Indonesian English

Jelang Libur Lebaran, Bagian IKA FK Unand Gelar Webinar Seputar Siaga Covid-19

12 Mei 2021

Siaga Covid 19 IKA

Padang (FK Unand) - Dalam upaya pencegahan peningkatan kasus positif Covid-19 menjelang akhir Ramadhan, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas bersama Bagian Ilmu Kesehatan Anak (IKA) menyelenggaralan Webinar Siaga Covid-19 : Antara Lebaran, Liburan dan Seklah gaya Baru pada Selasa (11/05) secara daring.

Webinar ini diselenggarakan dengan target audiens para Guru-guru PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTsN, SMA/SMK/MAN sederajat dan Orang Tua Siswa/i se-Sumatera Barat. 

Adapun narasumber dalam Webinar Ini yaitu :

  1. Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc : Update Virus Covid-19 : Penyebaran, Mutasi dan Keparahan
  2. Dr. dr. Finny Fitri Yani, Sp.A (K) : Cegah Penyebaran Covid-19 pada Anak saat Hari Raya
  3. Drs. Jasman Rizal, MM : Kondisi Terkini COVID-19 di Sumatera Barat

Acara ini dibuka secara resmi oleh Gubernur sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P dan dihadiri juga oleh Dekan FK Unand Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp.KO, MA serta Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat Adib Fikri, SE, M.Si. 

Dr. dr. Finny Fitri Yani, Sp.A (K) dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa banyak sekali beredar informasi - informasi hoaks terkait kasus Covid-19 ini. Dilansir dari website covid-19.go.id, tercatat bahwa Pemerintah RI telah mengidentifikasi lebih dari 1.500 berita hoaks mengenai berita Covid-19.  Oleh karena itu kita harus menjadi masyarakat yang cerdas dalam melawan buzzer - buzzer berita hoaks Covid-19 ini.

"Saat ini Sumatera Barat berada dalam Kondisi yang tidak baik dalam menghadapi kasus Covid-19" begitu yang disampaikan oleh Drs. Jasman Rizal, MM. Hal ini lantaran semakin meningkatnya positif rate Covid-19 di Sumatera Barat. Berdasarkan data yang ada, dapat dianalisa bahwa dari 10 orang, terdapat 4 orang yang positif Covid-19 (32,9%). Kondisi ini mengartikan bahwa penyebaran kasus Covid-19 di Sumatera Barat telah masuk kategori tidak terkendali atau sangat berbahaya.

Berdasarkan kondisi tersebut para narasumber menyampaikan bahwa perlu adanya pengendalian infeksi dai berbagai sektor masyarakat, yang paling penting untuk ditaati adalah disiplin ptrotokol kesehatan.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

Read 2720 times