Indonesian English

Refa Rahmadiansyah, Mahasiswa FK Unand Terpilih Sebagai Mahasiswa Berprestasi Nasional 2021

14 September 2021

YUDISIUM DOKTER III

Padang (FK Unand) - Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Refa Rahmadiansyah, berhasil meraih gelar Juara 1 Kategori Sarjana Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional 2021.

Refa sukses menjadi mahasiswa berprestasi terbaik nasional usai menyisihkan 646 perwakilan mahasiswa terbaik dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Refa sendiri merupakan Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angakatan 2018 yang berasal dari Pesisir Selatan.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2021 merupakan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Program ini bertujuan untuk memfasilitasi kreativitas mahasiswa melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Para mahasiswa peserta Pilmapres 2021 mengajukan gagasan kreatif mereka dalam pembangunan untuk dinilai oleh dewan juri, seperti dilansir dari laman Kemendikbudristek.

Proses seleksi dilakukan melalui tahapan seleksi Desk Evaluation tahap 1 dan 2. Seleksi pertama dilakukan di 16 wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti). Kemudian, terpilih 15 mahasiswa terbaik dari masing-masing program untuk mengikuti babak finalis yang diselenggarakan secara daring, 7-9 September 2021 lalu.

Dalam kompetisi ini Refa mengajukan gagasan kreatif Gagasan Kreatif atau Karya Ilmiah berjudul “Bioaktivitas Isolat Katekin Gambir sebagai Terapi pada Kanker Paru dalam Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”

Sebelum dinobatkan sebagai mahasiswa berprestasi nasional 2021, Refa telah banyak meraih penghargaan baik Nasional maupun Internasional seperti Mahasiswa Kedokteran Berprestasi se-Indonesia yang diadakan oleh ISMKI (Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia).

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

Read 778 times