Indonesian English

HDN (Hari Dokter Nasional) 2020 “Life as a Doctor and Medical Student During the COVID-19 Pandemic” SCOME CIMSA-BEM KM FK Unand

19 November 2020

HDN

Padang (FK Unand) -  Indonesia merayakan Hari Dokter Nasional (HDN) setiap tahunnya pada tanggal 24 Oktober untuk mengapresiasi para dokter yang telah mengabdikan diri kepada masyarakat, terutama pada saat pandemi COVID-19 ini. Berdasarkan data dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), sampai dengan bulan Oktober 2020, setidaknya 136 dokter telah kehilangan nyawanya karena COVID-19 di Indonesia sejak pandemi ini dimulai.

Jumlah dokter yang meninggal karena COVID-19 ini dalam beberapa bulan terakhir juga mengalami peningkatan yang berarti. Selain itu, menurut Databoks 2020, rasio dokter di Indonesia adalah 0,4 per 1.000 penduduk, artinya Indonesia hanya memiliki 4 dokter yang melayani 10.000 penduduknya, angka ini merupakan yang terendah kedua di Asia Tenggara.

Selain memperingati Hari Dokter Nasional, HDN juga bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa kedokteran mengenai isu-isu kedokteran terkini dengan melibatkannya dalam setiap rangkaian kegiatan project. Selain itu, dengan dilaksanakannya project ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang masalah kesehatan terkini dan sejarah HDN.

Project ini terdiri dari 4 program utama, yaitu air campaign, lomba menulis artikel, siaran radio, dan video apresiasi. Program yang pertama adalah air campaign melalui IG post ataupun IG story untuk seluruh mahasiswa kedokteran Universitas Andalas yang dilaksanakan selama bulan Oktober 2020.

 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

 

Read 156 times