Indonesian English

FK Unand Selenggarakan Yudisium Via Teleconference Pertama di Unand

23 April 2020

YUDISIUM PROFESI DOKTER

Padang (FK Unand) - Pada hari Selasa (21/4) FK Unand menyelenggarakan yudisium dan pengucapan lafal sumpah dokter periode I tahun 2020 Program Studi Profesi Dokter dengan metode live teleconference menggunakan aplikasi Zoom sebagai dampak adanya Pandemi COVID-19.

Pelaksanaan yudisium secara live dengan metode teleconference ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan di lingkungan Universitas Andalas. Yudisium dan pengucapan lafal sumpah dokter periode I tahun 2020 Program Studi Profesi Dokter diikuti oleh 45 calon dokter baru yang telah tersebar di beberapa wilayah Indonesia dan Malaysia.

Acara dimulai dengan pengambilan absen dan pembacaan nama-nama calon dokter baru oleh dr. Taufik Hidayat, M.Sc, Sp.F selaku Sekretaris Program Studi Profesi Dokter FK Unand. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pelaksanaan Yudisium yang dipimpin oleh Ketua Program Studi Profesi Dokter, dr. Rina Gustia SpKK, FINSDV-FAADV.

Sebelum mengucapkan lafal sumpah dokter, masing-masing calon dokter disumpah menurut agama dan kepercayaan masing-masing yang dipandu oleh rohaniawan dari masing-masing agama para calon dokter.

Pengucapan lafal sumpah dokter dipimpin langsung oleh Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F.M (K) selaku Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang diikuti oleh 45 calon dokter.

Pada yudisium periode I tahun 2020 Program Studi Profesi Dokter  ini, terdapat 3 lulusan terbaik yaitu :

  1. Terbaik 1 : dr. Cut Mutia Indra
  2. Terbaik 2 : dr. Alvin Danil Putra
  3. Terbaik 3 : dr. Muhammad Hagi dan dr. Harisa Noor Fitri Hikmatunnisa

Setelah prosesi yudisium dan pengucapan lafal sumpah dokter dilakukan, selanjutnya Dekan FK Unand menyerahkan 45 orang dokter baru kepada Ketua Alumni Fakultas Kedokteran Unand Cabang Padang dr. M. Hidayat, SpM (K).

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran Unand mengucapkan selamat kepada dokter baru dan permohonan maaf acara prosesi yudisium dan sumpah dokter diundur.

”Secara akademik harusnya tanggal 24 Maret 2020, tetapi diundur karena kita dalam situasi pandemi Covid-19 yang mengharuskan tidak boleh berkumpul salah satunya untuk merayakan pelantikan dokter ini. Sehingga prosesi ini dapat terlaksana di tanggal 21 April yang bertepatan dengan hari kartini dan dilakukan dengan cara teleconference,” kata Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F. M. (K).

Turut hadil dan memberikan kata sambutan dalam acara ini yaitu Rektor Universitas Andalas, Prof. Yuliandri, SH., MH, Direktur Utama RSUP Dr M Djamil Padang yang diwakili Direktur SDM Pendidikan dan Umum RS.UP Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG,(K) dan Dr.dr. Yevri Zulfiqar, Sp.B, Sp.U selaku Direktur Utama RS Unand.

Rektor Universitas Andalas, Prof. Yuliandri, SH., MH menyampaikan atas nama pimpinan Universitas Andalas mengucapkan selamat kepada dokter baru yang baru saja dilantik hari ini. 

“Covid-19 ini adalah tantangan bagi profesi seorang dokter. Maka dari itu, para lulusan yang menyandang status dokter baru saat ini agar menjaga nama baik almamater dan berkontribusi mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.  

Selain itu, dalam teleconference tersebut, juga ada sambutan perwakilan dari Orang Tua dari dokter baru yang diwakili oleh Dr. Ir. H. Jafrinur, MSP orangtua dari dr. Atika Nurul Ilmi dan sambutan perwakilan dari dokter baru yang diwakili oleh dr. Zikril Ariliusra. 

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

Read 168 times