Indonesian English

Yudisium dan Sumpah Bidan FK Unand Periode I Tahun 2020

05 November 2020

 Yudisium Profesi Bidan

Padang (FK Unand) - Fakultas Kedokteran Universitas Andalas bersama Program Studi Pendidikan Profesi Bidan sukses melaksanakan Yudisium dan Pengucapan Lafal Sumpah Bidan Periode I Tahun 2020 pada Kamis (05/11) secara daring.

Yudisium dan Pengucapan Lafal Sumpah Bidan ini merupakan yudisium bagi angkatan pertama Prodi Pendidikan Profesi Bidan FK Unand dan merupakan penyelenggaraan  perdana di FK Unand. Sebanyak 58 orang mahasiswa Profesi Bidan FK Unand mengikuti prosesi yudisium yang dilaksanakan secara daring dengan didampingi oleh keluarga masing-masing.

Yudisium ini dihadiri oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H, Dekan FK Unand Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F.M (K), Wakil Dekan 1 FK Unand Dr. dr. Efrida, Sp.PK (K), M.Kes, Wakil Dekan II FK Unand Dr. Adrial, M.Kes, Wakil Dekan III FK Unand Dr. dr. Netti Suharti, M.Kes, Dirut RS Unand Dr. dr. Yevri Zulfiqar, Sp.B, Sp.U dan Ketua Senat FK Unand

Acara dimulai dengan pengambilan absen dan pembacaan nama-nama calon Bidan baru oleh Bd. Erda Mutiara Halida, S.St, M.Keb selaku Sekretaris Program Studi Profesi Bidan FK Unand. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pelaksanaan Yudisium yang dipimpin oleh Ketua Program Studi Profesi Bidan, Lusiana El Sinta Bustami, SST, M.Keb.

Sebelum mengucapkan lafal sumpah bidan, masing-masing calon bidan disumpah menurut agama dan kepercayaan masing-masing yang dipandu oleh rohaniawan dari masing-masing agama para calon bidan.

Pelantikan dan Pengucapan lafal sumpah bidan dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi Profesi Bidan yang diikuti oleh 58 calon Bidan. Setelah Pelantikan dan Pengucapan lafal sumpah bidan dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan pengalungan medali pada perwakilan bidan ang diikuti oleh pengalungan medali oleh orang tua kepada bidan baru di tempat masing-masing.

Pada yudisium periode I tahun 2020 ini, sebanyak 58 orang lulusan Pendidikan Profesi Bidan FK Unand meraih perdikat lulus Dengan Pujian dengan rincian IPK tertinggi 4.00, IPK terendah 3.94, IPK rata-rata 3.97 dan lama studi tercepat 1 tahun 9 bulan. 

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran Unand mengucapkan selamat kepada dokter baru yang telah diyudisium.

"Kami mengucapkan selamat kepada semua lulusan, dimana 58 mahasiswa yang di yudisium hari ini lulus dengan cumlaude dan predikat dengan pujian. Kami berharap prestasi ini dapat dipertahankan oleh para lulusan hingga ujian kompetensi (UKOM) yang akan segera diselenggarakan nanti serta senantiasa menjaga nama baik almamater,” kata Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F. M. (K).

Turut hadir dan memberikan kata sambutan dalam acara ini yaitu , Ketua AIPKIND Pusat Dra. Jumiarni Ilyas, M.Kes dan Ketua IBI Pusat Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes. 

Ketua IBI Pusat, Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes berpesan kepada seluruh lulusan bahwa “Yudisium dan Pengucapan lafal sumpah Bidan ini bukanlah Langkah akhir, melainkan Langkah awal bagi para bidan baru untuk mengabdi seuai dengan keilmuannya.”

Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H mengucapkan selamat kepada dokter baru yang baru saja dilantik hari ini. 

“Saya memberikan apresiasi dan selamat kepada para lulusan, dimana ini adalah lulusan pertama dari profesi bidan, dan prestasi yang diraih sangat luar biasa dimana nyaris semuanya lulus dengan pujian. Saya mengharapkan kedepannya para lulusan tidak pernah puas dalam menuntut ilmu hingga terus berjuang dalam mengembagkan keahliannya.,” katanya.  

Selain itu, dalam yudisium kali ini juga ada kata sambutan perwakilan dari Orang Tua dari Bidan baru yang diwakili oleh DBapak H. Maslan Nasution, SH orang tua dari Rahmiza Eka Putri, S.Keb, Bd dan sambutan perwakilan dari Bidan baru yang diwakili oleh Rahma Yani Afrah, S.Keb, Bd. 

 

 NEW LOGO 2020 ORI BLACK

Read 204 times