekitar puskesmas. Penutupan di laksanakan oleh segenap Panitia CIMSA-BEMK FK Unand periode 2018 – 2019.

Dengan diadakannya acara TREX ini, diharapkan peneliti-peneliti muda yang ada semakin terlatih dan berkualitas dan terus bertumbuh sehingga dapat mengaplikasikan ilmunya demi menurunkan penderita Hipertensi di Indonesia.

 

Pebriyantoson,SS