Indonesian English
Items filtered by date: September 2019
30 September 2019 In Berita dan Peristiwa

 PENGABDIAN MASYARAKAT LAMBUANG BUKIT TERKAIT STUNTING OK

              Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran FK Unand yang ke 55, Bagian Ilmu Kesehatan Anak mengirimkan 13 orang Dokter Spesialis Anak dan 22 orang dokter Program Pendidikan Spesialis Ilmu Kesehatan Anak untuk menggelar pengabdian masyarakat di Lambung Bukit, Pauh (Sabtu/ 28/09/2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Mushola Nurul Hidayah letaknya bertepatan di depan kantor lurah Lambung Bukit, Pauh, Padang. Para spesialis anak senior dr. Syamsir Daili, SpA(K), Prof. Darfioes Basir, SpA (K) dan dr. Firman Arbi SpA(K) turut mendampingi kegiatan ini sampai selesai.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini adanya growth faltering atau perlambatan pertumbuhan anak-anak di bawah 2 tahun, agar dapat dilakukan intervensi untuk mencegah terjadinya stunting (pendek)”, ujar Ketua Panitia dr. Fitrisia Amelin, SpA. “Kelurahan Lambung Bukik juga sudah ditunjuk menjadi daerah binaan Bagian Ilmu Kesehatan Anak dan diharapkan akan banyak masalah kesehatan anak yang dapat ditatalaksana bersama-sama”, ujar Sekretaris Bagian Anak Dr. dr. Rinang Mariko,SpA(K).

Antusias warga untuk mengikuti kegiatan bakti sosial sudah terlihat sejak pagi. Tercatat sebanyak anak kurang dari 3 tahun ada 33 orang dan anak diatas 3 tahun ada 22 orang didampingi oleh ibu masing – masing yang mengikuti pemeriksaan berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dan lingkar lengan disertai wawancara kuesioner penyebab growth faltering dan tumbuh kembang. Diharapkan dengan mengetahui status gizi, anak yang bermasalah bisa mendapatkan intervensi lebih awal secara tepat.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan yang diberikan oleh 4 dokter Spesialis Anak dari FK Unand/ RSUP Dr. M. Djamil Padang, Dr. dr. Rinang Mariko Sp.A (K) memberikan materi tentang Imunisasi, dr. Fitrisia Amelin Sp.A membawakan topik ASI Eksklusif, dr. Nice Rachmawati, SpA(K) penyuluhan tentang makanan pendamping ASI.  Penyuluhan kesehatan ditutup oleh dr.Asrawati Sp.A (K) yang membahas tentang topik tumbuh kembang anak. Terdapat 63 warga yang terdiri dari ibu bayi dan balita, ibu hamil, tokoh masyarakat dan kader posyandu yang mengikuti kegiatan penyuluhan hingga akhir.

             

Humas FK Unand

30 September 2019 In Berita dan Peristiwa

Mahasiswa Exchange 1 Sept 2019

Padang (  23/09/2019) Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mengirimkan mahasiswanya atas nama Muhammad Gilang Dwi Putra dan Fatimah Az Zahra mengikuti Profesional dan Research Exchange Program melalui organisasi CIMSA (Center for Indonedian Medical Students' Activities). Melalui program ini, mahasiswa tersebut akan mengikuti riset (Research Exchange) dalam waktu 1 Bulan di negara tujuan.

Exchange Student 2

Disamping mengikuti riset, outgoing juga belajar budaya negara tujuan serta sistem pembelajarannya. Melalui program ini juga diharapkan selama sebulan kedepan outgoing dapat membawa ilmu yang berguna saat kembali ke Indoensia serta memiliki koneksi secara internasional dengan mahasiswa kedokteran lain sedunia.

Keberangkatan Muhammad Gilang Dwi Putra dan Fatimah Az Zahra sebagai outgoing dilepas oleh Dr. dr. Netti Suharti, M.Kes selaku Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Pihak fakultas berharap agar outgoing dapat mengharumkan nama Fakultas Kedokteran Universitas Andalas selama kegiatan ini berlangsung. 

27 September 2019 In Berita dan Peristiwa

 Pelepasan Mhasiswa FK ke Sumanik Batusangkar

 

  Padang (20-22/09/2019) dalam rangka Dies Natalis FK Unand dan Tri Dharma Perguruan tinggi bisa diterapkan  di tengah-tengah kehidupan masyarakat di daerah Sumanik, Batusangkar, FK Unand gelar kegiatan Aesculapius Tents. Kegiatan ini merupakan bentuk aplikasi mahasiswa dalam memahami makna Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mampu menerapkan dalam kehidupan nya sehari-hari. Dekan FK Unand secara resmi melepas mahasiswa FK Unand angkatan 2019 ke Sumanik Batusangkar  (September 2019) di ruang Rapat LT 4 FK Unand Limau Manis di ikuti oleh kurang lebih 417 orang mahasiswa FK yang tergabung dalam tiga Prodi : Kebidanan,Pendok, dan  Psikologi. Mahasiswa bergabung, berinteraksi dan beberapa menginap di rumah warga sekitar lokasi kegiatan.

