Indonesian English

Majesty Nasional 2019 Delegasi FK Unand Toreh Prestasi

 

Majesty FK Unand 2019

Lima orang delegasi Universitas Andalas (UNAND) kembali membawa harum nama Fakultas kedokteran Universitas Andalas pada kegiatan Majesty Nasional (MAJESTYNAS) 2019 pada 28-30 Juni 2019 silam yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Jakarta Selatan. Mereka adalah, Nadyatul Husna, Devin Mahendika, Faizah Shabrina, Indri Permata Rani dan Multazam Fahreza Chandra. Kali ini, delegasi UNAND mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan performance nya. Panitia sudah siapkan oleh panitia MAJESTYNAS 2019. Kelima delegasi ini mendapatkan kesempatan dalam mengemukakan kembali karyanya, 2 karya esai ilmiah yang dilaksanakan dengan personal presentation oleh Nadyatul Husna dan Devin Mahendika. Selain itu, karya poster ilmiah dengan team presentation oleh Faizah Shabrina, Indri Permata Rani dan Multazam Fahreza Chandra. Dari perlombaan yang diadakan delegasi Universitas Andalas berhasil membawa pulang dua piala yaitu, piala juara 3 lomba esai ilmiah oleh Devin Mahendika dan piala juara 3 lomba poster ilmiah oleh Faizah Shabrina, Indri Permata Rani dan Multazam Fahreza Chandra.

MAJESTYNAS merupakan kompetisi ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta, setiap tahunnya sebagai ajang kompetisi keilmiahan antar mahasiswa Kesehatan se-Indonesia. Tahun ini, MAJESTYNAS mengangkatkan tema besar “Let’s Talk about Neuropsychiatric: Getting More Aware and Caring about Neuropsychiatric Through A Comprehensive Approach” dengan mengusung enam cabang lomba yaitu Esai Ilmiah, Literature Review, Karya Tulis Ilmiah, Poster Ilmiah, Poster Publik dan Video Edukasi. Berangkat dari besarnya angka kejadian penyakit neuropsikiatri yang menjadi tantangan dan momok besar bagi Indonesia untuk ditangani dengan tepat sesuai dengan keadaan masyarakat saat ini yang merujuk kepada kejadian 36 juta kematian akibat penyakit tidak menular dengan 9,8% kejadian gangguan neuropsikiatri dan besar tantangan untuk mencegahnya terhadap pengaruh terlaksananya Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.

Kedepannya, kegiatan keilmiahan ini menjadi urgensi dilaksanakan dan didukung lebih lanjut sebagai perwujudan Tridharma perguruan tinggi di bidang penelitian dan menjadikan mahasiswa yang inovatif, berpikir kritis dalam keilmiahan serta memberikan penilaian realistis terhadap masalah kesehatan saat ini.

 

Pebriyantoson,SS

Read 168 times