Indonesian English
Items filtered by date: Senin, 13 Mei 2019
13 Mei 2019 In Berita

Rektor Unand Dorong Percepatan Internasionalisasi Akademik

 

Padang (Unand) – Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mendorong percepatan Internasionalisasi akademik bagi Program Studi-Program Studi (Prodi) yang telah mendapatkan akreditasi A.

Hal itu diungkapkannya saat menyerahkan sertifikat Asean University Network-Quality Asurance (AUN QA) dan penghargaan kepada tiga Prodi yakni Akuntansi, Biologi dan Pendidikan Dokter pada Jumat (10/5) di Ruang Sidang Senat Lantai 4 Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang.

Pemberian sertifikat dan penghargaan ini didampingi oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Dachriyanus, Apt, Wakil Rektor III Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MSc serta Ketua LP3M Dr.Yulia Hendri Yeni, SE, MT, Akt kepada Dekan dan Ketua Jurusan.

“Seperti diketahui pada agustus tahun lalu tiga Prodi Universitas Andalas divisitasi oleh tim sertifikasi AUN QA sebagai upaya untuk mendapatkan sertifikasi internasional,” ujar Rektor.

Dikatakannya ada banyak kemudahan yang diperoleh setelah mendapatkan sertifikasi internasional ini diantaranya memudahkan membangun jaringan dengan prodi-prodi universitas yang ada di luar negeri, memudahkan penelitian secara internasional dan juga student exchange  secara internasional serta menguntungkan lulusan bisa bersaing ditingkat internasional.

Makanya ia mendorong kepada prodi-prodi yang sudah lama mendapatkan akreditasi A untuk segera mendapatkan akreditasi internasional.

Ia berharap dengan didapatkannya sertifikasi internasional oleh tiga prodi ini menjadi pemicu bagi prodi lain dalam menyiapkan percepatan akreditasi internasional.

Selain itu ia juga menyampaikan dalam meraih akreditasi internasional ini jangan hanya tergantung pada AUN QA semata karena masih banyak institusi-institusi lain yang diakui secara global.

Kemudian ia juga menyampaikan terkait penelitian, ia berharap penilitian ini tidak hanya berhenti di artikel, sebab nanti artikel hanya akan berujung diperpustakaan sama halnya dengan laporan penilitian walaupun artikel juga ada perengkingannya secara internasional.

Ia menginginkan harus ada proses hilirisasi dari setiap penilitian sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat dan bangsa.

Ia juga mensyukuri saat ini Unversitas Andalas akan memiliki Teaching Industry dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia mengenai gambir dan juga mengenai pakan ternak serta penilitian kesehatan, obat-obatan. 

Sementara itu, Ketua lembaga Pengembangan, Pendidikan, dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Andalas Dr.Yulia Hendri Yeni, SE, MT, Akt mengatakan sebenarnya sertifikat ini sudah sampai pada bulan lalu tapi ia menunggu kesempatan yang tepat untuk memberikan kepada  ketiga prodi yang sudah mendapatkannya.

Diungkapkannya ini merupakan pertama bagi Universitas Andalas dalam mengikuti proses Akreditasi Internasional ini dan berharap pada April 2020 mendatang menjadi suatu modal untuk bisa menyiapkan lebih baik lagi sehingga 4 Prodi yakni Farmasi, Fisika, Managemen dan Ilmu Ekonomi dapat mengikuti jejak sukses ini.

Selain itu, ia juga menyampaikan tiga Prodi di Fakultas Teknik akan divisitasi pada bulan Oktober untuk mendapatkan akreditasi internasional yaitu Accredition Board for Engginering and Technology (ABET).(*)

Humas