AT SUMANIK BATU SANGKAR

        Dalam sambutan Dekan DR.dr.Wirsma Arif Harahap,Sp.B (K) Onk sampaikan kepada Mahasiswa supaya bisa mempelajari lingkungan sekitar,  dan kehidupan sosial masyarakat. Dekan menyampaikan kalau seorang mahasiswa FK seyogya nya mampu bersosialisasi dengan masyarakat karena terkait ke ilmuan mereka yang mesti berinteraksi atau berhadapan dengan pasien, mesti bisa berempati dengan kehidupan masyarakat. Mari menerapkan sikap yang baik ketengah-tengah kehidupan masyarakat. Jangan meninggalkan sampah di area pemukiman masyarakat karena aktifitas yang akan berlangsung atau selama kegiatan berlangsung. Diharapkan dengan kegiatan ini rasa persatuan di bawah wadah FK Unand terjaga baik. Mari jaga kebersihan. Jaga nama baik almamater. Kegiatan ini di agendakan selama dua hari (20-22/09/2019).

 

        Dekan berharap selama kegiatan ini berlangsung pembinaan kharakter mahasiswa bisa di laksanakan dengan baik melalui kegiatan ibadah, sikap berempati dengan kehidupan masyarakat, dan kemampuan berinteraksi dengan kehidupan sosial masyarakat mampu menjawab polemik kehidupan sosial mahasiswa dalam memahami kehidupan masyarakat. Antipati dirobah jadi simpati. Mampu bersikap normatif terhadap peraturan yang di laksanakan di kehidupan masyarakat dan adaptif terhadap segala fenomena kehidupan masyarakat.

                Dies Natalis FK Unand,Semoga Berjaya dan Tetap Maju !

 

 

PICT FK UA

26 September 2019 In Berita dan Peristiwa

 Rektor Unand Ajak Civitas Akademika Unand Agar Tetap Menjaga Kondisi Kampus Tetap Kondusif

 

Padang (Unand) – Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengajak seluruh civitas akademika Unand untuk tetap menjaga kondisi kampus agar tetap kondusif. Hal ini disampaikan Rektor pada kegiatan Coffee Morning pada Kamis (26/9) di Ruang Rapat Dekanat Fakultas Kedokteran Unand Kampus Limau Manis Padang yang juga diikuti oleh seluruh Pimpinan Unand yaitu Dekan, Direktur, Ketua Lembaga dan Kepala Biro di lingkungan Unand. 

Hal ini terkait maraknya informasi yang beredar disosial media terkait ajakan berpartisipasi dalam aksi demo mahasiswa pada tanggal 24 dan 25 September 2019 yang lalu. Ia menegaskan bahwa aktifitas tersebut bersifat pribadi dan diluar tanggungjawab institusi.

“Pimpinan Unand tidak pernah menyuruh mahasiswa untuk melakukan aksi demo, jikapun ini dilaksanakan mahasiswa ini murni bersifat pribadi dan diluar tanggungjawab kami”ucapnya.

Ia juga menjelaskan pada tanggal tersebut Universitas Andalas tetap melaksanakan kegiatan akademik dan proses belajar mengajar sebagaimana biasanya tanpa meliburkan perkuliahan.

“Perkuliahan dilaksanakan sebagaimana biasanya, tidak ada perkuliahan diliburkan”tambahnya.

Ia menghimbau segenap civitas akademika Universitas Andalas untuk tidak terprovokasi dengan ajakan aksi demo. Dan mengajak segenap civitas akademika Universitas Andalas untuk terus menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban kampus serta menjaga supaya situasi tetap kondusif.

Dekan FK Unand DR.dr.Wirsma Arif Harahap,Sp(B)K Onk menyampaikan kalau proses perpindahan FK Unand sudah hampir rampung 90 persen di Limau Manis. Dekan FK Unand sampaikan permohonan maaf Dekan kepada segenap tamu yang hadir terkait kekurangan pelayanan dan kalau sekira nya masih belum maksimal. Selain meningkatkan rasa silaturahim.mari jaga kekompakan antar segenap civitas akademika tetap berkolaborasi demi Unand lebih baik.Semoga

 

Humas dan FK Unand 

Halaman 1 dari 4