Indonesian English
Items filtered by date: Agustus 2018
31 Agustus 2018 In Berita

 

Trauma Healing Unand ke Lombok

 

Padang (Unand) - Universitas Andalas telah mengirimkan tenaga trauma healing dan ahli kontruksi tahan gempa untuk membantu korban bencana alam gempa bumi yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) akhir Juli dan awal Agustus lalu. 

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE MBA mengatakan bencana gempa bumi menguncang Lombok dan sekitarnya sehingga mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia, ratusan orang mengalami luku-luka dan ribuan rumah mengalami kerusakan.

“Maka dari itu Universitas Andalas mengirimkan tim trauma healing dan tenaga ahli kontruksi yang terdiri dari dosen dan mahasiswa sekaligus menyerahkan donasi yang sudah terkumpul untuk menguranggi beban dari korban bencana ini,” tuturnya.

Disampaikannya tim trauma healing ini bertujuan untuk membangun kembali mental para korban agar bisa menghilangkan traumanya.

Menurutnya trauma healing ini menjadi salah satu solusi untuk penanganan pksikologis yang dialami oleh korban terutama anak-anak agar tidak menjadi  trauma berkepanjangan.

“Tim ini berasal dari fakultas kedokteran Universitas Andalas,” sambungnya. 

Selain tim trauma healing Universitas Andalas juga mengirimkan tenaga ahli kontruksi  bangunan tahan gempa. 

Dikatakannya tim ini berasal dari fakultas teknik Universitas Andalas yang terdiri dari Dr. Febrin Anas Ismail, MT, Prof. Hakam dan Dr. Fauzan.

Pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dan juga Universitas Mataram untuk merealisasikan bangunan tahan gempa tersebut.

Ia mengajak untuk bersama-sama mendoakan saudara-saudara kita yang mengalami bencana musibah gempa bumi ini agar selalu dilindungi oleh Allah SWT dan di ringankan beban-bebannya.

 

 

Sumber : Humas Unand

 

29 Agustus 2018 In Berita

Lemhanas

Padang (Unand) – Peserta Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 58 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia yang di pimpin oleh Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, SE, MM Wakil Gubernur Lemhanas RI mengunjungi Universitas Andalas pada Selasa (28/8).

Kunjungan ini disambut langsung oleh Rektor Universitas Andalas bersama Wakil Rektor dan Unsur pimpinan di Ruang kerjanya yang kemudian dilanjutkan di ruang rapat Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang.

Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, SE, MM Wakil Gubernur Lemhanas RI mengatakan ia bersama rombongan sebanyak 25 orang yang terdiri dari TNI angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara, POLRI, kejaksaan, BUMN, Parpol dan Ormas.

“Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui atau bisa dikatakan dengan berdiskusi mengenai potensi, peluang dan situasi serta kendala yang ada di Universitas Andalas selain tupoksi dan factor- factor yang ada, yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi peserta/rombongan,” jelasnya.

Di Universitas Andalas sendiri sudah ada beberapa dosen atau guru besar yang menjadi alumni Lemhanas RI salah satunya dikatakannya yaitu Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, MP yang juga hadir dalam kegiatan ini.

Dikatakannya tahun ini ada 4 Provinsi di Indonesia yang dikunjunggi oleh SSDN PPRA Lemhanas RI dan Provinsi Sumatera Barat salah satu provinsi yang dipilih.

“Selain itu adalah Provinsi Sulawesi Utara Manado, Provinsi Bengkulu dan Gorontalo yang sudah dilaksanakan semenjak  tanggal 27-30 Agustus,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan Lemhanas merupakan suatu lembaga atau setingkat kementerian yang langsung berada dibawah Presiden Republik Indonesia dengan beberapa peran atau tugas utama diantaranya melaksanakan pendidikan bagi kader pimpinan tingkat nasional.

Dalam konteks pendidikan dikatakannya lemhanas RI menyiapkan kader dan memantapkan pimpinan lembaga  nasional yang berkeyakinan dengan pola pikir integratif dan professional.

“Disamping itu memiliki watak moral dan etika kebangsaan berwawasan nusantara serta memiliki pandangan yang universal serta juga menghasilkan pimpinan yang berkarakter negarawan dan berfikir secara konfrehensif,” terangnya.

