Indonesian English

“Scientific Atmosphere 2019”, Delegasi FK Unand Ukir Prestasi, Harumkan Negeri”

SA 2019 OK

 

Sebagai insan sebagai motor “agent of change”, salah satu idealisme yang mesti terpatri pada mahasiswa dan diharapkan mampu menerapkan bidang keilmuan yang didalaminya yaitu dengan melalui penelitian, mampu mengembangkan ilmu yang didapatinya sesuai dengan tuntutan zaman. Salah satu perwujudan dari Tridharma Perguruan Tinggi salah satu nya tertuang dalam bentuk Penelitian.

 

Delapan orang delegasi Universitas Andalas kembali membawa harum nama Fakultas kedokteran Universitas Andalas pada kegiatan Scientific Atmosphere 11th 2019 pada 15-17 Februari 2019 yang dilaksanakan di Universitas Udayana, Bali. Mereka adalah, Astya Gema Ramadhan, Muhammad A’raaf, Devin Mahendika, Selmi Winarti, Jian Hambali, Muhammad Ihsan Fadhilah, Bachrul Helmy dan Della Sri Resky. Dari perlombaan yang diadakan, delegasi Universitas Andalas berhasil meraih Juara 1 Research Paper Congress, Juara 3 Lomba Video Edukasi, Rangking 4 Lomba Esai Ilmiah Populer dan Finalis Literature Review. Kegiatan Perlombaan ini dilakukan dalam 2 sesi, sesi pertama adalah pengiriman karya ilmiah melalui panitia dan karya yang telah terkumpul akan melalui serangkaian babak penilaian oleh tiga orang juri di bidang perlombaan masing-masing. Dari beberapa banyak karya yang masuk, 10 karya terbaik di masing-masing bidang perlombaan akan diundang secara resmi untuk mempresentasikan karyanya dihadapan para juri untuk memenangkan piala bergilir Scientific Atmosphere 2019.


Kegiatan ini diikuti oleh berbagai Fakultas Kedokteran di Indonesia dan dari beberapa Universitas yang mengirimkan karya terbaiknya, Universitas berikut mendapatkan undangan untuk mempresentasikan karya ilmiahnya melalui delegasi terpilihnya di bidang masing-masing lomba, yakninya ; Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Andalas, Universitas Warmadewa, Universitas Sumatera Utara, Universitas Hasanuddin, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Udayana, Universitas Brawijaya, Universitas Jember, Universitas Katolik Atmajaya, Universitas Islam Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Dhyana Pura,dan Universitas Sebelas Maret.

Scientific Atmosphere (SA) merupakan kompetisi ilmiah yang diselenggarakan oleh Kelompok Ilmiah Hipocrates (KIH) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali tiap tahunnya sebagai ajang kompetisi keilmiahan antar mahasiswa Kesehatan se-Indonesia. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dibawah koordinasi Badan Analisis dan Pengembangan Ilmiah Nasional (BAPIN), sebagai organisasi keilmiahan Mahasiswa Kedokteran se-Indonesia.

 

Tahun ini, SA mengangkatkan tema besar “Approach in Metabolic Disease : New Research to Empower Nation’s Health” dengan mengusung lima cabang lomba yaitu Research Paper Congress, Esai Ilmiah Populer, Literature Review, Video Edukasi dan Poster Publik. Berangkat dari besarnya angka kejadian Penyakit metabolik yang menjadi tantangan dan momok besar bagi Indonesia untuk ditangani dengan tepat sesuai dengan keadaan masyarakat saat ini. Acara SA juga dilengkapi dengan Kegaiatan Simposium Nasional yang membahas materi terbaru dalam bidang metabolik. Dalam simposium SA tahun ini, panitia mengangkatkan materi Update On Obesity, Dyslipidemia and Osteoporosis, Current Hipertension Management in Indonesia, Management of Diabeteic Cardiomyopathy, Calcium Metabolism, Updates on Diabetes Type 2 Management in Indonesia and Cardiovascular Complication in Diabetes.

 

Kedepannya, kegiatan keilmiahan ini di harapkan bisa terlaksana  lebih  baik lagi dari mahasiswa sebagai perwujudan eksplorasi kemampuan diri, merancang ide-ide inovatif, berpikir kritis dalam keilmiahan serta memberikan penilaian yang logis terhadap masalah kesehatan saat ini.Hal ini mesti didukung dengan pelatihan yang lebih intensif lagi oleh lembaga keilmiahan di tingkat mahasiswa dengan bimbingan para civitas akademika sebagai perwujudan Tridharma perguruan tinggi di bidang penelitian dan keilmiahan.

 

 

Pebriyantoson,SS

 

Read 102 times