Indonesian English

Rektor Unand Ajak Para Lulusan Untuk Berwirausaha

Rektor Unand Ajak Para Lulusan Untuk Berwirausaha

 

Padang (Unand) – Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengajak para lulusan untuk berwirausaha atau merobah orietasi dari Job Seeker (pencari kerja) menjadi Job Creator.

Hal itu disampaikannya pada Rapat Wisuda IV Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) di Gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang (24/11).

Diungkapkannya masa depan bangsa kelak berada ditangan anak muda sekarang ini, ia optimis tentang peran anak muda yang telah melahirkan ide kreatif dalam bidang teknologi dan wirausaha social atau social entrepreneur.

Dalam beberapa tahun terakhir dikatakannya banyak anak-anak muda yang mulai mendirikan berbagai usaha rintisan atau start up company dengan ide cemerlang yang dapat merubah dunia.

“Mereka mendirikan wirausaaha sosial dengan tujuan mulia, memajukan pengetahuan dan keahlian berusaha dengan ketulusan hati untuk membantu seesama manusia,” ujarnya.

Ia berharap para wisudawan menjadi bagian dalam terobosan ini dan menjadi motor perubahan untuk mewujudkan pembangunan nasional berbasis pengetahuan dan teknologi di era distrupsi.

Ia juga meminta para lulusan untuk dapat selalu memberikan kesejukan ditengah masyarakat yang saa tini terus diwarnai dengan berbagai polemik untuk selalu mengedepankan persaudaraan, kekeluargaan, keamanan dan kedamainan dalam bermasyarakat.

Ia juga mencontohkan seperti dalam penerimaan PNS membuktikan bahwa persaingan yang semakin ketat dalam mendapatkan lapangan pekerjaan, yang mendaftar atau melamar sebanyak 4 juta orang sedangkan formasi yang tersedia hanya 240.000 orang. “Ini menandakan hanya 6% tersedia, sisanya 94% tidak terserap,” ujarnya.

Maka dari itu, ia meminta para lulusan untuk terus meningkatkan kualitas diri dengan mengembangkan budaya inovasi karena temuan baru yang inovatif merupakan kunci dalam suatu perkembangan bangsa.

“Kekayaan Sumber daya alam dan kesuburan tanah air ini tidak banyak membantu jika tidak dibarengi dengan karya-karya yang inovatif,” sambungnya.

Sementara itu, Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Andalas Syafwardi, SE, MPd mengatakan hari ini Universitas Andalas dengan bangga melepas lulusan program, Sarjana sebanyak 1.131 wisudawan.

Sedangkan untuk kemarin Universitas Andalas telah mewisuda program Pascasarjana sebanyak 462 wisudawan.

”Dengan dilaksanakan wisuda hari ini dan kemarin, jumlah alumni Universitas Andalas telah mencapai sebanyak 125.289 orang,” ujarnya. 

Selain itu, Universitas Andalas juga memberikan penghargaan kepada Bintang Aktivis Kampus (BAK) dan Lulusan terbaik dari berbagai fakultas serta juga kepada mahasiswa asing.

 

Sumber : Humas Unand

Read 27 times