Kemudian tugas selanjutnya disebutkannya sebagai lembaga yang menyelenggarakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang ditransfer atau berikan kepada daerah-daerah.

Ditambahkannya Lemhanas RI juga berperan sebagai lembaga yang menyelenggarakan kajian strategis mengenai berbagai permasalahan bangsa dalam lingkup nasional ataupun regional yang nantinya diberikan kepada presiden sebagai Policy Recommendation.

Ia berharap perlunya kerjasama antara Lemhanas dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek RI) dalam hal peluang para Guru Besar untuk mengikuti program di Lemhanas RI atau semacam MoU yang sudah dilakukannya dengan Universitas Sebelah Maret dengan memberikan kesempatan kepada Guru Besar untuk mengikuti kegiatan pendidikan di Lemhanas RI ataupun program pemantapan wawasan kebangsaan.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengucapkan selamat datang kepada Wakil Gubernur Lemhanas RI dan rombongan peserta SSDN PPRA 58 di Universitas Andalas.

Ia merasa bahagia karena dikunjunginya Universitas Andalas sebagai salah satu objek studi strategis dalam negeri Lemhanas RI. 

Dikatakannya dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkarakter Universitas Andalas selalu berupaya membentuk karakter mahasiswa yang dikenal dengan Karakter Andalasian.

“Karakter Andalasian ini mengandung nilai-nilai SEJATI yaitu, sabar, empati, jujur, adil, tanggungjawab dan iklas,” jelasnya.

Tetapi untuk mencapai itu membutuhkan proses yang terintegritas dari seluruh civitas akademika. “Langkah-langkah ini yang akan diciptakan bagaimana nantinya lulusan Universitas Andalas mampu berkompetisi secara nasional dan juga global tetapi mempunyai karakter yang berkesinambungan,” ungkapnya. 

Pembinaan karakter berkelanjutan ini salah satunya dibentuk melalui pembinaan yang berbasis asrama. Dikatakannya berbagai program di asrama yang dijalankan untuk membentuk karakter mahasiswa Universitas Andalas seperti pelatihan kepimpinan, shubuh mubaroqah, asrama mengaji dan lain sebagainya.

Hal yang sangat penting dalam pembentukan karakter ini diungkapkannya yaitu selalu bekerjasama dengan pihak-pihak dan juga alumni yang berhasil baik juga dari kepolisian dan Korem seperti mengenai bela Negara dan Wawasan Kebangsaan.

 

Sumber : Humas Unand

29 Agustus 2018 In Berita

 Incoming dari Mancanegara

Wakil dekan bidang Kemahasiswaan, DR. Dr. Netti Suharti, M. Kes kembali mengundang incoming student (mahasiswa pertukaran asing) pada hari Kamis, 23 Agustus 2018, bertempat di gedung dekanat, kampus Fakultas Kedokteran Universitas Andalas untuk menyambut dan sharing pengalaman dengan para mahasiswa pertukaran asing . Sebanyak 10 mahasiswa pertukaran asing datang ke Padang dibawah Organisasi Mahasiswa Center of Indonesian Medical Students Association (CIMSA) melalui program pertukaran mahasiswa profesi dokter yang diusung oleh Standing Committee on Professional Exchange (SCOPE) dan Standing Committee on Research Exchange (SCORE). 

Pertemuan ini dimulai dengan sesi perkenalan dari masing - masing incoming student, kemudian masing - masing incoming menceritakan pengalaman yang telah mereka dapatkan di RSUP Dr. M. Djamil Padang dan pembahasan mengenai keindahan alam dari Sumatera Barat yang telah dinikmati oleh para mahasiswa pertukaran. Mahasiswa pertukaran pelajar pun juga memberikan banyak kesan dan pesan bagi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas serta Kota Padang. Mereka berharap agar Padang tetap menjaga keindahan kotanya serta tetap menjadi kota yang ramah terhadap turis, terutama turis internasional.

Wakil dekan bidang kemahasiswaan berharap agar mahasiswa pertukaran asing dapat mengambil setiap pelajaran yang mereka dapatkan di rumah sakit serta Kota Padang. Dr. Netty juga mengharapkan agar setelah mahasiswa pertukaran asing kembali ke negara asalnya, mereka dapat memperkenalkan Indonesia ke setiap masing - masing negara sehingga kedatangan mahasiswa asing ke Fakultas Kedokteran semakin meningkat juga pertukaran ilmu antar negara juga semakin meningkat.

