Indonesian English

ANRI Sosialisasi Penjajakan Kerjasama Pengelolaan Kearsipan Ke Unand

 

ANRI Sosialisasi Penjajakan Kerjasama Pengelolaan Kearsipan Ke Unand

Unand) - Pentingnya pengelolaan arsip di perguruan tinggi, Kepala Pusat Jasa Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) berkunjung ke Universitas Andalas untuk melakukan Sosialiasasi Penjajakan Kerjasama Pengelolaan Kearsipan dengan Universitas Andalas pada Rabu (7/11) di Gedung Seminar F Universitas Andalas Kampus Limau Manis Padang.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor IV Dr. Ir. Endry Martius, M. Sc yang dihadiri dari jajaran pimpinan di lingkungan Universitas Andalas sampai pada tenaga kependidikan pengelola arsip pada masing-masing unit/bagian.

Wakil Rektor IV Dr. Ir. Endry Martius, M. Sc mengatakan bahwa arsip merupakan sumber informasi yang sangat penting yang perlu diarsipkan, dilindungi  dan diselamatkan agar dapat dimanfaatkan bila dibutuhkan kembali.

”Saat ini pengelolaan arsip Unand masih perlu pembenahan baik lokasi penyimpanan maupun pengelola sistem arsip tersebut agar arsip-arsip Unand tersimpan dengan baik. Jika arsipnya lengkap dan tertata dengan teratur akan mudah ditemukan jika dibutuhkan,” tuturnya 

Kepala Pusat Jasa Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Drs. Amieka Hasraf. MM mengatakan bahwa Arsip Nasional Republik Indonesia memiliki peran untuk memasilitasi serta membina lembaga pemerintah di bidang kearsiapan agar arsip-arsip yang dikelola tersebut sudah sesuai dengan ketentuan.

”Semua bentuk arsip baik dokumen maupun warkat itu semua arsip yang memiliki arti penting bagi setiap instansi. Arsip harus dikelola dengan baik karena suatu waktu pasti dibutuhkan bentuk fisik arsip tersebut.

Drs. Amieka Hasraf. MM menjelaskan ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar arsip tersebut mudah ditemukan yaitu menghimpun kegiatan, mengklasifikasi, menyusun dan menyimpan serta memelihara arsip tersebut berdasarkan sifatnya baik yang bersifat kedinasan maupun arsip pribadi pimpinan dan arsip aktif maupun arsip inaktif.

Usai Sosialisasi Pengelolaan Kearsipan, Kepala Pusat Jasa Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia berserta rombongan berkunjung ke Ruang Arsip Universitas Andalas. 

Saat berkunjung tersebut, Kepala Pusat Jasa Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia menceritakan bagaimana  menciptakan suatu sistem penyimpanan yang baik dihadapan para pegawai pengelola arsip Universitas Andalas.

”Penyimpanan sebaiknya menggunakan kode tertentu agar arsip tidak mudah dicuri oleh orang yang ingin berbuat jahat serta perlu memperhatikan kelayakan ruangan tempat penyimpanan arsip apakah aman dari kemungkinan bahaya bencana seperti kebakaran, banjir dan ledakan, dan yang paling penting adalah orang pngelola arsip tersebut mereka harus paham dengan tanggungjawab pekerjaannya,” tambahnya.

 

Sumber : Humas Unand

 

Read 36 times