Indonesian English
Items filtered by date: Agustus 2019
29 Agustus 2019 In Berita

Unand Kirim 9 Tim ke PIMNAS 32 di Bali

 

Padang (Unand) – Universitas Andalas mengirimkan Sembilan tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang ke 32 di Universitas Udayana Bali 27-31 Agustus 2019.

“Kesembilan tim ini akan berangkat besok menuju Bali,” ungkap Dr. Eng Rahmadi Kurnia asisten Wakil Rektor III Universitas Andalas saat pelepasan mahasiswa PIMNAS di ruang Studio Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Kampus Unand Limau Manis Padang Senin (26/8).

Dikatakannya Sembilan ini terdiri dari 27 mahasiswa, dimana disetiap tim terdapat beberapa mahasiswa dan akan didampingi oleh dosen pembimbing masing-masing.

Lebih lanjut, ia menyampaikan Sembilan proposal yang lolos PIMNAS ini yakni MASS "Machine-Stopping System" Solusi Otomatis untuk Menghindari Kelebihan Muatan pada Kendaraan, Si Buyuang (Ensiklopedia Budaya Minangkabau) sebagai Penunjang Belajar Mengajar Budaya Alam Minangkabau, Barcode DNA "Bonita" (Panthera tigris sumatrae) Sebagai Acuan Konservasi Harimau Sumatera), Efek Ekstrak Fukosantin dari Mikroalga Scenedesmus dimorphus terhadap Aktivitas Anti-Obesitas.

Kemudian Efesiensi Penggunaan Pupuk Menggunakan Spesies LCC Lokal di Perkebunan Kelapa Sawit Kabupaten Dharmasraya, Modifikasi Zat Warna Kerangka Sianidin untuk Meningkatkan Performa Dye Sensitized Solar Cells.

Selanjutnya Penjernihan minyak biji karet dengan menggunakan berbagai konsentrasi bentonit yang diaktivasi dengan asam sulfat (h2so4), Produk Bakteriosin dari Probiotik Virgin Coconut Oil (VCO) Fermentasi sebagai Pengawet Alami Ikan Basah pembimbing dan FATIMAH (Fast Tea Pickers Machine) Solusi Permasalahan Pemetikan Teh di Kabupaten Solok.

Ia juga mengatakan telah melakukan berbagai persiapan dan pembinaan kepada mahasiswa-mahasiswa yang akan mengikuti PIMNAS ini oleh Dosen Pembimbingnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MSc mengatakan PIMNAS itu (menjadi) upaya dalam membangun SDM Unggul dan utuh dalam arti mahasiswa berkompetisi tidak dalam kemampuan hard skill saja tetapi juga soft skill dan aspek-aspek lain terkait leaderhsip.

Dikatakannya sesuai dengan tema yang diusung saat ini yaitu “Mewujudkan mahasiswa Indonesia yang kreatif, inovatif, unggul, dan mandiri berlandaskan budaya nasional dalam bingkai kebhinekaan”.

Menurutnya melalui PIMNAS inilah semua ide, konsep dan karya-karya mahasiswa dipertemukan, dipersentasikan, dibahas dan dinilai oleh dewan juri kemudian diterapkan dan diaplikasikan ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

Selain itu, ia menyampaikan dalam PIMNAS kepercayaan diri menjadi hal yang sangat penting. “Kepercayaan diri akan muncul kalau kita menguasai materi,” jelasnya.

Ia berharap kesembilan tim ini mampu mendapatkan hasil terbaik, pasang niat dengan baik dan diskusikan dengan dosen pembimbing kalau ada hal-hal yang masih diragukan.

Disampaikannya tahun sekarang Universitas Andalas hanya mengutuskan beberapa tim (judul) dibandingkan tahun kemarin karena PIMNAS juga melibatkan Perguruan Tinggi Swasta sehingga Perguruan Tinggi penerima menjadi lebih banyak sedangkan dana yang tersedia sama.

“Peserta PIMNAS ke-32 berasal dari 126 perguruan tinggi seluruh Indonesia di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenrsitekdikti), yang terdiri dari 70 Perguruan Tinggi Negeri dan 56 Perguruan Tinggi Swasta yang akan mempresentasikan 460 judul karya ilmiah dan dinilai oleh 71 orang juri,” ujarnya.

Ia berpesan untuk tetap menjaga kekompakan, kebersamaan serta disiplin diri dan yang paling penting menjaga nama baik universitas.(*).

 

humas

26 Agustus 2019 In Berita

Wisuda III, Unand Luluskan 1.628 Wisudawan

 

Padang (Unand) – Universitas Andalas kembali meluluskan mahasiswanya sebanyak 1.628 wisudawan pada wisuda III yang digelar di Gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang, Sabtu (24/8).

Kepala Bagian Akademik Universitas Andalas Joni Syahril, SH, MM mengatakan wisuda III yang digelar selama dua hari ini meluluskan wisudawan sebanyak 1.628 mulai dari program Diploma, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor.

“Untuk wisuda program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor pelaksanaan wisudanya telah digelar kemarin Jumat (23/8) sedangkan untuk hari ini khusus untuk program Diploma dan Sarjana (S1),” ujarnya.

