Indonesian English

Kiprah Mahasiswa FK Unand Pengabdian Masyarakat Hippocrates Emergency Team Angkatan XXIX

       

  Kiprah Mahasiswa FK Unand Pengabdian Masyarakat Hippocrates Emergency Team Angkatan XXIX

           Hari Jum’at-Sabtu, 30-31 Maret 2018 telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Dimas) Hippocrates Emergency Team Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (HET FK UNAND) angkatan XXIX. Panitia dari kegiatan ini merupakan mahasiswa Profesi Dokter Fakultas Kedokteran UNAND tahun 2016. Kegiatan Dimas dilaksanakan  di Nagari Duku, Kecamatan Koto XI, Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Painan.

            Pengabdian Masyarakat HET bersama Wakil Dekan III

Kegiatan Dimas dilaksanakan selama dua hari yang dihadiri oleh 19 orang panitia Dimas HET Angkatan XXIX, ketua panita Dimas HET Angkatan XXIX, ketua HET FK UNAND, beserta senior dari HET FK UNAND yang merupakan dokter-dokter handal di bidangnya. Pada hari pertama kami mengadakan penyuluhan mengenai GERMAS yang diselenggarakan di Masjid Raya Nurul Huda yang dekat dari SD 22 Nagari Duku Tarusan yang ditujukan untuk masyarakat sekitar. Di hari kedua kegiatan dimulai dengan meriah oleh penampilan tari pasambahan yang dipersembahkan oleh murid SD 22 Nagari Duku Tarusan. Acara selanjutnya adalah kata sambutan dari ketua panita Diklat HET Angkatan XXIX, ketua HET FK UNAND, wakil dekan III FK UNAND DR.dr. Netti Suharti M.Kes dan dari wali nagari koto XI Tarusan sekaligus membuka acara tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sirkumsisi hingga selesai.

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini khusunya bagi HET yaitu memberikan pengalaman dan pelajaran bagi anggota biasa angkatan XXIX yang baru selesai dilantik jadi anggota HET. Selain itu juga memberikan pengalaman dan ajang silaturahmi bagi anggota HET yang lain dari berbagai angkatan. Sangat banyak manfaat dari kegiatan pengabdian masyarakat ini bagi anggota HET, termasuk bagi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang menerapkan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu salah satunya pengabdian. Selain itu manfaat juga didapatkan oleh warga Nagara Duku baik dari penyuluhan maupun sirkumsisinya yang sangat membantu mereka.  Kegiatan berlangsung dengan lancar walaupun ada beberapa anak yang ketakutan dan membatalkan niatnya untuk di sirkumsisi. Meskipun demikian setiap peserta sudah merasakan bagaimana rasanya melakukan berbagai Teknik yang sudah diajarkan kepada mereka dengan pengawasan dari mahasiswa PPDS Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. 

 

Pebriyantoson,SS

Read 117 times