Indonesian English

DELEGASI FK UNAND IKUTI JAMBORE NASIONAL 2019

Jambore Nasional

 

            Dari Hippocrates Emergency team FK UNAND menurunkan sebanyak 2 delegasi untuk mengikuti acara Jambore Nasional, yaitu Muhammad Furqan (HET 17-XXVIII-408 dan Sukma Dwipayana Sarwodi (HET 19-XXX-425). Pada tanggal (24/04/ 2019), di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Jati dilaksanakan upacarapelepasan delegasi HET untuk mengikuti acara Jambore Nasional yang dihadiri dari berbagai petinggi Unit Kegiatan Mahasiswa dan Ketua BEM serta delegasi dilepas oleh perwakilan dari dekanat yaitu ibu dr. Ida Rahma Burhan. Upacara telah berlangsung dengan khidmat.

                Pada ( 25/04/2019), delegasi HET berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau menuju Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar. Di Bandara delegasi dijemput oleh panitia menuju Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan. Setelah sampai di lokasi delegasi bersiap untuk mengikuti kegiatan opening ceremony di aula Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan. Opening Ceremony nya sangat meriah dimana dibuka oleh pergelaran tari dan music dari UKM seni tari dan paduan suara FK UNSYIAH. Selain itu dibuka kata sambutan oleh ketua pelaksana, Ketua TAHURA Pocut Meurah Intan, Wakil Dekan 3 dan sekaligus dibuka langsung oleh Wakil Rektor 3 Universitas Syiah Kuala. Selesai pembukaan para delegasi dapat wejangan langsung tentang materi kepemimpina dari dr. Hermanysah yang merupakan mantan ketua PTBMMKI tahun 2013/2014. Setelah materi selesai para delegasi pun langsung menuju tenda penginapan yang telah disediakan oleh panitia.

                Kemudian tanggal (26/04 2019), seluruh delegasi diarahkan ke aula untuk mengikuti pelatihan awal materi Disaster Management dan materi Navigasi Darat. Menjelang Jumat pada delegasi laki-laki muslim diarahkan untuk shalat jumat terlebih dahulu. Setelah shalat jumat kira-kira pukul 2 siang para delegasi akan di arahkan ke kawasan konservasi di dalam Taman Hutan Raya nya untuk mengikuti simulasi penolongan korban hilang di dalam hutan. Hanya dengan berbekal alat medis se adanya para delegasi di arahkan untuk berpikir inovatif dalam mengerjakan penolongan korban tersebut. Setelah menolon korban secara langsung korban dibawa ke rumah sakit lapangan yang telah disediakan oleh pihak panitia, di dalam rumah sakit tersebut telah disediakan dokter jaga yang akan mengevaluasi langsung terhadap tatalaksana korban nya. Para delegasi tentu sangat antusias dalam menatalaksanakan korban tersebut karna selain melatih jiwa karsa nya, para delegasi juga bisa mengenal ilmu tambahan yang di ajarkan oleh pihak TBM UNSYIAH. Setelah selesai simulasi malamnya diadakan malam keakraban kepada para delegasi untuk mendekatkan saling silaturahmi antar delegasi. Setelah selesai malam keakraban delegasi diarahkan untuk istirahat ke kegiatan esok harinya.

                Kemudian ( 27/04/ 2019), diarahkan ke pantai pasir putih utuk mengikuti kegiatan kunjungan wisata budaya di Pantai Pasir Putih. Sebenarnya pada ( 27/04/2019) ini diarahkan untuk kegiatan water rescue, tapi karna beberapa kendala dan lain hal sebagianya pihak TBM FK UNSYIAH mengantisipasinya dengan rencana B yaitu mengunjungi makam syekh ulama yang ada di pantai pasir putih itu. Selepas selesai kunjungan wisata budaya nya para delegasi diarahkan untuk Farewell Party di Rumah Makan Aceh Besar, tentunya itu semua menambah kuatnya rasa kekeluargaan antar TBM se-Indonesia. Selepas Farewell Party delegasi di arahkan kembali ke Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan. Karena lain hal dan sebagainya delegasi dari HET FK UNAND pulang lebih dini ke Padang, mengingat pesawat yang akan dinaiki delegasi nantinya akan ada pukul 09.25 WIB. Tapi dengan lebih dulunya delegasi HET pulang lebih awal tidak menutup kemungkinan untuk delegasi mengikuti city tour ke acehnya sendiri, karna sebelum diantarkan ke bandara delegasi HET FK UNAND di temani pihak panitia terlebih dahulu untuk shalat subuh ke Mesjid Baiturahmah Aceh dan pergi ke Musium Tsunaminya. Selesai kunjungan city tour nya delegasi HET FK UNAND bertolak menuju bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar untuk balik ke padang menuju Bandara Internasional Minangkabau dengan membawa sejuta pengalaman dan ilmu yang bermanfaat.

 

PEBRIYANTOSON,SS

Read 108 times