Indonesian English

MANAPI (Menghadapi Bencana di Saat Pandemi)

12 Desember 2020

Prebiothics

Padang (FK Unand) - COVID-19 saat ini mewabah di seluruh dunia, perhatian global difokuskan untuk mencegah penularan dan pengobatan lebih lanjut terhadap orang yang terinfeksi. Namun bencana alam masih bisa terjadi kapan saja. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang mencatat sepanjang 2019 kawasan itu dilanda 777 bencana alam. Data tahun 2020 telah terjadi 79 kali bencana alam yang pernah terjadi di Sumatera Barat, dimana jenis bencana bervariasi mulai dari pusaran air, banjir, tanah longsor hingga kebakaran hutan.

Karena itu SCORP CIMSA-BEM KM FK Unand mengadakan kegiatan yang dinamakan MANAPI (Menghadapi Bencana di Masa Pandemi). MANAPI merupakan sebuah kegiatan dalam bentuk campaign dalam memperingati International Day of Disaster Risk Reduction yang jatuh pada tanggal 13 Oktober 2020. Dalam kegiatan ini kami ingin meningkatkan kesadaran akan pentingnya penanggulangan bencana di tengah pandemi COVID-19.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan 50 peserta mengenai kesiapsiagaan bencana alam saat menghadapi pandemi COVID-19 melalui webinar 2 jam dan meningkatkan nilai pre test dan post test menjadi 75 yang dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November 2020 yang mana tujuan ini berhasil dipenuhi.

Kegiatan ini memiliki 3 bagian acara. Yang pertama adalah training bagi anggota SCORP CIMSA-BEM KM FK Unand tentang penanggulangan bencana yang diberikan oleh KOGAMI (Komunitas Siaga Tsunami) dan CHRT (CIMSA’s Humanitarian Response Team) yang dilaksanakan pada tanggal 2-3 Oktober 2020.

Acara kedua adalah media social campaign yang menggunakan akun instagram CIMSA Unand untuk mempromosikan tentang penanggulangan bencana, dengan bantuan akun member SCORP juga. Campaign diadakan pada tanggal 22-24 Oktober 2020.

Acara ketiga adalah Webinar yang diadakan pada tanggal 15 November 2020, dengan Pembicara dari MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) membahas tentang mitigasi bencana yang mencakup masyarakat rentan. Sedangkan moderatornya berasal dari alumni SCORP CIMSA-BEM KM FK Unand. Webinar berjalan dengan baik, dengan bantuan member dan juga peserta yang dengan senang hati mengikuti webinar dan juga aktif mengikuti Q&A Session di akhir webinar.

Semoga MANAPI bermanfaat bagi anggota dan juga masyarakat dengan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang penanggulangan bencana, khususnya di tengah Pandemi COVID-19.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

Read 220 times