Indonesian English
Items filtered by date: Februari 2019
28 Februari 2019 In Berita

 

Pencegahan Stunting 2019

Pada tanggal 9,17, dan 24 Februari 2019 SCOPH CIMSA-BEM KM FK UNAND telah melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat di daerah Posyandu (Puskeskel) Mutiara 1 RW 01, Kel. Olo, Kec. Padang Barat, Kota Padang dengan nama kegiatan EINSTEIN. EINSTEIN ((Education for Preventing Stunting in Children) adalah sebuah Community Development yang dilakukan oleh SCOPH CIMSA-BEM KM FK UNAND bertujuan meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat mengenai malnutrisi dan stunting pada anak. Dengan jumlah panitia sebanyak 44 orang, dan dihadiri oleh Masyarakat sebanyak 58 orang.

Dalam pelaksanaannya SCOPH CIMSA UNAND mengadakan 3 kegiatan yaitu 1 kali Training kepada Member SCOPH dan 2 kali intervensi ke masyarakat sasaran. Pada intervensi 1 (training) yaitu pada Hari Jum’at, 9 Februari 2019 pukul 16.00 WIB di Gedung Kesekretariatan Kebidanan, member SCOPH CIMSA UNAND mendapat pembekalan berupa pemberian materi dari 2 orang narasumber, yaitu Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Pos Gizi, serta materi tentang Status Gizi Anak dan pencegahan Stunting yang disampaikan oleh dokter alumni SCOPH CIMSA UNAND. Pada kegiatan ini pula diadakan training mengenai cara melakukan pemeriksaan kesehatan seperti tekanan darah.

Pada Intervensi 2, yaitu pada HariPencegahan Stunting 2019 Minggu, 17 Februari 2019 di Puskeskel Mutiara 1 Kel. Olo member SCOPH melakukan pelatihan kader mengenai pos gizi, isi piringku, dan makanan B2SA serta melakukan pemeriksaan kesehatan berupa tekanan darah dan gula darah kepada masyarakat disekitar Puskeskel. Pada intervensi ini, diadakan pula diskusi program bersama kader dan stakeholder dan pembuatan Guideline mengenai Pos Gizi kepada kader.

Pada Intervensi 3, yaitu pada Hari Minggu, 24 Februari 2019 di Puskeskel Mutiara 1 Kel. Olo diadakan pendampingan kader dalam pemicuan serta penyuluhan mengenai Pos Gizi, Isi Piringku, dan Makanan B2SA serta dilaksanakan bonding ke masyarakat disekitar puskeskel berupa Lomba Memasak dan games kepada anak anak disekitar Puskeskel.

Diharapkan dari kegiatan SCOPH CIMSA UNAND melalui project EINSTEIN ini dapat memberikan dampak yang berarti terhadap masalah kesehatan gizi anak di Indonesia. Dan semoga dapat memandirikan komunitas daerah Posyandu (Puskeskel) Mutiara 1 RW 01, Kel. Olo, Kec. Padang Barat, Kota Padang  untuk dapat menerapkan pemberian gizi yang baik pada anak demi mencegah stunting kedepannya. Masyarakat Sehat Negara Kuat!

 

Pebriyantoson,SS

27 Februari 2019 In Berita

Implementasikan KA Bagi Semua Civitas, Unand Adakan Lokakarya

Padang (Unand) – Karakter Andalasian (KA) selalu diberikan kepada mahasiswa baru Universitas Andalas selama dua hari persetiap gelombang baik itu jalur SNMPTN, SBMPTN maupun Mandiri semenjak tahun 2015.

Beranjak dari sana melalui lokakarya ini diharapkan implementasi Karakter Andalasian betul-betul dilaksanakan bagi semua civitas baik pimpinan, mahasiswa, karyawan dan juga dosen di lingkungan Universitas Andalas,” ungkap Wakil Rektor Universitas Andalas III Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MSc saat memberikan sambutan.

Lokakarya ini berlangsung di ruang seminar Perpustakaan Universitas Andalas lantai 5 pada Rabu (27/2) yang dihadiri segenap unsur pimpinan, mulai dari wakil dekan I, Wakil Dekan III, Kepala Jurusan dan tim trainer Karakter Andalasian hingga Kasubbag. 

Disampaikannya secara umum karakter ini mengajarkan SEJATI yakni, Sabar, Empati, Jujur, Adil, Tanggung Jawab dan Iklas.

Karakter ini dikatakannya dirancang secara seksama dengan memadukan nilai-nilai dan etika agar karakter yang diharapkan dapat terbentuk pada setiap lulusan.

“Dalam pembentukan karakter ini hal yang utama dilakukan adalah memberikan pemahaman atas karakter andalasian bagi semua warga Universitas Andalas,” ungkapnya.

