Indonesian English
Items filtered by date: November 2019
29 November 2019 In Berita dan Peristiwa

 

Berdasarkan Pengumuman Rektor Unand Nomor: 223/UN16.R/KP/2019 Tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Formasi Pendidikan Tinggi: Universitas Andalas Tahun 2019, meneruskan Pengumunan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 131557/A.A3/KP/2019, Universitas Andalas akan menerima CPNS sebanyak 36 Formasi Dosen dengan kualifikasi pendidikan S3, S2, dan Spesialis-1 sebagaimana terlampir.

Terkait dengan alokasi formasi yang dibutuhkan, persyaratan dan tata cara pendaftaran dapat dilihat pada laman https://cpns.kemdikbud.go.id/

Pendaftaran melalui CPNS Online di portal nasional (https://sscasn.bkn.go.id/) paling lambat tanggal 5 Desember 2019. 

Pelamar diharapkan selalu mamantau perkembangan informasi terkait seleksi CPNS pada laman https://cpns.kemdikbud.go.id/ dan https://unand.ac.id/.

Berikut kami informasikan Formasi CPNS UNAND yang belum ada pelamar per tanggal 27 November 2019 sebanyak 17 Formasi dengan rincian sebagai berikut: 

 

Demikian Pengumuman ini disampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. 

Padang, 28 November 2019

Rektor Universitas Andalas

Lampiran: 

1. Pengumuman Rektor Universitas Andalas Nomor: 223/UN16.R/KP/2019

2. Pengumunan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 131557/A.A3/KP/2019

3. Format Surat Lamaran 

4. Format Surat Pernyataan 

5. Lampiran Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS Kemendikbud Formasi Pendidikan Tinggi 

6. Perubahan Pengumuman Nomor 126533/A.A3/KP/2019 Tentang Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019

7. Rekapitulasi Formasi CPNS UNAND 2019 yang belum ada pelamar

Catatan Khusus: 

Pelamar wajib mengunggah dokumen persyaratan sesuai dengan pengumuman Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 131557/A.A3/KP/2019 yakni mengunggah ijazah asli, dengan ketentuan:

1. Bagi pelamar formasi jabatan Dosen Asisten Ahli mengunggah dokumen ijazah asli jenjang: S-1/D-IV s/d S-2/Spesialis,

2. Bagi pelamar formasi jabatan Dosen Lektor mengunggah dokumen ijazah asli: jenjang S-1/D-IV s/d S-3.

3. Melampirkan ijazah S1

 

Kontak/CP : 081374137929 (Chalid)

 

Humas Tim

28 November 2019 In Berita dan Peristiwa

 

 DM CIMSA OK

Diabetes meliputi 70% dari total kematian di dunia dan lebih dari setengah beban penyakit. 90-95% dari kasus Diabetes adalah Diabetes Tipe 2 yang sebagian besar dapat dicegah karena disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. WHO menargetkan untuk menghentikan peningkatan kejadian diabetes dan obesitas pada tahun 2025  (WHO Global Report on Diebetes, 2016). Dewasa ini  ada sekitar 422 juta orang penyandang diabetes  yang berusia di atas 18 tahun di seluruh dunia atau 8,5% dari penduduk dunia. Namun 1 dari 2 orang dengan Diabetes tidak tahu bahwa dia penyandang Diabetes. Oleh karena itu, sering ditemukan penderita Diabetes pada tahap  lanjut dengan  komplikasi seperti; serangan jantung, stroke, infeksi kaki yang berat dan berisiko  amputasi, serta  gagal ginjal stadium akhir. (www.depkes.go.id, 2016).  Pada tahun 2017 jumlah kasus baru DM sebanyak 3.514 kasus dengan total jumlah kunjungan sebesar 18.973 orang. Selain itu, penyebab kematian terbanyak di Kota Padang  adalah karena faktor usia (Lansia) sebanyak 217, diikuti dengan penyakit Jantung (Penyakit Jantung Koroner) sebanyak 144 orang dan Diabetes Mellitus sebanyak 106 orang (Laporan Tahunan Dinas Kesehatan Kota Padang 2018).