Dikatakannya dengan digelarnya wisuda hari ini jumlah alumni Universitas Andalas mencapai 129.128 orang dari semenjak berdirinya.

Disetiap pelaksanaan wisuda dikatakannya Universitas Andalas selalu memberikan penghargaan kepada mahasiswa-mahasiswa dengan lulusan terbaik dari setiap fakultas serta kepada Bintang Aktivis Kampus dan juga lulusan terbaik dari mahasiswa luar negeri.

“Fakultas ekonomi menjadi penyumbang terbanyak dalam wisuda ini yakni sebanyak 268 wisudawan (Diploma + Strata 1) diikuti oleh fakultas Teknik sebanyak 140 wisudawan,” sebutnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mendoakan semoga keberhasilan yang telah dicapai dapat mengantarkan pada kehidupan yang lebih baik, membaktikan diri untuk kepentingan keluarga dan memberi kontribusi yang besar untuk kemajuan bangsa dalam berbagai aspek kehidupan di masa mendatang. 

Ia juga mengharapkan kepada para lulusan agar terus  menjaga nama baik dan reputasi almamater.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan untuk sukses mendapat pekerjaan yang baik atau menciptakan lapangan pekerjaan sendiri diperlukan kemampuan atau keterampilan lain yang dapat menempatkan diri lebih unggul dari pada kompetitor. 

Oleh sebab itu, ia mengharapkan kemampuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memberi nilai tambah bagi setiap pribadi harus ditingkatkan dan dikembangkan sampai mencapai prestasi atau karir tertinggi di bidang atau pekerjaan yang ditekuni.(*).

 

Humas 

23 Agustus 2019 In Berita

Kuliah Umum di Unand, Kepala BNPT Rangkul Anak Muda Bentuk Duta Damai

 

Padang (Unand) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, MH memberikan Kuliah Umum dihadapan civitas Akademika Universitas Andalas pada Kamis (22/8) yang berlangsung di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Kuliah umum ini mengusung tema “Resonansi Kebangsaan dan Bahaya serta Pencegahan Radikalisme dan Terorisme”.

Tampak hadir segenap unsure pimpinan di lingkungan Universitas Andalas diantaranya Ketua Majelis Guru Besar, Wakil Rektor, Senat, Dekan, Wakil Dekan, Biro hingga Kasubbag.

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengungkapkan pentingnya mengetahui bahaya dan pencegahan radikalisme karena seperti diketahui paham radikalisme muncul secara diam-diam, munculnya juga dilingkungan pendidikan termasuk perguruan tinggi.

“Munculnya secara diam-diam dan dampaknya berbahaya karena bisa merubah empat pilar kebangsaan yakni, Pancasila, NKRI, Undang-Undang dan Bhineka Tunggal Ika,” sambungnya.

Ia juga mengingatkan mahasiswanya untuk mematuhi aturan-aturan yang telah dibuat yaitu tidak mengikuti dan tidak terlibat narkoba, LGBT, paham-paham yang dilarang. 

Sementara itu, Kepala BNPT Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, MH mengatakan pihaknya terus berupaya untuk melakukan program – program yang bisa mengurangi dampak radikalisme terhadap generasi muda.

Salah satunya dengan merangkul anak muda usia 15-25 tahun dengan membentuk piece ambassador (duta damai).

Disampaikannya saat ini BNPT sudah memiliki 680 duta damai dari seluruh Indonesia termasuk juga Provinsi Sumatera Barat.

“Anak-anak yang berusia 15-25 tahun ini direkrut dan didik serta dilatih meliputi IT, Design Grafis maupun juga penulisan blog yang dapat menunjang kebutuhan untuk desiminasi informasi di dunia maya (media social),” jelasnya.

Menurutnya, kalau yang disasar anak muda yang bisa menetralisir tentu anak muda juga dengan bahasa milenialnya untuk menyampaikan pesan-pesan damai.

“Karena kalau kita yang menyampaikan dengan bahasa-bahasa birokrat tidak bakal didengerin, nggak akan nyambung,” ungkapnya.

Saat ini ia juga merekrut anak-anak muda di Asean untuk menjadi duta damai yang dididik di Jakarta, kedepan ia ingin membentuk duta damai dari seluruh Negara yang ada di dunia.

Disamping membentuk duta damai, BNPT juga memeliki Pusat Media Damai (PMD) untuk menciptakan perdamaian di dunia maya.(*).

 

Humas 

20 Agustus 2019 In Berita

 
SPH 3

 

 

Kepada Yth : Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar
                

                      di

                       Tempat.

 

                     Dengan Hormat,

 

                     Sebelumnya kami do'akan semoga Bapak / Ibu selalu dalam lindungan dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Amiin

 

                     Dengan ini kami mengajukan  permohonan Kepada Bapak/ Ibu Kepala Dinas untuk memberikan kesempatan kepada Dokter Spesialis NON ASN  yang telah selesai melaksanakan Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS) untuk bisa bekerjasama sebagai dokter Spesialis Full Timer di Semen Padang Hospital. Dapat disampaikan kebutuhan dokter spesialis tersebut adalah sebagai berikut:

                     Baca selengkap nya : Permohonan Permintaan Kerjasama Dokter Spesialis

 

 

 

Pebriyantoson,SS