Sebab menurutnya, implementasi ini tidak akan berhasil kalau tidak saling mendukung baik itu di kegiatan akademik maupun juga pelayanan ditingkat universitas atau di fakultas masing-masing.

Ia berharap karakter andalasian ini dapat menjadi core value yang di anut oleh warga Universitas Andalas dan menjadi sumber inspirasi member warna disetiap aspek sikap, prilaku dalam berfikir, berbuat ataupun bertindak.

Sebelum lokakarya ini juga telah dilaksanakan pelatihan asisten trainer bagi mahasiswa Universitas Andalas dari masing-masing fakultas sebanyak 100 mahasiswa.

Sementara itu, Ketua Tim Trainer Karakter Andalasian Henmaidi, Ph. D mengatakan karakter hanya akan terbentuk kalau lingkungannya yang cocok. Dicontohkannya seperti ikan mujair tidak akan cocok kalau ditempatkan dilaut begitupun sebaliknya. 

Salah satu bagian dari SEJATI yakni karakter sabar, karakter sabar ini dikatakannya tidak akan tumbuh kalau dilingkungan tersebut tidak menerapkannya, umpamanya dirumah orang tua pemarah, dikampus pembimbing pemarah begitupun juga senior pemarah,

“Makanya, dibutuhkan lingkungan yang mendukung untuk menerapkan karakter SEJATI ini, dimulai dari pemangku kepentingan, dosen, karyawan hingga mahasiswa,” ucapnya.

Disampaikannya ketika ada satu pihak mempunyai karakter jelek dan karakter jelek ini diikuti oleh orang lain maka inilah yang akan menghancurkan kehidupan tetapi kalau ada karakter yang baik dan karakter ini menular dan diikuti orang lain, inilah yang akan membangun kehidupan.

Dikatakannya untuk memperbaiki negara maka terlebih dahulu perbaikilah karakter warganya.

 

Humas 

26 Februari 2019 In Berita

SOLO BASKET BALL CUP 2019 FINAL

Pada  (10/02/2019) rangkaian kegiatan  SOLO MEDICAL CUP 2019 (SMC 2019) yang merupakan agenda tahunan Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret ( FK UNS ) dengan tema "NEURO". Tujuannya menjalin hubungan silaturahmi dan menumbuhkan jiwa kompetitif semangat sportifitas antar sesama mahasiswa Kedokteran se-Indonesia. Cabang perlombaan SMC 2019 adalah kompetisi basket, futsal antar FK dan FKG se-Indonesia, Kompetisi basket antar pelajar SMA se- Surakarta dan Yogyakarta, Kompetisi futsal antar pelajar SMA se-Kerisidenan Surakarta.

Pada SMC 2019 kali ini FK UNAND mengirimkan 2 tim yaitu tim basket putra dan tim futsal putra. Tim basket putra FK UNAND mengutus 10 orang delegasi, 1 pelatih, dan 1 official yaitu Nugraha Adya Putra Tarsa, Fadhil Alwan, Arfozha Radya Gruveno, M. Fatkhi, Ahmad Iskandar Ramadhani, M. Ikhlasul Amal Eel Taslim, M. Luthfi Munadhil, M. Muhtadi Taufik, Arif Rasyidi Kurniawan, dan Fikri Fadhillah. Pelatih yaitu Akhiro Murio dan official yaitu dr. Roby Putrama.

Pada Minggu pertama kompetisi,  melawan juara bertahan yaitu FK Universitas Lambung Mangkurat, pertandingan sangat sengit, kejar mengejar skor terjadi di pertandingan tersebut, dengan skor akhir 28-30 untuk kemenangan FK UNLAM.

Pada hari Rabu, FK Unand bertanding melawan FK UNS B yang merupakan tim kedua tuan rumah. Alhamdulillah FK UNAND memenangkan pertandingan dengan skor 32-27. Keesokan harinya, tim melakoni pertandingan grup terakhir melawan FKG UGM. Tim harus memenangkan pertandingan ini untuk memastikan lolos ke semifinal sebagai runner-up grup B, dan Alhamdulillah optimisme meyakinkan dengan skor 42-18 untuk kemenangan FK UNAND.

Pada Jum'at, Semifinal pertama antara FK Universitas Islam Sultan Agung dan FK Universitas Lambung Mangkurat digelar pada pagi harinya, pertandingan berjalan sengit dan sebagai pemenangnya FK UNLAM dengan skor 39-35. Semifinal kedua antara FK UNAND dan FK UNS A yang merupakan tim inti tuan rumah digelar setelah shalat Jum'at. Tim memandang pertandingan dengan optimis dan persiapan yang cukup matang. Pertandingan pun dimulai, penonton tuan rumah terus bersorak mendukung tim kesayangan mereka tetapi tim tetap fokus sampai quarter pertama berakhir dengan skor 12-8 untuk keunggulan FK UNS. Pada quarter kedua tim berakhir dengan skor 31-14 untuk keunggulan FK UNS. Quarter ketiga pun berakhir untuk keunggulan FK UNS dengan skor 48-29. Pada Quarter keempat berakhir dengan skor 66-32  untuk kemenangan FK UNS.

