Indonesian English

Kebijakan dan Kontribusi FK Unand Mengahadapi Pandemi Corona Disease (Covid-19)

26 Maret 2020

Kebijakan Covid 19

Padang (FK Unand) - Semakin meningkatnya kasus infeksi Corona Disease (Covid-19), FK Unand mengambil beberapa kebijakan mengenai penanganan, penanggulangan dan pencegahan infeksi Corona Disease (Covid-19).

Kebijakan - kebijakan yang diambil oleh Pimpinan FK Unand ini beberapa diantaranya mengatur mengenai pelaksanaan perkuliahan atau proses belajar mengajar bagi civitas akademikan FK Unand, pelaksanaan tupoksi bagi Staff FK Unand dan kebijakan mengenai wujud nyata kontribusi FK Unand dalam penanganan, penanggulangan dan pencegahan infeksi Corona Disease (Covid-19).

Kebijakan mengenai pelaksanaan perkuliahan atau proses belajar mengajar bagi civitas akademikan FK Unand ditetapkan dalam Surat Edaran Dekan FK Unand Nomor : 2055/UN16.2/SE/2020 Tentang Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, secara garis besar menetapkan bahwa proses belajar mengajar dialihkan kepada Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ) secara daring baik untuk Prodi ditingkat akademik maupun profesi termasuk Pascasarjana (S2). Khusus bagi prodi PPDS, residen masing-masing prodi akan diberikan waktu istirahat yang lebi panjang selepas jam jaga dan tidak diperkenankan melaksanakan kegiatan ilmiah. Secara umum juga berlaku ketentuan bagi seluruh civitas akademika FK Unand untuk menunda melaksanakan kegiatan yang menghimpun peserta dalam jumlah banyak seperti seminar, workshop,, dll.

Dalam Surat Edaran tersebut juga dibuatkan aturan mengenai ketentuan pelaksanaan tupoksi bagi Staff FK Unand untuk bekerja dari rumah / work form home (WFH) dengan petunjuk teknis diserahkan kepada masing - masing Pimpinan / Kaprodi / Ketua Bagian / Ketua Unit tempat staff tersebut ditugaskan.

Surat Edaran Dekan FK Unand ini diterbitkan menyusul adanya Surat Edaran Terbaru dari Rektor Universitas Andalas Nomor : 8/UN16/SE/2020 Tentang Kegiatan Kampus dalam Rangka Kewaspadaan Pandemi Covid-19. Surat Edaran Dekan Fk dan Rekror Unand ini berlaku hingga tanggal 31 Maret 2020 dan akan ditinjau kembali secara periodik sesuai kebijakan Kemendikbud, Kemenpan-RB dan perkembangan situasi terkini terkait Pandemi Covid-19.

Selain itu FK Unand juga membuat kebijakan tentang kesiapan FK Unand dalam penanggulangan dan pencegahan infeksi Corona Disease (Covid-19) dengan membentuk Tim Penangulangan dan Pencegahan Covid-19 (TPP Covid-19) FK Unand berdasarkan surat tugas Nomor :  1905/UN16.2/SE/2020. TPP Covid-19 FK Unand ini diketuai olah dr. Irvan Medison, SpP (K) dan dibagi kedalam 4 divisi yang memiliki memiliki fungsi dan tanggung jawab masing-masing yaitu Divisi Epidemiologi, DivisiVirologi, Divisi Klinis dan Divisi Humas.

Kesiapan FK Unand dalam penanganan, penanggulangan dan pencegahan infeksi Corona Disease (Covid-19) terbukti dengan dipilihnya Laboratorium Dioagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sebagai salah satu jejaring laboratorium pemeriksaan coronavirus disease (COVID-19) di Indonesia oleh Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto.

Diharapkan dengan adanya beberapa kebijakan tersebut, FK Unand dapat menangani, menangulangi serta mencegah penyebaran infeksi Corona Disease (Covid-19) di lingkungan FK Unand dan memberikan kontribusi nyata membantu Pemerintah dalam menangani wabah pandemi Corona Disease (Covid-19) di Indonesia.

NEW LOGO 2020 ORI BLACK

Read 905 times