Indonesian English

Rs. Unand Peringati Hari Kanker Sedunia

Rs. Unand Peringati Hari Kanker Sedunia

Padang (Rs. Unand) – Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia Rumah Sakit Universitas Andalas (Rs. Unand) adakan serangkaian kegiatan berupa talkshow, konsultasi kesehatan serta pembukaan stand makanan sehat pada Senin (4/2). 

Kegiatan ini dikemas dalam World Cancer Day 2019 dengan tema “saya adalah dan saya akan” (I am and I will)sesuai dengan tema hari kanker sedunia dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia tahun ini.

Direktur Utama Rumah Sakit Universitas Andalas Dr. dr. Yevri Zulfiqar mengatakan peringatan Hari Kanker Sedunia yang jatuh setiap tanggal 4 Februari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap penyakit kanker.

Dikatakannya penyakit kanker merupakan penyakit tertinggi kedua didunia yang dapat menyebabkan kematian terhadap penderitanya.

Lebih lanjut ia menyampaikan data dari Globocan menyebutkan di tahun 2018 terdapat 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta kematian, dimana 1 dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan di dunia mengalami kejadian kanker.

Untuk itu ia mengajak agar melakukan gerakan yang disingkat dengan CERDIK (Cek kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga, Diet seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres) agar mencegah berbagai penyakit. 

Dikatakannya sebagai rumah sakit yang memiliki program unggulan pelayanan onkologi terpadu, Rumah Sakit Universitas Andalas ingin turut berperan dalam memberikan pengobatan terbaik bagi pasien radioterapi.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengucapkan terimakasih kepada pihak Rumah Sakit yang telah menginisiasi untuk memperingati hari kanker sedunia ini dengan berbagai rangkain kegiatan.

Dikatakannya penyakit kanker menjadi momok yang menakutkan serta sukar disembuhkan tetapi masih bisa harapan untuk hidup. “Tentu upaya pencegahan lebih baik dari pada mengobati,” ujarnya.

Untuk itu, kegiatan ini diharapkannya dapat menyadarkan kita akan pentingnya pola hidup sehat. Seperti diketahui di Universitas Andalas sendiri tidak ada menerima promosi agen rokok karena ia ingin lingkungan kampus ini menjadi lingkungan yang sehat.

Selanjutnya pemasangan pita warna ungu secara simbolis dilakukan kepada beberapa pasien radioterapi Rumah Sakit oleh Rektor, Direktur Utama Rumah Sakit, Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan, serta Ibu Sri Dewi Edmawati, SE ,MS, Ak. CA  selaku Direktur Keuangan dan Perencanaan Rumah Sakit Unand yang baru dilantik baru-baru ini.

Kemudian dilanjutkan dengan talkshow bertajuk “Bincang Sehat Bersama Pakar” yang dipimpin oleh Direktur Pelayanan Medik dan Keperwatan, Dr.dr. Arina Widya Murni, Sp.PD-K.Psi, FINASIM ini menghadirkan pakar di bidang bedah onkologi dr. Roni Rustam, Sp.B (K) Onk dan Prof. dr. Delmi Sulastri, MS, Sp.GK selaku pakar gizi yang membahas tentang diet yang baik untuk mencegah maupun diet bagi penderita kanker. 

Selain menghadirkan dua pakar kesehatan, dalam talkshow ini juga menghadirkan seseorang yang telah berhasil berjuang memerangi penyakit kanker, dan telah dinyatakan sembuh yaitu Yervi Hesna, ST, MT seorang dosen yang selamat dari kanker payudara.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan semangat bagi para penderita kanker, khususnya pasien Rumah Sakit Universitas Andalas yang saat ini menjalankan pengobatan. 

Turut hadir rekan-rekan dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumbar, komunitas Cancer Information and Support Center (CISC) Padang, serta Love Pink, salah satu organisasi yang berfokus pada kanker payudara. (*)

 

Humas 

Read 46 times