Indonesian English

LOLIPOPS: Let’s Do Healthy Habits to Prevent Diabetes

12 Desember 2020

Prebiothics

Padang (FK Unand) - Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 November, dirayakan pada tahun 2020 oleh SCOPH CIMSA-BEM KM FK Unand melalui serangkaian kegiatan berjudul LOLIPOPS: Let’s DO Healthy Habits to Prevent Diabetes. Latar belakang diangkatkannya acara ini adalah ditemukannya peningkatan kasus diabetes selama pandemi COVID-19, yang sebagian besar disebabkan karena perubahan gaya hidup yang menjadi sedentari serta pemasukan yang tidak menetap bagi sebagian masyarakat. Untuk itu, LOLIPOPS mengambil tema besar tentang bagaimana menjaga pola hidup sehat untuk mencegah diabetes, terutama di saat pandemi.

LOLIPOPS memiliki beberapa rangkaian kegiatan, mulai dari training, air campaign, ground campaign, siaran radio, hingga webinar. Pada tanggal 7 November 2020 kami mengadakan training kepada member SCOPH terkait dengan diabetes bersama alumni CIMSA, dr. Ninda Septia Yuspar Sp.PD. Training ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan member terkait diabetes, pencegahan diabetes, hingga skrinning awal diabetes. Dengan diangkatkannya training ini, kami berharap seluruh member SCOPH dapat membantu memberikan edukasi bagi masyarakat, mulai dari diri mereka sendiri, keluarga, dan orang-orang terdekat.

Pada tanggal 14 November 2020, kami melakukan air campaign dan ground campaign. Pada air campaign, kami menggunakan platform Instagram Story untuk menyebarluaskan informasi tentang diabetes serta melakukan permainan kecil terkait diabetes melalui akun Instagram masing - masing member. Pada ground campaign, member mengedukasi keluarga mereka dan orang-orang terdekat melalui virtual meeting ataupun video call. Besar harapan kami, dengan dilakukannya campaign ini, edukasi tentang diabetes dan prevensinya terutama di masa pandemi dapat menyebar luas ke seluruh keluarga di Indonesia.

Lolipops 2

SCOPH CIMSA - BEM KM FK Unand pada 15 November 2020, melaksanakan siaran radio dengan media partner CIMSA Unand, Star Radio Padang. Menghadirkan alumni CIMSA, dr. Harlin Farhani, dan member kami, M. Rayhan Abiyyu J. Pada siaran ini kami membicarakan rekomendasi penanganan diabetes mellitus di era Pandemi COVID-19.

Lolipops 3

Rangkaian terakhir dari LOLIPOPS adalah Webinar dengan judul Dietary Habits of Diabetes Patients During COVID-19 Pandemic: Variety and Frequency of Food Intake, yang dilaksanakan pada 21 November 2020. Narasumber kali ini adalah Angel Jovi Burhanuddin, seorang Nutritionist Specializing in Diabetic Patient and Clinical Human Nation, dan dimoderatori oleh dr. Rizi Juanevi, alumna CIMSA-BEM KM FK Unand 2013. Webinar ini membicarakan tentang bagaimana mengatur pola makan yang baik, yang berkaitan dengan kebutuhan yang spesifik bagi masing-masing individu, untuk mencegah diabetes.

Lolipops 4

Kami berharap, setelah kami melaksanakan webinar dan seluruh rangkaian kegiatan LOLIPOPS seluruh partisipan memperoleh pengetahuian tentang nutrisi yang baik, dan setidaknya menjadi lebih sadar tentang apa yang mereka makan dan berusaha untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih baik. Karena kami yakin dan percaya, mencegah jadi selalu lebih penting daripada mengobati.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

Read 183 times