Indonesian English
Items filtered by date: Selasa, 04 Desember 2018
04 Desember 2018 In Berita

1.400 Makalah Dipersentasikan pada KNKHRB IV Unand

Padang (Unand) – Sebanyak 1.400 makalah dipresentasikan pada Konferensi Nasional Klaster dan Hilirisasi Riset Berkelanjutan (KNKHRB) Universitas Andalas ke IV tahun 2018 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Dachriyanus, Apt pada Senin (3/12) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Ketua pelaksana kegiatan Dr. Eng Mukammad Makky, STP, MSi mengatakan kegiatan ini merupakan momentum yang sangat berharga, diera distruptive innovation seperti saat ini perguruan tinggi harus senantiasa melakukan terobosan agar tetap unggul dalam persaingan global.

“Perguruan tinggi harus mampu menciptakan inovasi agar tetap berkontribusi, Universitas Andalas sebagai salah satu perguruan tinggi dengan visi menjadi universitas terkemuka dan bermartabat perlu beradaptasi dan menerapkan stategi yang tepat dalam menghadapi era ini,” ungkapnya.

Disampaikannya percepatan dalam beradaptasi dan perkembangan serta prilaku konsumen menjadi kunci utama, oleh sebab itu, Universitas Andalas harus peka dan harus insptropeksi diri sehingga mampu menempatkan posisinya ditengah perkembangan ilmu dan pengetahuan serta teknologi.

Untuk itu, melalui kegiatan KNKRHB ke IV ini dikatakannya arahan kegiatan penilitian dan pengabdian masyarakat Universitas Andalas telah memposisikan dirinya untuk beradaptasi dan berubah menuju kegiatan riset dan pengabdian masyarakat berbasis muatan atau output yang mengarah kehilirisasi riset menuju Entrepreneurship University.

Lebih lanjut ia menyampaikan kegiatan ini akan dilaksanakan selama 7 hari berturut-turut dari tanggal 3 - 9 Desember 2018 yang akan mempresentasikan 1.400 hasil kegiatan penilitian dan pengabdian masyarakat Universitas Andalas.

“Setiap pemakalah akan menyajikan karya ilmiah dalam bentuk tulisan dan barang penelitian lainnya sehingga kegiatan ini akan menghasilkan lebih 1.400 produk karya ilmiah yang akan diterbitkan dalam bentuk jurnal dilingkungan Universitas Andalas,” tuturnya.

Pada kegiatan ini juga memamerkan lebih dari 150 produk hasil-hasil riset dosen dan mahasiswa Universitas Andalas dan juga terlihat lebih dari 30 poster hasil dari penelitian yang disajikan oleh para periset.

Selain itu, juga ada 77 buah buku disajikan pada kegiatan ini yang merupakan luaran dari penelitian serta telah dihasilkan 300 kakayaan intelektual dari seluruh kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat Universitas Andalas ditahun 2018.

“Untuk artikel ditingkat internasional hasil riset dosen Universitas Andalas telah memberikan 292 publikasi artikel ilmiah yang tercantum pada jurnal terindeks dan bereputasi, 453 buah artikel yang telah dipresentasikan pada ajang konferensi internasional pada prosiding terindeks serta lebih dari 300 makalah atau artikel ilmiah lainnya yang telah diterbitkan dalam berbagai jurnal internasional,” ujanya. 

Seluruh hasil karya dosen baik penelitian dan pengabdian dikatakannya telah menempatkan Universitas Andalas pada peringkat lima nasional pada bidang Penilitian dan peringkat empat pada bidang Pengabdian Masyarakat.

Ia berharap akan banyak manfaat didapat dari kegiatan ini yang dirasakan tidak hanya oleh Universitas Andalas namun juga dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Sementara itu, Ketua LPPM Universitas Andalas Dr. Ing Uyung Gatot S Dinata, MT mengatakan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) untuk memfasilitasi peneliti agar mengumumkan dan melaporkan hasil risetnya sehingga diketahui oleh publik, reviewer yang pada akhirnya akan menghasilkan output-output penelitian seperti, jurnal, HAKI, buku ajar, produk-produk rekayasa social dan lain-lain.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya tahun ini jumlah makalah yang dipresentasikan mengalami peningkatan yakni sebanyak 1.400 makalah, dimana tahun sebelumnya sekitar 800  makalah,” sebutnya. 

Selain itu kegiatan ini setiap harinya menghadirkan narasumber salah satunya ketua Komisi Penyiaran Indonesia Yuliandre Darwis, Ph. D sebagai keynote speaker. 

 

Sumber : Humas Unand