Indonesian English

UKM HET FK UNAND Sukses Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman

HET Rangkaian Kegiatan Maret 2019

Padang Pariaman (16-17/03/2019) Tim HET mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat bagi warga Sintuk Toboh Gadang, Kec.Toboh Gadang, Kab. Padang pariaman sumatera barat. Hippocrates Emergency Team sukses dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat di daerah tersebut, terdiri dari Penyuluhan Kesehatan, Posyandu, Sirkumsisi masal, dan pengobatan gratis.Kegiatan ini berhasil memunculkan antusiasme warga setempat, yang ditandai dengan banyaknya warga yang meramaikan kegiatan ini.

Kegiatan ini di mulai dengan penyuluhan kesehatan yang berlokasi di mesjid AL - Asyar pada (Sabtu/16/03/2019). Pada kegiatan penyuluhan ini tema yang diangkatkan adalah TBC, materi secara apik disampaikan oleh pemateri Tessa Yolanda dan didampingi  dr. Panca Septriawan. Kegiatan penyuluhan ini sangat menarik minat warga sekitar yang ditandai dengan ramainya warga yang datang dan secara antusiasme dalam bertanya dan berpartisipasi.

Pada (Minggu/17/03/2019) acara pengabdian masyarakat secara resmi dibuka. Acara pembukaan dihadiri dan dibuka dengan kata sambutan oleh ketua Hippocrates Emergency Team, ketua Diklat Medis, KAT, dan Pengabdian Masyarakat, Koordinator Pengabdian Masyarakat serta beberapa tokoh masyarakat sekitar, seperti kepala puskesmas sintuk, wali nagari toboh gadang, camat sintuk toboh gadang, kepala sekolah SDN 02 Sintuk Toboh Gadang.

HET Rangkaian Kegiatan 2019

Setelah acara pembukaan selesai, siklus pertama pun dimulai pada jam 9.00 dan setiap posko mulai diisi dengan antrian warga. Posko pengobatan yang membuka sistem 5 meja diawali dengan meja registrasi, setelah pasien mendaftar di meja registrasi panitia yang bertugas selanjutnya mengarahkan pasien untuk melakukan pemeriksaan vital sign dan anamnesis dimana kemudian menuju ke ruang dokter. Pada kegiatan kali ini panitia membuka dua meja dokter untuk pengobatan. Setelah selesai melakukan pemeriksaan dengan dokter, pasien dapat memberikan kerats resepnya ke meja apoteker dan menunggu hingga obat mereka selesai.

Di posko posyandu, Balita dan ibunya beserta beberapa orang ibu hamil juga tampak mengisi ruang tunggu dari posko tersebut. Pemberian MP-ASI dan pemeriksaan antenatalcare dilakukan oleh panitia dibawah pengawasan kader dari posyandu setempat dan dokter yang datang bersama panita yang merupakan anggota luar biasa dari Hippocrates Emergency Team yaitu dr. Wiwing Meyriska Putri. Sedangkan di posko sirkumsisi berisan anak-anak yang didampingi oleh orang tua ataupun wali sudah duduk di tempat yang disediakan sembari menunggu giliran untuk di sunat. Pada pengabdian masyarakat kali ini dibuka enam meja operasi dengan sistem OP, Co-Op, dan Runner yang setiap anggota dari Hippocrates Eemeergency Team mendapat bagian untuk menjadi Op, Co-Op, dan Runner dalam siklus atau rotasi yang telah diatur. Untuk kegiatan sirkum sisi selain anggota dari Hippocrates emergency team kegiatan ini juga di dampingi oleh anggota khusus yang tengah menjalani masa ko-ass, anggota luar biasa yang telah menjadi dokter, serta dua orang supervisor yang didatangkan dari bedah RSUP M . Djamil.

Sebanyak 20 orang anak terdata mengikuti sirkumsisi massal, 27 orang warga mengikuti pengobatan gratis, dan beberapa balita dan ibu hamil berpartisipasi pada kegiatan posyandu. Selama kegiatan ini setiap anggota dari Hippocrates Emergency Team mencurahkan segala daya dan upaya se maksimal mungkin demi suksesnya kegiatan ini. Akhirnya, pada jam 14.00 posko pengabdian masyarakat resmi ditutup.

 

Pebriyantoson,SS

Read 166 times