Print this page

PET - SCORE CIMSA - BEM KM FK Unand

08 Februari 2021

YUDISIUM DOKTER III

Padang (FK Unand) - PET atau Pre-Exchange Training  adalah project  SCORE Unand  yang menjadi rangkaian dari program Research Exchange  dimana calon outgoing akan diberikan materi tentang SCORE dan Research yang dapat menjadi bekal calon outgoing selama mereka exchange.     

Di banyak NMO Aktif SCORE, pertukaran penelitian tidak dapat mencapai tujuan akhir mereka karena kurangnya motivasi, pengetahuan, dan/ atau kesadaran siswa. Oleh karena itu, PET SCORE memainkan peran besar dalam mengisi kesenjangan ini sebagai salah satu kegiatan pertukaran IFMSA yang paling memberdayakan baik pada tingkat pribadi maupun profesional. Pengetahuan yang diperoleh dari PET SCORE akan mendukung Research Exchange Outgoing untuk lebih sadar tentang apa sebenarnya penelitian medis dan kesalahan etika apa yang harus dihindari sekaligus menstimulasi pemikiran kritis para mahasiswa kedokteran ini dan dengan demikian diharapkan motivasi mereka sebelum dan selama mereka melaksanakan Research Exchange tetap kuat. (IFMSA SCORE PET Manual).

Meskipun Program Research Exchange IFMSA memberikan mahasiswa kedokteran di seluruh dunia kesempatan yang tak ternilai harganya untuk memperdalam dan memperkuat pengetahuan berbasis penelitian mereka pada topik medis tertentu melalui akses mereka ke proyek penelitian klinis atau dasar-ilmu asing, SCORE PET secara aktif mendukung motivasi mereka dengan pengetahuan akademis dasar. Memang, motivasi para siswa adalah isu utama untuk membuat mereka terlibat dan mempertahankan minat mereka dalam penelitian mereka. (IFMSA SCORE PET Manual).

Pada Sabtu, 19 Desember 2020 pukul 9.00-11.30 WIB via Zoom Clouds Meeting, SCORE-CIMSA BEM KM FK UNAND melaksanakan Pre-Exchange Training dimana calon outgoers  SCORE diberikan materi Pre-Exchange Training & IFMSA Database yang disampaikan oleh Local Officer on Research Exchange  (LORE) CIMSA-BEM KM FK Unand yaitu Nur Indah Gusnari, dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai Academic Performance  oleh Muhammad Gilang Dwi Putra P sebagai Project Development Assistant  SCORE IFMSA, lalu dilakukan sharing session  bersama ex-outgoer  Portugal yaitu Muhammad Gilang Dwi Putra P, serta ditutup dengan pemberian e-sertifikat kepada narasumber dan foto bersama

Pelaksanaan aktivitas ini  secara keseluruhan sudah baik yang dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan yaitu meningkatnya pengetahuan outgoing students mengenai hal-hal terkait pelaksanaan exchange yang diukur dengan peningkatan nilai pre-test 56,7 menjadi 95,7 pada post-test. Diharapkan setelah diadakannya aktivitas ini outgoing students dapat mempersiapkan diri mengenai segala hal yang dibutuhkan sebelum keberangkatan sehingga pada saat exchange dapat meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

PET SCORE1

PET SCORE2

PET SCORE3

PET SCORE4

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

Read 8317 times