Indonesian English
Admin FK Unand

Admin FK Unand

avatar 1606916 960 720powered byQuis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.

22 Mei 2022

ENOL 2022

Padang (FK Unand) – Program Studi PPDS Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Unand melaksanakan Evaluasi Nasional On-line (ENOL) Kolegium Ilmu Kesehatan Anak Indonesia (KIKAI) secara On-line pada Jumat - Minggu (18-20 Februari).

Evaluasi Nasional On-line (ENOL) Kolegium Ilmu Kesehatan Anak Indonesia (KIKAI) merupakan Ujian Nasional bagi peserta PPDS Ilmu Kesehatan Anak dari seluruh Prodi PPDS Ilmu Kesehatan Anak yang ada di Indonesia. Pada periode ini Program Studi PPDS Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Unand mengirimkan 3 orang kandidat (dr. Ivanny Khosasih, dr. Farid Hussein dan dr. Ricco Azali).

 

Akibat kasus COVID-19 kembali meningkat, ujian nasional kali ini tetap dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom. Tim IT FK Unand, Laboran beserta panitia lainnya telah mempersiapkan segala kebutuhan untuk pelaksanaan ujian tersebut terutama dalam hal teknis seperti pengadaan kamera jauh dan kamera dekat dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh Kolegium Ilmu Kesehatan Anak Indonesia (KIKAI).  Hal yang tidak kalah penting dalam pelaksanaan ujian secara online ini adalah kestabilan jaringan internet agar ujian dapat berjalan dengan baik.

Pengumuman hasil ENOL dilaksanakan secara online pada akhir kegiatan. 68 orang kandidat Spesialis Anak baru dinyatakan lulus ujian kompetensi, termasuk ke 3 kandidat yang dikirim oleh bagian Ilmu Kesehatan Anak FK Unand. Hal yang berbeda dibanding pelaksanaan ENOL sebelumnya, kali ini FK Unand mengirimkan dr. Ricco Azali yang merupakan peserta program adaptasi lulusan luar negeri.

04 Desember 2021

Setiap tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional. Hal ini telah diprakarsai oleh Badan Perseriktan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 1992. Peringatan ini ditujukan untuk membuka wawasan masyarakat luas terkait masalah yang berkaitan dengan kehidupan penyandang disabilitas. Selain itu, peringatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup dan hak para disabilitas. Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional, Tim Disabilitas Universitas Andalas (UNAND) dan Universiti Sains Malaysia mengadakan webinar awam. Kegiatan kali ini mengusung “Kualitas hidup anak disabilitas dan tingkat stress pada orang tua berbasis Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat”.

Webinar ini diselenggarakan pada tanggal 4 Desember 2021 dengan melibatkan pembicara dari kedua belah pihak, UNAND dan UMS, dan juga pembicara dari dinas terkait yakni Dinas Sosial Kota Padang dan Dinas Pendidikan Kota Padang. Acara secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Dr. dr.  Afriwardi, Sp.KO, SH, MA. Webinar ini dimulai dengan opening speech dari Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH dan Rektor Universiti Sains Malaysia Professor Dato' Dr. Faisal Rafiq Mahammad Adikan, FASc.

Pendidikan pada anak disabilitas dipaparkan langsung oleh Adib Alfikri, S.E, M.Si selaku Ketua Dinas Pendidikan Sumbar. Terkait akses, keberlanjutan, dan optimalisasi rehabilitasi sosial penyandang disabilitas yang inklusif disampaikan oleh Mona Irawati Nasti, SKM, MH dari Dinas Sosial Kota Padang. Dari sisi medis, dr. Asrawati, M.Biomed, Sp.A(K) yang merupakan ketua Subbagian Tumbuh Kembang dan Pediatri Sosial FK UNAND/ RSUP Dr. M. Djamil Padang, menyajikan presentasi tentang kualitas hidup anak disabilitas. Aspek psikologis dalam pengasuhan pada anak berkebutuhan khusus juga dibahas pada webinar ini yang disajikan oleh Nila Anggreiny, M.Psi Psikolog yang merupakan dosen Psikologi FK UNAND. Selain membahas aspek medis dan psikologis, pada webinar ini juga dipaparkan mengenai pendekatan rehabilitasi medik pada anak penyandang disabilitas yang disampaikan oleh dr. Riri Prima Yolanda, Sp.KFR selaku Kepala Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP M.Djamil Padang.

Narasumber juga dihadirkan dari Universiti Sains Malaysia. Topik menarik mengenai rehablitas berbasis komunitas dibahas oleh Dr. M. Zulkifli Abdul Rahim dan panduan diet dan nutrisi untuk mencegah obesitas pada anak dengan disabilitas fisik dibahas dengan lugas oleh dr. Divya Vanoh, BSc. (Dietetics); MSc (Clinical Nutritionist), Ph.D (Dietetics). Acara ini dimoderatori oleh Dr. dr. Yaslinda Yaunin, Sp.KJ dari UNAND dan Associate Prof. Dr. Rosminah Mohamed dari UMS. Acara ini ditutup dengan Closing Speech yang disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Rizanda Machmud, M.Kes dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas. Lebih kurang 300 peserta dari kedua negara ikut berpartisipasi aktif pada webinar yang berlangsung setengah hari tersebut. Yang menarik lagi dari kegiatan ini, webinar ini juga dipandu dengan menggunakan bahasa isyarat Indonesia (BISINDO) yang dibawakan oleh Elvi Yenita dari Dinas Sosisl Kota Padang. Besar harapan agar dengan webinar awam ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kualitas hidup para penyandang disabilitas.

