Indonesian English

MARVEL - SCOPH CIMSA-BEM KM FK Unand

07 Oktober 2020

Marvel

Padang ( FK Unand) - MARVEL (Mental Illness Prevention in School) merupakan sebuah aktivitas berbentuk Community Development yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan 30 siswa SMA kelas 10 SMAN 1 Kota Padang mengenai kesehatan mental yang berfokus COVID-19 - Anxiety.

Dengan adanya karantina yang disarankan oleh pemerintah untuk mengurangi kasus kejadian COVID-19, menyebabkan tingginya tingkat kesepian, depresi, penggunaan alkohol serta narkoba dan perilaku bunuh diri yang juga diperkirakan meningkat (WHO,2020). Terdapat tiga permasalahan psikologis di era pandemi COVID-19,  yaitu  cemas, depresi, dan trauma psikologis. Diantara tiga permasalahan psikologis tersebut, trauma psikologis merupakan kondisi yang paling tinggi angka kejadiannya, dimana dari 182 swaperiksa 85% terjadi pada wanita dengan rentang usia minimal 16 tahun dan usia maksimal 60 tahun (PDSKI, 2020). Provinsi Sumatera Barat merupakan provinsi ke-7 dengan responden swaperiksa terbanyak karena melihat Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi penyumbang kasus COVID-19 yang cukup tinggi di Indonesia, dimana update terakhir per 19 Juli 2020 terdapat 826 kasus positif COVID-19 di wilayah Sumatera Barat yang sebagian besar dari kota Padang. (PDSKJI,2020).

Untuk menunjang data yang telah didapatkan, SCOPH CIMSA-BEM KM FK Unand melakukan tiga rangkaian intervensi untuk mencapai goals dari aktivitas Ini. Pertama yaitu Pre-Intervensi yang dilakukan pada tanggal 5 September 2020. Pada Pre-Intervensi ini, member SCOPH dibekali materi mengenai "COVID-19 & Anxiety" yang di training langsung oleh Mental Health Care Community of West Sumatera.

Setelah melakukan Pre-Intervensi, berikutnya pada tanggal 12 September 2020 diadakan Intervensi 1, aktivitasnya berupa training yang diberikan oleh member SCOPH kepada 5 orang kader "Let's Talk" yang juga merupakan anggota PKR dari SMA N1 Kota Padang. Materi yang diberikan yaitu mengenai "COVID-19 & Anxiety" dan juga dilakukan roleplay kepada kader mengenai cara untuk menanggapi kasus ansietas di masyarakat.

Intervensi 2 MARVEL diadakan pada tanggal 27 September 2020. Pada intervensi, kader yang telah di training sebelumnya diberi kesempatan untuk menyampaikan juga materi mengenai "COVID-19 & Anxiety" kepada 30 siswa yang berasal dari SMA N 1 Kota Padang. Selain itu juga dilakukan pengisian assesement oleh kader dan siswa SMA N 1 Kota Padang mengenai pengetahuan mental health dan COVID-19 & Anxiety.

Diharapkan dengan dilaksanakannya MARVEL ini dapat menurunkan kasus ansietas di masyarakat dan siswa sekolah. Disini juga telah terbentuk kader-kader yang nantinya bisa dijadikan sebagai pelopor terhadap kasus ansietas di sekolah mereka dan dapat menjadi perpanjangan tangan kita sebagai mahasiswa kedokteran untuk mengurangi angka kejadian ansietas akibat dari pandemi COVID-19 Ini di masyarakat.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

Read 139 times