Indonesian English

ADELAIDS - SCORA CIMSA Unand on Spreading Awareness and Prevention HIV/AIDS

08 Februari 2021

Padang (FK Unand) - Infeksi Menular Seksual (IMS) adalah penyakit infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual baik secara vaginal, anal, maupun oral. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan 2012, didapatkan kasus IMS sebanyak 140.803 kasus di Indonesia pada tahun 2012. Kasus IMS yang paling banyak disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV) dan gonore.

Menurut Profil Kesehatan Indonesia 2019, jumlah kasus baru HIV di Indonesia pada tahun 2019 adalah sebanyak 50.282 orang dan untuk AIDS sebanyak 7.036 kasus baru di tahun 2019. Jumlah ini meningkat dibanding tahun 2018 yaitu sebanyak 46.372 orang. Persentase kasus HIV positif dan AIDS tahun 2019 pada laki-laki lebih besar dibandingkan perempuan. Untuk kasus HIV positif pada laki-laki sebesar 64.5% dan perempuan sebesar 35.5%. Sementara itu, kasus AIDS pada laki-laki sebesar 68.8% dan perempuan sebesar 31.2%.

Berdasarkan data-data tersebut, SCORA CIMSA-BEM KM FK Unand menyelenggarakan suatu aktivitas, yaitu ADELAIDS (SCORA CIMSA Unand on Spreading Awareness and Prevention HIV/AIDS). ADELAIDS merupakan sebuah aktivitas berbentuk Project yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan member CIMSA BEM-KM FK Unand dan masyarakat umum mengenai HIV/AIDS melalui edukasi oleh member SCORA dan webinar dalam rangka memperingati World AIDS Day 2020.

Untuk membekali pengetahuan member SCORA mengenai HIV/AIDS dan IMS, pada tanggal 28 November 2020 dilaksanakan Intervensi 1. Pada Intervensi 1 ADELAIDS, member SCORA CIMSA BEM-KM FK Unand diberi pembekalan materi melalui zoom meetings mengenai Infeksi Menular Seksual oleh dr. Armen Ahmad, SpPD - KPTI, FINASIM dan HIV/AIDS oleh Edwardo, S.Hum., selaku perwakilan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Padang.

Adelaids2

Selanjutnya dilaksanakan Intervensi 2 ADELAIDS yaitu pada tanggal 5 Desember 2020. Pada Intervensi 2 ini, dilakukan pemberian materi yang sudah didapatkan dari Intervensi 1 mengenai IMS kepada seluruh member CIMSA BEM-KM FK Unand oleh member SCORA yaitu Qanita Adila (SCORA Batch 2019) melalui zoom meetings. Selain Itu, pada intervensi ini juga dilakukan sharing session bersama Cahyadi Hermawan, yaitu seorang ODHIV (Orang dengan HIV)  dari Inti Muda Indonesia dan ditutup dengan pemberian ‘A Letters to ODHIV’.

Adelaids3

Pada tanggal 6 Desember 2020 dilaksanakan webinar dalam rangka memperingati World AIDS Day dengan tema berjudul 'Spreading Awareness and Prevention HIV/AIDS'. Webinar Ini menghadirkan berbagai narasumber dan mengangkat berbagai topik seputar HIV/AIDS yang di antaranya adalah 'Impact of COVID-19 on People with HIV' oleh Ary Bumi Kartini dari Jaringan Indonesia Positif, 'HIV/AIDS and Stigma of People Living with HIV/AIDS ‘ oleh Bayu Ghazali dari Yayasan AIDS Indonesia dan terdapat juga sharing session bersama Cahyadi Hermawan W.N, seorang ODHIV dari Inti Muda Indonesia. Webinar Ini dimoderatori oleh dr. Anggita T.P. yang merupakan Alumni CIMSA BEM-KM FK Unand 2011.

Dalam rangka memperingati World AIDS Day 2020, SCORA CIMSA Unand mengadakan Air Campaign berupa pembuatan video berjudul 'Untold Stories of People Living with HIV/AIDS' dengan menghadirkan seorang ODHIV, yaitu Hages Budiman dari Kuldesak. Video Ini kemudian dipublikasikan melalui Youtube dan Instagram CIMSA Unand.

Diharapkan dengan dilaksanakannya ADELAIDS dapat membantu meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kepedulian baik member CIMSA BEM-KM FK Unand maupun masyarakat umum mengenai Infeksi Menular Seksual, khusunya HIV/AIDS, serta dapat menurunkan stigma dan diskirminasi terhadap ODHIV yang masih kerap terjadi.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

Read 136 times