 Hari terakhir kompetisi basket SMC 2019 dimulai dengan Final basket putri tingkat universitas antara FK UNS dan FK UII yang dimenangkan oleh FK UNS dengan skor 36-6. Dilanjutkan dengan perebutan juara 3 basket putra tingkat SMA antara SMA 1 Muhammadiyah Surakarta dan SMA Warga Surakarta yang dimenangkan oleh SMA Warga Surakarta dengan skor 88-36. Pagi harinya tim FK Unand melakukan briefing persiapan untuk melakoni laga pamungkas melawan FK UNISSULA pada jam 1 siang. Pertandingan pun dimulai, quarter pertama berjalan dengan sengit karena kedua tim sama-sama bermain bagus, Q1 berakhir dengan skor imbang 18-18. Quarter kedua tidak kalah sengit dari quarter pertama, FK UNISSULA sempat unggul jauh namun FK UNAND berhasil mengejar diakhir quarter kedua, Q2 berakhir dengan skor 34-32 untuk keunggulan FK UNISSULA. Quarter 3 pun dimulai, tim memulai dengan bagus, menekan tim lawan, dan defense juga bagus, alhasil quarter 3 berakhir untuk  keunggulan FK UNAND dengan skor 50-45. Pada Quarter 4 tim semakin optimis, semakin semangat, dan semakin tenang dalam bermain, tim mencoba menjaga margin sambil terus menambah margin yang sudah ada, diakhir quarter 4 tim bermain dengan sedikit irama lambat untuk strategi kemenangan tim. Quarter 4 pun berakhir dengan skor 72-62 untuk kemenangan FK UNAND. Ajang ini meloloskan tim Basket  FK unand meraih posisi juara 3, juara 2 di raih oleh FK Universitas Lambung Mangkurat, dan sedangkan juara 1 diraih oleh FK UNS selaku tuan rumah. Semoga pada tahun mendatang  raihan perolehan ini lebih baik lagi demi  nama baik FK Unand. Jayalah!.

 

Pebriyantoson,SS

25 Februari 2019 In Berita

 

Unand Wisuda 1.079 Lulusan Diploma hingga S1

 

Padang (Unand) - Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mewisuda lulusan program Diploma (DIII) hingga Sarjana (S1) sebanyak 1.079 wisudawan pada Sabtu (23/2) di Gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang.

Sebelumnya juga telah dilaksanakan prosesi wisuda bagi program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor dengan meluluskan 414 wisudawan pada Jumat (22/2) kemarin.

“Dengan dilaksanakannya prosesi wisuda I ini Universitas Andalas telah menghasilkan alumni sebanyak 126.368 orang yang tersebar diseluruh dunia,” ujar Rektor.

Ia mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Andalas baik yang mengambil program Diploma, Strata 1 hingga program Doktor.

Disampaikannya pada tanggal 25-27 November 2018 beberapa bulan yang lalu Universitas Andalas divisitasi akreditasi Institusi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Alhamdulilah Universitas Andalas mampu mempertahankan Akreditasi Institusi nya yaitu Akreditasi “A”.

“Universitas Andalas masih terus membuat rencana secara kontinyu, berupaya melakukan yang terbaik, dan memohon dukungan seluruh alumni dan keluarga besar Unand serta dukungan seluruh masyarakat untuk bersinergi,” unggkapnya.

Dikatakannya momentum kali ini merupakan saat yang tepat untuk melakukan refleksi atas kontribusi nyata pendidikan tinggi dalam pembangunan bangsa secara keseluruhan. 

“Kendati masih harus menyelesaikan berbagai permasalahan pengelolaan internal seperti upaya penjaminan mutu pelaksanaan pendidikan, perguruan tinggi seyogyanya sudah harus lebih banyak mendorong sikap outward looking guna memberikan kontribusi yang lebih nyata dalam pembangunan dan Teknologi,” ujarnya.

Ia mengharapkan pada semua lulusan supaya merobah orietasinya dari job seeker menjadi job creator atau menjadi enterprenuer. 

Fakultas Ekonomi menjadi penyumbang lulusan terbanyak pada wisuda I kali ini untuk program Diploma dan S1, untuk S1 meluluskan 189 wisudawan sedangkan untuk program Diploma sebanyak 15 wisudawan.

Universitas Andalas juga memberikan penghargaan kepada lulusan terbaik dari masing-masing fakultas serta juga kepada Bintang Aktivis Kampus (BAK).(*)

 

Humas