Indonesian English

IKM FK Unand Sukses Gelar Webinar SAKATO

25 Oktober 2020

Sakato

Padang (FK Unand) – Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat / Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Andalas melaksanakan Webinar Seri IV secara live teleconference via zoom meeting dan live streaming melalui Youtube serta live di Padang TV pada Sabtu (24/10) dengan tema : SAKATO (Satukan Asa, Kuatkan Usaha, Tuntaskan COVID-19)

SAKATO, Satukan Asa, Kuatkan Usaha, Tuntaskan COVID-19, merupakan serangkaian acara yang diangkatkan oleh dokter muda sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran tingkat profesi Dokter Muda di bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat – Ilmu Kedokteran Komunitas, Fakultas Kedoketreran Universitas Andalas. SAKATO memiliki 1 acara utama, yaitu Webinar, yang mana diangkat sebagai acara daring serial Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat – Ilmu Kedokteran Komunitas, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. BASAMO juga memiliki 2 acara daring pendamping, berupa Instagram Live, yang mengundang pakar dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan  talk on radio, yang berdiskusi seputar Covid-19 bersama dokter muda.

Acara Webinar SAKATO merupakan acara webinar seri 4, dengan tema “Harapan dan Kesiapan Masyarakat untuk Vaksin Covid-19” yang diselenggarakan oleh Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat-Ilmu Kedokteran Komunitas, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Webinar ini terbuka untuk umum dan bertujuan untuk menjangkau sebagian besar elemen masyarakat di Indonesia.

Hingga pendaftaran ditutup, tercatat kurang lebih 4607 orang pendaftar Webinar, berasal dari berbagai kalangan dan usia, yang mana sebagian besar berasal dari berbagai daerag di indonesia.  Sebanyak 43,4% merupakan peserta dengan tingkat pendidikan S1, S2 dan S3 dari berbagai universitas dan jurusan pendidikan yang berbeda. Selebihnya terdiri dari bapak, ibu, remaja SMP dan SMA, dan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan

Webinar ini dibuka oleh pembawa acara, salah seorang dokter muda Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat – Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Tiara Mardalifa, S.Ked dan dimoderatori oleh Ibu  Dr. Ricvan Dana Nindrea, S.KM, M.Kes yang merupakan staff Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat – Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Webinar ini dilaksanakan melalui Zoom Cloud dan Live Streaming Youtube dengan total penonton dari kedua platform tersebut adalah sebanyak lebih dari 4700 orang. 

Webinar ini membahas topik-topik yang menarik, dan relevan dengan situasi Indonesia saat ini terutama di kota Padang - Sumatera Barat, yaitu terkait Harapan dan Kesiapan Masyarakat untuk Vaksin Covid-19.

Webinar seri 4 ini terdiri dari 3 sesi. Sesi pertama membahas tentang “Pemetaan Situasi Covid-19 di Indonesia” yang dijelaskan oleh Narasumber, Prof. Drh. Wiku Adisasmito, M.Sc., Ph.D, ketua Tim dan Juru Bicara Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Lalu dilanjutkan dengan membahas “Epidemiologi Herd Immunity” yang dijelaskan oleh Narasumber,  Prof. Dr. dr. Rizanda Machmud, M.Kes, Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Komununitas Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Sesi kedua merupakan kegiatan pembacaan Hasil Survey "Harapan dan Kesiapan Masyarakat untuk Vaksin Covid-19" oleh : dr. Hardisman, MHID,Dr.PH (Med), Staff Pengajar Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Komunitas, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Sebelumnya telah dilakukan penyebaran kuisioner tentang kesiapan masyarakat untuk vaksin covid-19 oleh panitia.

Sesi ketiga membahas  “Proses vaksin, Kandungan, dan Keamanan Covid-19” yang dijelaskan oleh Narasumber, Dr. Apt. Neni Nurainy,  Project Senior Integration Manager Research and Development PT Bio Farma. Dilanjutkan dengan pembahasan “Rencana Road Map, Implemantasi Vaksin, Permasalahan, Tantangan dan Persiapannya” yang dijelaskan oleh Narasumber, dr. Achmad Yurianto Staf Ahli Menkes bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi

Selain Webinar, pada seri ke IV ini  juga diselenggarakan 2 acara lain yaitu Instagram Live dan talk on RadioPada acara Instagram Live ini, SAKATO, melalui dokter muda Bagian IKM/IKK FK UNAND, bekerja sama dengan akun Instagram @gadihbujang_minang dalam pelaksanaannya. Dalam acara ini kami mengundang Dr.dr.Hj. Arina Widya Murni, SpPD-K Psi, FINASIM sebagai narasumber yang akan mejelaskan tentang “Aspek Psikologis Masyarakat Terhadap Prosedur Penatalaksanaan Pasien Covid-19.

Pada acara Talk on Radio kami berdiskusi mengenai Covid-19 dengan narasumbernya dari dokter muda IKM. Acara ini terlaksana di dua waktu dan tempat yaitu di Treat Radio Indonesia pada tanggal 16 Oktober 2020 dan Pesona 105 FM pada 22 Oktober 2020

Harapannya melalui webinar dan acara pendamping, masyarakat akan menjadi lebih cerdas dan paham tentang pandemi covid-19. Tentunya dengan terbentuknya masyarakat yang cerdas ini, masyarakat bisa memilah informasi yang benar ditengah berita hoax yang tersebar yang tentunya.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

Read 179 times