Indonesian English

Pendirian Program Studi Baru Subspesialis Obgin Pertama FK Unand

02 Jun 2021

Yudisium II Sarjana Tahun 2021

Padang (FK Unand) - Pendirian Program Studi Subspesialis Obstetri Dan Ginekologi Peminatan Kedokteran Fetomaternal Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Pendirian Prodi Baru Subspesialis Obstetri dan Ginekologi peminatan Kedokteran Fetomaternal
Fakultas Kedokteran Universitas Andalas merupakan langkah awal dan untuk pertama kalinya dibuka oleh Bagian OBGIN FK Unand. hal ini salah sebagai satu bentuk nyata untuk mewadahi kemajuan dunia kedokteran dan pendidikan. Seiring dengan perkembangan IPTEK dibidang kedokteran, tingginya AKI dan AKB, dan gambaran kebutuhan tenaga dokter supspesialis Fetomaternal Di Indonesia yang saat ini ada hanya 42% dari jumlah yang dibutuhkan secara keseluruhan Di Indonesia sehingga masih sangat diperlukan adanya pembukaan center baru Prodi Sp2 Obgin Fetomaternal.

Syarat-syarat pendirian Prodi supspesialis yang diatur oleh Undang-Undang Pendidikan Kedokteran pasal 8 ayat (1) bahwa harus dilakukan oleh FK dengan akreditasi tertinggi, maka FK Unand dan Bagian Obgin Unand memiliki akreditasi A oleh BAN-PT dengan nomor No.327/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018. Hal ini merupakan suatu kebanggan bagi civitas akademika Unand. Selain itu saat ini terdapat 6 staff pengajar Fetomaternal yaitu:

  • Dr. Dr. dr. H. Joserizal Serudji, Sp.OG(K)-KFM
  • Prof. Dr. dr. Hj. Yusrawati, Sp.OG(K)-KFM
  • Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG(K)-KFM (KETUA POGI SUMBAR)
  • Dr. dr. Vaulinne Basyir, Sp.OG(K)-KFM
  • Dr. dr. Roza Sriyanti, Sp.OG(K)-KFM
  • Dr. dr. H. Defrin, Sp.OG(K)-KFM

Visi dari Prodi Sp2 Fetomaternal yaitu menjadi institusi pendidikan Dokter Subspesialis Obstetri dan Ginekologi yang terkemuka dan bermartabat, unggul pada bidangnya, dan dikenal di ASEAN pada 5 tahun mendatang tahun 2025 akan menjadi semangat bagi tim persiapan pembukaan prodi ini untuk segera merilis pembukaan jurusan baru ini. Lawa waktu pendidikan yang akan ditempuh calon mahasiswa adalah 5 semester (2,5 tahun).

Pendirian prodi ini mendapat hasil yang baik dan akan berlanjut ke tahap visitasi KKI setelah dilakukan kegiatan desk evaluation dengan KKI yang telah pada tanggal 11 Februari 2021 secara virtual di Aula FK Unand Jati. Dukungan penuh dari Dekan FK Unand Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp.KO, MA dan Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH  akan menjadi semangat bagi seluruh panitia persiapan pembukaan prodi ini yang dipimpin oleh Dr. Dr. dr. H. Joserizal Serudji, Sp.OG(K)-KFM dan Prof. Dr. dr. Hj. Yusrawati, Sp.OG(K)-KFM.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

Read 1399 times