Pertemuan ditutup secara singkat dengan mahasiswa pertukaran asing, pihak kampus, maupun pihak CIMSA sendiri antusias dalam mengabadikan momen ini melalui pemberian kenang-kenangan dan foto bersama. 

 

Humas dan Multimedia FK Unand

27 Agustus 2018 In Berita

 

Diploma dan Sarjana

Padang (Unand) -  Universitas Andalas akan terus melakukan perbaikan proses pendidikan agar terjadi peningkatan kualitas pendidikan yang semakin berkualitas.

Hal itu diungkapkan Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA dalam pidato wisuda untuk program Diploma dan Sarjana pada Sabtu (25/8) di Gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang.

Dikatakannya untuk mendapatkan hasil atau ouput yang baik sudah barang tentu juga dibutuhkan input serta proses yang baik pula.

Seperti diketahui saat ini peringkat Universitas Andalas secara nasional berada pada peringkat ke 10 dan kluster pertama yang telah diumumkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia pada 17 Agustus yang lalu bertepatan dengan Hari Ulang Tahun RI yang ke 73.

Untuk menunjang hal tersebut berbagai pembangunan yang sedang dilakukan oleh Universitas Andalas diantaranya kerjasama Fakultas Peternakan dengan PT. Charoen Pokhpand membuat kandang Close House System, Fakultas hukum membuat labor hukum serta saat ini juga ada pembangunan PLMTH dan sumber air baku yaitu air bersih yang bisa langsung diminum serta penambahan rusunawa.

“Dalam meningkatkan kualitas ini Universitas Andalas dituntut supaya lebih cepat lagi sebab Universitas lain juga tidak akan mau kalah, kalau Universitas lain berjalan kita harusnya berlari dan kalaupun mereka berlari kita harusnya lari cepat atau sprint,” ungkapnya dihadapan wisudawan-wisudawati serta tamu undangan pada wisuda III Universitas Andalas.

Selain itu, ia juga menyampaikan pada awal tahun 2018 ini Program Studi (Prodi) Magister Managemen Universitas Andalas berhasil mendapatkan akreditasi Internasional dari The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization (ABEST 21) pada kegiatan General Assembly Meeting ABEST 21  di Tokyo, Jepang.

Ditambahkannya 2 minggu lalu untuk Prodi S1 seperti Akuntansi, Biologi dan Kedokteran telah  dilakukan assessment atau sertifikasi internasional oleh Asean University Network Quality Assurance (AUN QA) .

“Diharapkan dalam 2 bulan kedepan akan keluar hasilnya dan mudah-mudahan tiga prodi ini mendapatkan akreditasi internasional,” ujarnya.

Disamping itu, ia juga menyampaikan saat ini Universitas Andalas juga sudah mengajukan Akreditasi sertifikasi Internasional untuk institusi yang juga lagi menunggu hasil perengkingan.

Dengan meningkatkannya kualitas dari Universitas Andalas semakin dapat mempercepat menjadi World Class University (WCU).

Sementara itu Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Andalas Syafwardi, SE, MPd menyebutkan lulusan Universitas Andalas pada wisuda III 2018 program Sarjana dan Diploma sebanyak 1.270 orang.

“Sedangkan hari kemarin Jumat (24/8) wisuda Pascasarjana 2018 sebanyak 280,” jelasnya.

Dikatakannya dengan berlangsungnya wisuda ini alumni Universitas Andalas sudah mencapai 126.384 orang. 

Disamping itu Universitas Andalas juga memberikan penghargaan kepada Bintang Aktivis Kampus (BAK) dan lulusan terbaik lulusan terbaik kepada mahasiswa dari masing-masing fakultas.

Untuk lulusan terbaik diraih oleh Rima Finesha Triulina dari Fakultas Peternakan Universitas Andalas dengan Indeks Prestasi Komulataif (IPK) 3.90 lama studi 4 tahun 0 bulan predikat lulus dengan pujian.

Selain itu, Universitas Andalas juga memberikan penghargaan kepada lulusan terbaik kepada enam mahasiswa luar negeri yang berasal dari Malaysia yang mengambil Program Studi Pendidikan Dokter pada fakultas kedokteran. 

 

Sumber : Humas Unand