Salah satu alasan masih tingginya prevalensi penderita penyakit diabetes di Kota Padang adalah masih kurangnya kepedulian masyarakat terhadap gaya hidup yang sehat serta jarang nya mengetahui kadar gula darahnya secara teratur. Oleh karena itu, SCOPH CIMSA-BEM KM FK UNAND mengangkat sebuah Project COOKIES sebagai kegiatan  promosi, edukasi, dan prevensi faktor risiko diabetes beserta komplikasinya kepada masyarakat Kota Padang dalam rangka peringatan World Diabetes Day (WDD) serta menggalakkan GERMAS dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN). Dengan dilakukannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatnya kesadaran masyarakat tentang faktor risiko dan komplikasi diabetes sehingga terus berupaya menjalankan kegiatan aktif preventif diabetes untuk menurunkan penderita diabetes dan mencegah pertambahan jumlah penderita diabetes dengan komplikasi serta mampu menerapkan gaya hidup sehat sesuai dengan poin-poin dalam GERMAS.

Pada hari Minggu, 17 November 2019 di CFD Jl.Khatib Sulaiman, lapangan BAKEUDA Provinsi Sumatera Barat, SCOPH CIMSA-BEM KM FK UNAND telah melaksanakan aktivitas COOKIES. Dalam aktivitas ini, dilakukan senam pagi bersama masyarakat, screening dan pemeriksaan kesehatan (anamnesis, gula darah, tekanan darah, dan konsultasi kesehatan), ground campaign melalui media poster untuk edukasi pencegahan faktor risiko diabetes dan komplikasinya, modifikasi gaya hidup untuk pencegahan diabetes dan komplikasinya, serta memberi edukasi mengenai GERMAS. Aktivitas ini didukung dan disupervisi langsung oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat serta bekerjasama dengan organisasi ALSA (Asian Law Students Association) chapter UNAND dan unit PMI Kota Padang untuk mengadakan kegiatan donor darah. Acara berlangsung lancar, ramai, serta respon dari masyarakat sangat antusias dan member terlihat aktif dalam kegiatan tersebut. Setelah aktivitas ini, diharapkan masyarakat Kota Padang menjadi lebih aware terhadap faktor risiko diabetes sehingga mampu mencegah terjadinya penyakit tersebut, serta member SCOPH CIMSA-BEM KM FK UNAND semakin semangat dalam menjalankan aktivitas-aktivitas selanjutnya sehingga bisa memberi impact yang lebih baik lagi untuk masyarakat.

 

Dok Cimsa FK

28 November 2019 In Berita dan Peristiwa

 

Unand Gelar Pisah Sambut Rektor Baru

 

Padang (Unand) – Universitas Andalas menggelar acara pisah sambut Rektor yang baru periode 2019-2023 Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH dengan Rektor sebelumnya Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA (2015-2019).

Kegiatan yang berlangsung digedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang pada Rabu (27/11) dihadiri Ketua Mahkamah Konstitusi Dr. Anwar Usman, Hakim Konstitusi Prof. Saldi Isra, Bupati dan Walikota, Pimpinan Perguruan Tinggi se Sumatera Barat, mitra kerja, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya

“Sebenarnya kegiatan ini lebih tepatnya adalah untuk meningkatkan silaturrahmi, kalau pisah sambut seolah-olah saya berpisah dengan bapak-bapak, ibuk-ibuk semua,” unggkap Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA saat memberikan sambutan.

Dikatakannya sebenarnya saya dosen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas yang diberikan tugas tambahan sebagai Rektor selama empat tahun. “Jadi saya kembali ke basic yaitu mengajar sebagai dosen menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi yakni, pendidikan, pengajaran, penilitian dan pengabdian masyarakat,” sambungnya.

Disampaikannya ini merupakan momentum untuk meningkatkan silaturrahmi karena kebersamaan adalah fundamental dasar dalam suatu organisasi untuk bisa lebih cepat lagi maju kedepan.

Lebih lanjut, ia mengunggkapkan apa yang baik untuk dilanjutkan, apa yang belum selesai bisa juga dilanjutkan, apa yang kurang baik selama era kepemimpinan jangan diteruskan.

Ia juga menyampaikan ucapan maaf selama menjabat karena yang namanya manusia tentu ada kekurangannya, mari bersama-sama untuk bisa menjadikan Universitas Andalas lebih baik kedepannya karena tantangan kedepan akan lebih berat.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas mengucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya sebab ia tahu menyandang amanah bukanlah pekerjaan yang ringan, ia berharap dukungan semua pihak tetap mengalir hingga waktu menjalankan amanah ini berakhir. 

Ia meyakini sehebat apapun kepemimpinan tidak akan berhasil jika tidak didukung semua komponen yang ada. Oleh karena itu, disampaikannya secara tulus kepada seluruh civitas akademika Universitas Andalas agar dapat bersama-sama dan saling bergadendengan tangan untuk terus memajukan universitas tercinta ini.

Saat ini disampaikannya akan fokus pada perbaikan dan penguatan tata kelola lembaga, peningkatan kualitas akademik dan peningkatan tata kelola lingkungan dan prasarana pendukung.

"Saya akan mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga demi kemajuan Universitas Andalas yang lebih baik lagi ke depannya,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan dukungan dan bantuan dari semua stakeholder, baik unsur pemerintah, masyarakat dan unsur lainnya dalam memajukan universitas ini.

Senada dengan itu, Ketua Mahkamah Konstitusi meyakini Universitas Andalas akan tetap berkibar dibawah kepemimpinan Prof Yuliandri.

Oleh karena itu, ia sangat berharap kerjasama yang telah dibangun selama ini baik oleh Rektor  sebeumnya agar bisa dilanjutkan oleh Rektor baru.

 

Humas

 

26 November 2019 In Berita dan Peristiwa

 

Mendikbud RI Nadiem Makarim Resmi Lantik Rektor Universitas Andalas Periode 2019-2023

 

Jakarta (Unand) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  Nadiem Makarim,BA, MBA resmi melantik Rektor Universitas Andalas Periode 2019-2023 Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH. Pria kelahiran Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar 18 Juli 1962 ini dilantik bersama dengan  Rektor Universitas Lampung dan Universitas Pattimura pada Senin (25/11) di Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jl. Jendral Sudirman, Jakarta. 

Mendikbud R.I. Nadiem Makarim dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas pengabdian, prestasi dan kerja keras Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA yang telah menyelesaikan masa tugas dengan baik sebagai Rektor Universitas Andalas Periode 2015-2019. Ia juga mengucapkan selamat bertugas kepada Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH  yang baru dilantik atas amanah yang diemban demikian berat untuk membangun Indonesia.

“Tugas Rektor memang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tapi yang terpenting adalah bagaimana Rektor mampu mencetak pemimpin masa depan”ucapnya

Ia juga mengingatkan agar Rektor bisa melakukan inventarisasi program studi yang tidak terserap oleh dunia kerja, sehingga lulusan tidak banyak menganggur, proaktif menyikapi perkembangan teknologi dan perkembangan industri, serta segera melakukan penyederhanaan birokrasi yang dinamis dan profesional dan mengajak bersama-sama membangun masa depan bangsa. 

Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Rektor Universitas Andalas Periode 2019-2023 ini, disamping dihadiri Pejabat Eselon I dan II Kemendikbud turut hadir Dr. Anwar Usman, Ketua Mahkamah Konstitusi R.I, Dr. Janedjri M Gafar Staf Ahli Menteri Agam Bidang Hukum dan HAM, Prof. Dr. Fasli Jalal Mantan Wamendikbud RI/Dewan Penyantun Universitas Andalas, H. Syahrul Ujud, SH Staf Khusus Wapres RI ke 12, Dr. Fahmi Idris, Ir. Firdaus HB, Drs. Andrinof Chaniago Komisaris Utama Bank Nagari, Dr. Asman Abnur Ketua IKA Unand, Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim,MS Mantan Rektor  Unand/Mantan Wamendikbud RI, Prof. Intan Ahmad Ketua Dewan Pengawas Universitas Andalas,  Prof.  Saldi Isra Hakim Mahkamah Konstitusi, Ketua Senat Akademik Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE, MA, Ketua Majelis Guru Besar Prof. Dr. Fauzan Azima, Wakil Rektor, Dekan di lingkungan Universitas Andalas, Kepala Biro Umum dan Sumber Daya, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, serta Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Universitas Andalas.

 

Humas tim

Halaman 1 dari 4