18 Mei 2022

Yudisium II Sarjana Tahun 2021

Acara penyerahan surat keterangan keahlian (Brevet) spesialis Ilmu Kesehatan Anak yang diadakan pada tanggal 18 desember 2021 pk 10.30 – 14.00 di Hotel Mercure dengan jumlah breveters sebanyak 13 orang.

Acara dihadiri oleh guru besar, konsulen pembimbing selama pendidikan spesialis anak, Kepala Program Studi Ilmu Kesehatan Anak, Kepala Bagian Ilmu Kesehatan Anak, dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, direktur RSUP DR. M Djamil Padang dan 300 tamu undangan. Berikut nama- nama penerima brevet Spesialis Ilmu Kesehatan Anak:

  1. dr. Irhamna Yusra, Sp.A
  2. dr. Devi Novriyanti M, Sp.A
  3. dr. M. Hafiz Nasrulloh, Sp.A
  4. dr. Prima Yosi, Sp.A
  5. dr. M. Luthfi Suhaimi, Sp.A
  6. dr. Andriani Liberti, Sp.A
  7. dr. Yoely Ardiansyah, Sp.A
  8. dr. Diska Yulia Trisiana, Sp.A
  9. dr. Nisa Haska Maulina, Sp.A
  10. dr. Riris Juita Julianty, Sp.A
  11. dr. Melisha Lisman Gaya, Sp.A
  12. dr. Tiara Ella Sari, Sp.A
  13. dr. Nolitriani, Sp.A

Acara berlangsung sangat hikmat dengan dipandu oleh MC dari residen ilmu Kesehatan anak dr. Iqbal Al Rasyid dan dr. Zikra Alfa Sani. Berikut susunan rundown acara:

  • Acara diawali dengan pembacaan Alquran oleh dokter muda Habib.
  • Pembacaan CV oleh SPS, Kata Sambutan oleh:
  • KPS IKA: Dr. dr. Rinang Mariko SpA (K)
  • Kepala Bagian: dr. Rusdi SpA(K)
  • Direktur RSUP M Djamil Padang yang diwakilkan oleh Ns Hendria Putra, M Kep, Sp. KMB
  • Dekan FK UNAND: Dr. dr. Afriwardi Sp.KO,
  • Penyerahan Brevet IKA oleh KPS
  • Penyerahan kenang-kenangan dari alumni kepada institusi (oleh: dr. M Hafiz Nasrullah, Sp.A)
  • Penyerahan Alumni kepada Ketua Alumni (dari KPS ke Ketua Alumni)
  • Kesan dan Pesan dari Perwakilan Spesialis baru (oleh: dr. M. Lutfi Suhaimi, Sp.A)
  • Pembacaan Doa : dr Imil Irsal Imran

Acara dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat dan acara tetap diikuti secara khidmat baik oleh breveters maupun undangan yang menghadiri acara. Pada acara ini, Kata sambutan disampaikan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dan dalam kata sambutannya Dekan berpesan agar breveters selalu ingat kepada almamater dimanapun berada, menjadi lulusan. yang dapat menggunakan kelimuan yang didapat dengan baik untuk menolong masyarakat dan tidak meninggalkan karakter Andalasian yang sudah ada pada breveters.(*)

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

11 Mei 2022

Yudisium II Sarjana Tahun 2021

Padang (FK Unand) - Sebanyak 114 Mahasiswa Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mengikuti prosesi Yudisium Program Sarjana Periode II Tahun 2022. pada Rabu (11/05). Prosesi ini berlangsung di Aula Student Center M. Syaaf Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Kampus Jati.

Mahasisa yang mengikuti yudisium kali ini berasal dari beberapa Program Studi Sarjana yang ada dilingkungan FK Unand yakni Prodi Pendidikan Dokter dengan gelar sarjana Kedokteran (S.Ked), Prodi Psikologi dengan gelar Sarjana Psikologi (S.Psi) dan Prodi Kebidanan dengan gelar Sarjana Kebidanan (S.Keb).

Yudisium ini dihadiri oleh Dekan FK Unand Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp.KO, MA, Wakil Dekan I FK Unand Dr. dr. Efrida, Sp.PK (K), M.Kes, Wakil Dekan II FK Unand dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, PhD, Wakil Dekan III dr. Hardisman, M.HID, DrPH. Med, serta Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi S1 Pendidikan Dokter, S1 Kebidanan dan S1 Psikologis.

Sebaran peserta Yudisium Periode II Tahun 2022 ini yaitu 77 mahasiwa dari Prodi Pendidikan Dokter, 17 mahasiswa dari Prodi Psikologi dan 20 mahasiswa dari Prodi Kebidanan. 

Bagi lulusan sarjana kedokteran dan sarjana kebidanan akan melanjutkan pendidikan pada tahap profesi selama 4 semester untuk menjalani siklus di berbagai Puskesmas dan RS Jejaring FK Unand untuk meraih gelar Dokter dimana suasana belajar yang akan dilalui sangat berbeda dengan tahap Pendidikan karena setiap mahasiswa akan ditempatkan di RS Jejaring.Hal yang suma juga berlaku bagi Sarjana Kebidanan (S.Keb) yang akan melanjutkan pendidikannya ke tahap Profesi Bidan selama 3 semester untuk menjalani siklus di berbagai Puskesmas dan RS Jejaring FK Unand untuk meraih gelar Bidan. Sedangkan untuk lulusan Sarjana Psikologi (S.Psi) dapat melanjutkan karir atau melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. 

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK